Bukan Karena Bakal Dapat Uang, Ini Alasan Telapak Tangan Gatal Menurut Dokter

Oleh Fitri Syarifah pada 25 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi tangan gatal. Photo by Luis Quintero on Unsplash
Perbesar
Ilustrasi tangan gatal. Photo by Luis Quintero on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Mitos, jika Anda percaya telapak tangan gatal berarti akan mendapatkan uang. Nyatanya, dari segi medis, telapak tangan yang gatal dapat berasal dari sejumlah kemungkinan penyebab.

Meski dari kebanyakan kasus gatalnya tangan tidak menandakan bahaya dan mudah ditangani, tetapi dalam beberapa kasus, gatal-gatal tanpa henti bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang mendasarinya, kata ahli kulit bersertifikat yang berbasis di Chicago, Jeffrey Hsu, MD.

Berikut adalah penyebab dan apa yang dapat Anda lakukan ketika telapak tangan gatal, seperti dilansir Livestrong:

1. Kulit Kering

Sudah mencuci tangan lebih dari biasanya atau menghabiskan waktu di cuaca dingin dan berangin tanpa sarung tangan? Keduanya dapat mengeringkan kulit di tangan Anda dan membuat telapak tangan Anda terasa gatal dan kencang, kata Dr. Hsu. Jika telapak tangan Anda benar-benar kering, Anda mungkin juga melihat sisik, serpihan, atau retakan yang tidak merata di kulit Anda.

Tips memperbaikinya: Oleskan krim tangan dengan bahan-bahan seperti gliserin, asam laktat atau urea topikal. "Ini adalah pelembab yang mengurangi kehilangan air pada kulit," kata Dr. Hsu.

Jika sering mencuci tangan membuat Anda kering, gunakan sabun cair yang mengandung pelembab tambahan. Serta sarungkan tangan Anda atau masukkan tangan Anda ke dalam saku saat berada di luar dalam cuaca dingin. Paparan udara musim dingin yang kering dapat membuat tangan seperti gurun.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Eksim Tangan

Kondisi kulit yang meradang seperti eksim dapat muncul di tangan dan telapak tangan Anda, menyebabkan rasa gatal. Sangat mudah untuk kesalahan masalah untuk kasus sederhana kulit kering, tetapi ada perbedaan.

"Eksim di tangan bisa muncul dengan sendirinya tidak hanya sebagai rasa gatal, tapi juga kemerahan, pengerasan kulit dan peradangan," kata Dr. Hsu. Anda mungkin juga merasakan sensasi terbakar atau melepuh.

Tips memperbaikinya: Seperti halnya eksim yang meradang di tempat lain di tubuh, langkah pertama adalah menghindari iritasi yang menyebabkan kulit Anda meradang.

Selanjutnya, oleskan krim tangan berbasis gliserin atau minyak bumi secara teratur untuk mengembalikan penghalang kulit Anda dan menyembuhkan retakan, yang akan mengurangi kekeringan dan gatal. Jika Anda membutuhkan penghilang rasa gatal secepatnya, cobalah krim steroid yang dijual bebas (OTC), saran Dr. Hsu. Cortisone.

3. Alergi terhadap Sesuatu

Jika tangan Anda tampaknya tidak setuju dengan sabun, deterjen, losion, atau bahkan perhiasan baru, gatal Anda mungkin disebabkan oleh dermatitis kontak. Reaksi alergi yang umum ini dapat berkembang ketika kulit bersentuhan dengan zat yang mengiritasi, mengakibatkan kemerahan, gatal, terbakar, benjolan seperti sarang dan pembengkakan.

Tips memperbaikinya: Mulailah menghindari zat penyebab segera untuk mencegah iritasi lebih lanjut, saran Cleveland Clinic. Penyembuhan bisa memakan waktu beberapa minggu, tetapi sementara itu, Anda dapat meredakan gatal dengan krim anti-gatal OTC.

 


4. Menderita Psoriasis

Jika telapak tangan Anda gatal dengan bercak tebal, merah atau keperakan, Anda mungkin mengalami psoriasis. Kondisi, yang kadang-kadang disalahartikan sebagai eksim, adalah gangguan autoimun yang mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit, mengakibatkan pertumbuhan atau benjolan kulit bersisik.

Menurut Mayo Clinic, bercak dan gatal dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, hilang dan kembali lagi, seringkali sebagai respons terhadap pemicu lingkungan.

Tips memperbaikinya: Mirip dengan eksim, mengoleskan krim steroid OTC dapat meredakan gatal, kata Dr. Hsu. Namun, perlu diingat bahwa kondisi kulit kronis seperti psoriasis paling baik ditangani di bawah bimbingan dokter kulit. Bergantung pada gejala, Anda mungkin memilih perawatan tambahan termasuk obat-obatan oral atau fototerapi.

5. Memulai Pengobatan Baru

Kulit gatal di telapak tangan atau di tempat lain terkadang bisa disebabkan oleh penggunaan obat baru. Penyebab umum termasuk obat jantung seperti heparin, calcium channel blocker, ACE inhibitor dan beta blocker, serta antibiotik seperti penisilin, menurut studi Obat-obatan September 2019.​

Tips memperbaikinya: Beri tahu dokter Anda jika Anda merasa obat Anda membuat Anda gatal. Dimungkinkan untuk menyesuaikan dosis Anda atau beralih ke obat lain.

 

 


6. Anda Menderita Carpal Tunnel Syndrome

Tanda-tanda awal carpal tunnel syndrome, yaitu saat saraf di telapak tangan menjadi terjepit atau tertekan, kadang-kadang dapat mencakup sensasi gatal atau kesemutan di tangan, pergelangan tangan atau lengan bawah. Saat kondisi berlanjut, Anda mungkin mulai merasakan mati rasa atau nyeri juga.

Tips memperbaikinya: Beristirahat dari mengetik atau aktivitas lain yang membuat tangan atau pergelangan tangan Anda tidak nyaman dan mengoleskan kompres es dapat membantu untuk sindrom carpal tunnel awal dan bahkan membuat masalah hilang, saran Mayo Clinic. Jika kondisinya berlanjut, Anda mungkin perlu menggunakan belat pergelangan tangan, minum obat, atau bahkan menjalani operasi.

Kapan Harus Memeriksakan Diri Ke Dokter Saat Tangan Gatal?

Kadang-kadang telapak tangan yang terus-menerus gatal bisa menjadi tanda kondisi kesehatan serius yang mendasarinya termasuk diabetes yang tidak tertangani, penyakit ginjal, atau penyakit Crohn.

"Jika Anda menduga gatal adalah komplikasi diabetes, buatlah janji bertemu dengan ahli endokrin," kata Dr. Hsu. Jika tidak, jika gejala Anda menjadi parah atau bertahan lebih dari beberapa hari, temui dokter kulit.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya