Sukses

Let’s Go! Jalani 6 Rutinitas Harian Ini untuk Pola Hidup Sehat dan Lebih Produktif

Pola hidup sehat memiliki peran penting dalam hidup, namun terkadang sedikit sulit bagi kita untuk menjalankannya.

Liputan6.com, Jakarta Pola hidup sehat seringkali dibayangkan sebagai hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal, menerapkan kebiasaan ini merupakan serangkaian hal yang sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Setiap orang pasti menginginkan untuk hidup lebih sehat dan berkualitas. 

Dengan menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Seperti memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan menjaga pola hidup sehat. Ditambah dengan olahraga rutin, menjaga kebersihan dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Kebiasaan ini penting banget lho buat kesehatan tubuh tetap terjaga setiap harinya.

Ini dia beberapa contoh rutinitas harian untuk pola hidup sehat yang bisa kamu diikuti secara langsung seperti dikutip dari lifehack.org.

1. Awali Hari Dengan Segelas Air Lemon

Cukup tambahkan perasan setengah lemon ke gelas dan sedikit air hangat, lalu minumlah untuk menikmati awal pagi yang menyegarkan. Memiliki manfaat seperti mengurangi tingkat keasaman tubuh dengan melindungi kamu dari penyakit inflamasi, seperti infeksi jamur dan osteoporosis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berolahraga di Pagi Hari

Rajin melakukan olahraga dan aktivitas fisik adalah rahasia untuk menjaga kesehatan tubuh. Otot dan tulang yang ada di tubuh perlu dilatih agar kuat menjaga dan menopang tubuh. Seperti berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan tingkat energi dan sirkulasi, dan mendorong fungsi limfatik yang baik. Untuk pemula, kamu dapat memilih berbagai olahraga ringan yang memicu semangat. Beberapa di antaranya yakni seperti yoga, renang, hingga jogging.

3. Makan dengan Kandungan yang Baik

Kebiasaan hidup sehat dapat diawali dengan memilih berbagai bahan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Cara ini bisa dilakukan dengan selalu menerapkan pola empat sehat lima sempurna. Dengan memilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan lain sebagainya. Nggak hanya itu, penting bagi kamu untuk selalu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai zat pengatur yang berperan penting bagi peredaran nutrisi di dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

4. Tetap Terhidrasi

Tahukah kamu bahwa sedikit dehidrasi dapat menyebabkan penurunan mood dan konsentrasi? Manusia merupakan makhluk yang terdiri dari lebih banyak cairan di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, kebiasaan hidup sehat yang selanjutnya adalah mulai memperhatikan kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Upayakan tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Dengan begitu, peredaran darah di dalam tubuh pun dapat bekerja secara normal dan stabil.

5. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Tingkat stres yang tinggi akan membuat kamu rentan terhadap sejumlah kondisi dan masalah kesehatan, termasuk depresi dan tekanan darah tinggi. Carilah aktivitas sehat yang bisa membuat kamu rileks. Seperti membaca buku yang menginspirasi, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan, bermeditasi, atau meluangkan beberapa menit untuk mensyukuri hal-hal yang sudah dicapai dan miliki.

4 dari 4 halaman

6. Istirahatlah dengan Cukup

Hal yang nggak kalah penting adalah istirahat. Tubuh yang terus digunakan untuk berbagai aktivitas tanpa rehat, justru akan menurunkan kinerja organ dalam dan tubuh secara keseluruhan. Penting untuk mengatur waktu, kapan untuk beraktivitas dan kapan untuk beristirahat.

Matikan ponsel dan laptop kamu, setidaknya satu jam sebelum tidur, dan hindari olahraga berat di malam hari. Langkah-langkah ini akan membantu kamu bersantai ketika tiba waktunya untuk tidur.

Oleh karena itu, diperlukan disiplin dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kamu.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.