Sukses

Iklan Tukar Ginjal dengan iPhone 14 Viral, Sebuah Candaan yang Berujung Teguran

Viral sebuah iklan di Facebook untuk menukar ginjal dengan iPhone 14. Iklan tersebut akhirnya mendapatkan teguran.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs baru saja resmi merilis iPhone 14. Selama ini, harga produk Apple yang relatif mahal memang kerap membuat masyarakat bergurau untuk menukar ginjal demi membeli sebuah iPhone.

Hal tersebut akhirnya seolah menjadi kenyataan. Sebuah unggahan di media sosial Facebook dari Laos viral akibat iklan menukar ginjal dengan iPhone 14.

Dalam fotonya, terlihat seseorang tengah memegang iPhone 14 dengan mengangkat baju bagian bawah dan menunjukkan bagian ginjal yang diperban. Seolah menjadi tanda bahwa mereka telah menukar ginjal untuk iPhone.

iPhone yang dijual dengan harga terbarunya tersebut memang masuk kategori mahal jika dibandingkan dengan upah minimum di Laos. Alhasil, akibat iklan tersebut, pemasang iklan yang merupakan sebuah klinik kecantikan pun mendapatkan teguran keras.

Dr Sophon Mekthon, Direktur Pelaksana Pusat Donasi Organ di bawah Palang Merah Thailand menyebut bahwa iklan tersebut tidak pantas dan tidak etis. Selama ini, transplantasi organ di Thailand memang hanya bisa dilakukan di Palang Merah.

Orang dapat mendaftar untuk menyumbangkan tubuh mereka untuk studi medis, dan organ seperti hati, jantung, dan mata hanya dapat diambil setelah kematian. Penjualan organ tanpa melewati Pusat Donasi Organ juga dianggap ilegal.

"Tidak ada perdagangan organ. Itu dilarang. Tidak pantas menyarankan menjual organ tubuh, terutama untuk mendapatkan uang untuk membeli iPhone. Itu salah secara moral dan tidak etis," ujar Sophon mengutip The Thaiger, Rabu (14/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awalnya Hanya Bercanda

Klinik yang bersangkutan mengungkapkan bahwa foto tersebut sebenarnya hanya parodi. Mereka bercanda mengatakan iPhone baru sangat mahal, sehingga mereka harus menjual ginjal ke dokter.

Masyarakat di Laos pun menganggap hal tersebut hanya lelucon. Banyak orang yang juga ikut memberikan komentar bercanda tanpa memikirkan hal tersebut sebagai sebuah rencana sungguhan.

Namun, ketika iklan jual ginjal tersebut viral di Thailand, masyarakat di sana memberikan kecaman keras dengan lebih serius. Beberapa orang tampaknya mengerti bahwa itu dianggap sebagai lelucon di Laos, tetapi tidak berlaku bagi warga di Thailand.

Sophon mengungkapkan bahwa ada dua juta orang yang mendaftar untuk menyumbangkan organ mereka ketika meninggal. Tetapi saat ini, terdapat sekitar enam ribu orang yang membutuhkan organ donor.

Sehingga ia merasa tersinggung dengan gagasan dalam iklan perdagangan organ tersebut yang tidak memikirkan dampak jangka panjangnya.

3 dari 4 halaman

Dianggap Tindakan Tidak Bertanggung Jawab

Menurut Sophon, tindakan yang dilakukan oleh klinik kecantikan tersebut merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih Sophon mengungkapkan, cara itu bisa membuat orang benar-benar berpikir bahwa menjual ginjal bisa membantu mereka mendapatkan iPhone.

Dalam kesempatan tersebut, Sophon juga menegaskan bahwa perdagangan organ jadi hal yang dilarang di Thailand. Transplantasi juga hanya bisa dilakukan oleh anggota keluarga terdekat.

"Transplantasi hanya dilakukan antara anggota keluarga dekat, seperti orang tua dan anak," kata Sophon mengutip Bangkok Post.

Sophon menjelaskan, orang dapat menyumbangkan organ tubuh mereka untuk studi medis, seperti jantung, mata dan hati. Tetapi hanya dapat dilakukan setelah kematian.

4 dari 4 halaman

Meme Lain yang Beredar Soal iPhone 14

Tak hanya soal jual ginjal, masyarakat juga banyak bergurau lewat meme lainnya terkait iPhone 14. Salah satu yang ramai diunggah masyarakat menunjukkan adanya foto dua nenek-nenek dengan pakaian yang sama.

Masyarakat berpikir bahwa iPhone 14 dan iPhone 13 memiliki kemiripan yang begitu banyak. Begitupun dengan meme seorang kakek yang memegang sebuah kemeja yang sama yang tengah digunakan olehnya.

Munculnya keluaran iPhone terbaru memang hampir selalu membuat masyarakat mengeluarkan meme tertentu sebagai respons. Mulai dari menyinggung soal harga hingga kemiripan dengan iPhone seri sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.