Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Vagina Kendur Tak Permanen, Kencangkan dengan 5 Latihan Ini

Untuk mengencangkan dan memperkuat otot-otot vagina, tidak ada yang lebih baik daripada berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Vagina kendur bisa menjadi masalah bagi wanita, terutama saat berhubungan seksual. Ada yang bilang vagina kendur itu bersifat permanen. Benarkah?

Vagina yang kendur ini disebabkan berbagai faktor, termasuk usia dan pernah melahirkan.  Dr Swetha M.P, Konsultan-Obstetrician and Gynaecologist, Motherhood Hospital, HRBR Layout, Bengaluru, mengatakan bahwa elastisitas vagina menjadi salah satu topik umum yang tidak banyak dibicarakan sehingga banyak kesalahpahaman yang beredar.

Beberapa orang percaya vagina bisa kehilangan elastisitasnya selamanya. Faktanya itu tidak benar sama sekali. Kaum hawa masih dapat melakukan aktivitas yang membantu menjaga otot vagina menjadi lebih kencang dan kuat.

"Vagina Anda elastis dan dapat meregang atau menyusut untuk mengakomodasi situasi tertentu. Beberapa peristiwa dalam hidup Anda seperti kehamilan memengaruhi kelenturan vagina Anda, tetapi seperti otot lainnya, mereka pandai mengembang dan menarik kembali. Tidak ada yang akan menyebabkan vagina Anda menjadi 'longgar' secara permanen," jelas Swetha dilansir The Healthshots.

Bercinta Vagina Jadi Longgar?

Bagaimana dengan sering seks, apa juga membuat vagina kendur? Swethe bilang bahwa sering berhubungan seks itu tidak akan menyebabkan perubahan. Jadi seks dapat menyebabkan vaginan longgar itu hanya mitos.

Menurut Swetha, dengan latihan mengencangkan vagina dapat memberikan manfaat bagi wanita.“Mengencangkan vagina mengurangi gesekan selama hubungan seksual dan mengurangi rasa sakit.," jelas Swetha.

Untuk mengencangkan dan memperkuat otot-otot vagina, tidak ada yang lebih baik daripada berolahraga. Berikut 5 cara kencangkan vagina: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Latihan kegel

Dasar panggul mendukung rahim, kandung kemih, usus kecil dan rektum dan latihan kegel dapat memperkuat otot-otot dasar panggul.

Untuk melakukan latihan Kegel, Anda harus terlenih dahulu kenali di mana otot dasar panggul. Kegel melibatkan pengetatan dan pelepasan otot-otot ini untuk membangun kekuatan yang membantu mengencangkan vagina.

 

3 dari 5 halaman

2. Latihan memiringkan panggul

Latihan memiringkan panggul dilakukan untuk memperkuat otot-otot vagina dan perut Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus berdiri dengan bahu dan pantat menempel ke dinding. Kemudian, tarik pusar ke arah tulang belakang Anda. Anda harus mengencangkan pusar setidaknya selama 4 detik sebelum melepaskannya.

4 dari 5 halaman

3. Jongkok/squat

Melakukan squat bersama dengan latihan kegel adalah cara yang bagus untuk mengencangkan area panggul dan mengencangkan otot-otot vagina. Untuk melakukan ini, Anda harus berdiri dengan kaki dan pinggul terentang, lalu turunkan diri Anda seolah-olah duduk di bangku. 

Ulangi prosedur ini beberapa kali. Cara ini juga dapat membuat bokong yang lebih bulat. Anda juga bisa melakukan squat dengan beban (dumbbells) di tangan Anda.

5 dari 5 halaman

Angkat Kaki dan Yoga

4. Latihan angkat kaki

Angkat kaki Anda ke dinding. Ini adalah latihan yang sangat baik untuk mengencangkan vagina dan mengembangkan kekuatan otot panggul. Anda dapat melakukan latihan ini di pagi hari sebelum meninggalkan tempat tidur Anda.

5. Yoga

Menurut Swetha, pose yoga yang mencakup panggul juga dapat membantu mengencangkan vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini