Sukses

Fandom Kim Seon Ho dan V BTS Berdonasi Puluhan Juta untuk Korban Bencana Alam Korsel

Puluhan juta rupiah diberikan penggemar Kim Seon Ho serta V BTS untuk membantu sesama

Liputan6.com, Seoul - Basis penggemar Kim Seon Ho, Seonhohada, berdonasi untuk membantu masyarakat di Korea Selatan yang terkena dampak bencana alam. Tindakan serupa juga dilakukan fan mancanegara Taehyung alias V BTS baru-baru ini.

Uang sebesar 3,94 juta Won (Rp42,2 juta) berhasil dikumpulkan Seonhohada Korea Selatan. Situs Star Money Today sebagaimana dikutip dari Naver menulis bahwa nominal yang dikumpulkan fans V BTS  sebesar 1,23 juta Won (Rp13,1 juta). 

Uang itu disumbangkan ke Hope Bridge Korea Disaster Relief Association yang akan digunakan untuk memulihkan kehidupan masyarakat akibat hujan deras bulan lalu, dan topan Hinnamo yang terjadi awal bulan ini.

Seorang perwakilan Seonhohada, mengatakan,"Kami mengumpulkan sumbangan dengan harapan dapat membantu mereka yang kehilangan rumah karena hujan lebat dan angin topan.".

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar aktor Kim Seon Ho yang mengumpulkan uang untuk mereka yang tak punya pilihan, selain bolak-balik antara tempat penampuangan dan rumah bahkan selama liburan," kata Sekretaris Jenderal Hope Bridge, Kim Jeong Hee dikutip dari FN News pada Rabu, 14 September 2022.

"Saya akan melakukan hal yang terbaik," dia menambahkan.

Hal yang kurang lebih sama juga disampaikan penggemar Taehyung yang tergabung di V Global Union melalui akun Twitter @VGlobalUnion pada Jumat, 2 September 2022.

"Terinspirasi oleh ketulusan Taehyung dan dipengaruhi oleh teladan kepeduliannya, kami menyumbangkan 1.230.000 Won atas nama V untuk organisasi bantuan bencana terkemuka Korea, Hope Bridge, yang berdedikasi untuk membantu mereka yang menderita kerugian tak terduga dan mengurangi masalah yang disebabkan oleh bencana," tulis mereka. 

<p>Perkumpulan Penggemar Kim Taehyung alias V BTS Melakukan Donasi Untuk Membantu Masyarakat di Korea Selatan yang Menjadi Korban Bencana Alam (Sumber Foto: https://twitter.com/ VGlobalUnion/status/1565701012870103040)</p>

Dalam kesempatan ini, V Global Union turut menggandeng BTS V Korea Fanbase dan berkolaborasi dengan V Inside, KTH Supporters, Australia4Taehyung, BTS V Canada, KTHContent, Naver Taehyung, Taehgers Filipina, BTS V Spanyol, VStream Team, Tae Tae Voting Japan, dan masih banyak lagi.

Tingkat royalitas basis penggemar Kim Seon Hoo maupun V BTS selama ini tak perlu diragukan lagi. Serangkaian donasi telah mereka lakukan menggunakan nama idolanya dalam banyak kesempatan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Royalitas Fans Kim Seon Ho

Contohnya saja dua bulan lalu, saat Kim Seon Ho comeback dengan bermain teater berjudul Touching the Void.

Sebagai wujud rasa suka cita menyambut kembalinya Kim Seon Ho, Seonhohada menyumbangkan 3 juta Won atau setara Rp34,6 juta ke Yayasan Kesejahteraan Aktor Korea untuk para pekerja teater yang menderita akibat COVID-19 yang berkepanjangan.

Basis penggemar Kim Seon Ho di Amerika Serikat, Kim Seon-ho USA juga berdonasi di tempat yang sama dengan nominal sebesar 2,5 juta Won atau Rp28,8 juta.

Perwakilan fancafe 'Seonhohada' pada Jumat, 1 Juli 2022 mengatakan bahwa penggemar berdonasi dengan hati yang bersorak untuk Kim Seon Ho. Yang akan berperan sebagai Joe Simpson di Touching the Void --- karya ketiga dari 'Theater 9'.

Touching the Void berlangsung selama dua bulan, sejak 9 Juli s.d 18 September 2022.

Saat ulang tahun Kim Seon Ho pun Seonhada berhasil mengumpulkan uang sebesar 10 juta Won (Rp100 juta) yang kemudian disumbangkan ke Seoul Social Welfare Community Chest untuk mendukung pengobatan anak-anak yang sakit.

 

 

3 dari 4 halaman

Wujud Kepedulian Penggemar V BTS

Kegiatan serupa juga menjadi hal lazim bagi fan V BTS. Saat merilis lagu bertajuk 'Stigma', penggemar dari seluruh dunia punya cara sendiri dalam merayakannya.

Diketahui para penggila Taehyung menyumbang sejumlah uang dengan nominal tak sedikit ke organisasi nirlaba layanan sosial di Kanada, Street Health Toronto; organisasi kesehatan internasional, Global Giving; proyek pendidikan anak-anak di Vietnam, Dream Nuturing; serta penggalangan dana terkait kesejahteraan pemuda.

 

4 dari 4 halaman

Kedua Basis Penggemar Juga Peduli Kesejahteraan Binatang

Tidak hanya ke sesama manusia, kedua fandom juga menyalurkan uang mereka ke organisasi yang fokus pada kesejahteraan binatang.

Saat Kim Seon Ho berulangtahun, selain menghujaninya dengan barang-barang, salah satu Seonhohada pemilik akun Instagram @seonhopage menghadiahi sang idola berupa sebuah sertifikat yang menyatakan bahwa pemeran Hong Dusik di Hometown Cha Cha Cha resmi mengadopsi beruang kutub di Arktik.

"Hadiah dari saya untuk aktor @seonho_kim telah dikirimkan ke 908 (nomor kantor Salt Entertainment, -red). Kecuali yang hidup di Arktik," tulisnya di akun @seonho.page sebagai keterangan dari foto yang diunggahnya.

Akun yang memiliki 10ribu pengikut (followers) juga mengatakan bahwa hadiah-hadiah tersebut diharapkan dapat mengembalikan senyum berharga yang dimiliki Kim Seon Ho.

"Tahun ini, saya berpikir untuk memberikan kembali apa yang membuat saya tetap berada di tempat saya sekarang, senyumnya yang berharga," katanya.

"Saya tidak bisa membuat diri saya menyeringai, jadi, saya mengirimkan senyum itu dalam bentuk yang berbeda," dia menambahkan.

Sementara basis penggemar V BTS, menyalurkan sumbangannya ke 20 organisasi seperti KSPCA Kenya (organisasi kesejahteraan hewan), Four Paws International (organisasi kesejahteraan hewan global), Saigon Time Dog and Cat Support Group (pusat bantuan untuk anjing dan kucing terlantar).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.