Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

8 Fakta Bercinta Saat Wanita Menggunakan Alat Kontrasepsi IUD

Oleh Fitri Syarifah pada 24 Sep 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi seks. Image by Sasin Tipchai from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi seks. Image by Sasin Tipchai from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Saat alat kontrasepsi kecil berbentuk T, atau lebih dikenal dengan sebutan IUD ditanamkan di rahim seorang wanita, Anda mungkin akhirnya bisa berhenti khawatir lupa minum pil KB.

Tapi kemudian Anda mungkin bertanya-tanya, apakah alat kecil itu bisa mempengaruhi kehidupan seksual Anda.

Dilansir dari Women's Health Magazine, berikut beberapa fakta tentang berhubungan seks dengan IUD.

1. IUD Anda mungkin tidak akan mempengaruhi gairah seks Anda

"Ada dua jenis IUD: non-hormonal dan hormonal, keduanya tidak akan berdampak pada hasrat seksual Anda atau bagaimana perasaan Anda saat berhubungan seks," kata Jaime Knopman, MD, ahli kesuburan di pos terdepan New York dari Colorado Center for Reproductive Medicine.

Sejujurnya, Anda mungkin bahkan tidak akan tahu bahwa IUD Anda ada di sana, kata Knopman. "Karena IUD ditempatkan di rongga rahim, Anda tidak dapat melihat atau merasakannya, jadi seharusnya tidak berdampak negatif pada kehidupan seks Anda."

2. Tetapi IUD hormonal dapat mempengaruhi siklus Anda (dengan cara yang baik)

Alyssa Dweck, MD, seorang ginekolog di New York, mengatakan wanita yang mengalami aliran deras dan kram selama menstruasi mungkin memiliki "waktu yang lebih mudah" berkat progestin dalam IUD hormonal.

IUD hormonal akan mengurangi pendarahan dan kram selama menstruasi dan bahkan bisa menghentikan keduanya sama sekali. direktur bedah New York Center for Aesthetic Rejuvenation.

Ini juga merupakan berita bagus bagi 20 persen wanita yang mengalami pendarahan hebat dan kram yang cukup parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, menurut laporan American Family Physician.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Anda Dapat Melakukan Hubungan Seks Mendadak

"Seks bisa lebih spontan ketika Anda tidak perlu mengingat untuk minum pil," kata Jess O'Reilly, Ph.D., seksolog di Astroglide. 

4. Pasangan Anda tidak akan merasa tertusuk benang IUD

Dweck mengatakan, aelama IUD Anda terpasang dengan benar, Anda dapat bersandar pada fakta bahwa alat tersebut dirancang sangat tipis dan hampir tidak terlihat, bahkan melunak seiring waktu.

Jika Anda khawatir tentang apakah IUD Anda terpasang atau tidak, maka ada metode DIY untuk memeriksa benang IUD Anda. Anda juga dapat memeriksakannya dengan dokter obgyn Anda.

 


5. Anda Mungkin Melihat Beberapa Pendarahan Pasca-Seks

Beberapa wanita mengalami pendarahan saat berhubungan seks dengan IUD, terutama IUD hormonal meskipun itu tidak umum.

“IUD hormonal menipiskan lapisan endometrium, bagian dalam rahim yang luruh setiap bulan dengan suatu periode,” kata Sara Twogood, MD, asisten profesor obstetri dan ginekologi klinis di Keck School of Medicine di California. "Jika lapisannya sangat tipis, mungkin akan sedikit mengelupas saat berhubungan seks, yang akan menyebabkan pendarahan."

Anda harus selalu menghubungi dokter Anda untuk mengetahui penyebab pasti perdarahan pasca-seks Anda, terutama jika Anda kesakitan. Ini bisa menjadi tanda bahwa IUD Anda tidak pada tempatnya, yang membuat Anda tidak terlindungi.

6. Anda sangat kecil kemungkinannya untuk hamil

Baik IUD hormonal dan non-hormonal lebih dari 99 persen efektif untuk mencegah kehamilan, menurut Planned Parenthood.

 


7. Bercinta dengan Posisi Apapun Bisa

"Setiap tubuh berbeda, tetapi jika IUD berada pada posisi yang tepat di dalam rahim, Anda tidak akan merasakan IUD sama sekali saat berhubungan seks," kata Twogood. O'Reilly setuju, "Kebanyakan wanita mengatakan kehidupan seks mereka, dan posisi favorit, tidak terpengaruh."

8. Seks yang kasar tidak akan menghilangkannya

Ya, IUD Anda mungkin terlepas (dokter menyebut ini ekspulsi), tetapi jarang terjadi. "Pada tahun pertama setelah mendapatkan IUD, tingkat ekspulsi kira-kira 5 persen," kata Twogood. "Tetapi berhubungan seks tidak akan menambah atau mengurangi risiko ini."

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Perbesar
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya