Sukses

Lika Liku Camilla Istri Pangeran Charles Kantongi Restu Ratu Elizabeth II

Sebelum menikahi Putri Diana, putra Ratu Elizabeth II yaitu Pangeran Charles lebih dulu menjalin hubungan dengan Camilla.

Liputan6.com, London - Usai merebaknya berita duka atas kepergian Ratu Elizabeth II, nama-nama orang di sekitarnya ikut ramai dibicarakan. Mulai dari Pangeran Charles III, Camilla Parker Bowles, hingga Putri Diana.

Hal tersebut lantaran Pangeran Charles III langsung diangkat menjadi raja untuk menggantikan Ratu Elizabeth II yang wafat di usia 96 tahun pada hari ini. Sebelumnya, Ratu Elizabeth II telah menjabat selama lebih dari 70 tahun.

Spekulasi terkait pasangan Pangeran Charles III pun naik ke publik. Tentunya hal ini berkaitan dengan status istri Pangeran Charles III, Camilla. Anda mungkin berpikir bahwa Camilla kemudian akan disebut sebagai ratu.

Namun faktanya, Camilla tidak mendapatkan jabatan tersebut dan hanya mendapat gelar Queen Consort atau Permaisuri. Gelar tersebut diberikan sebelumnya secara langsung oleh Ratu Elizabeth II.

Gelar ratu sendiri hanya dapat diberikan untuk Putri Diana, yang merupakan istri pertama dari Pangeran Charles III. Ratu Elizabeth II mengungkapkan bahwa dia menginginkan Camilla cukup memiliki gelar Permaisuri, bukan ratu, saat suaminya menjadi raja.

Dalam sejarah, hubungan Pangeran Charles dan Camilla memang tak berjalan dengan mulus. Mengutip Harpers Bazaar pada Jumat (9/9/2022), mereka berdua perlu melewati lika-liku panjang karena hubungannya terhalang restu dari Ratu Elizabeth II.

Setelah puluhan tahun menjalin hubungan, Camilla baru bertemu dengan Ratu Elizabeth II pada tahun 2000. Ratu Elizabeth II menolak bertemu Camilla untuk waktu yang lama, meskipun Charles serius menjalin hubungan dengannya.

Akhirnya dalam sebuah acara, mereka dipertemukan dan momentum tersebut dianggap sebagai langkah besar bagi Pangeran Charles dan Camilla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Direstui Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Camilla pertama kali bertemu dengan anak-anak Pangeran Charles pada tahun 1998. Kala itu, Pangeran Charles mulai memperkenalkan sosok Camilla pada anak-anaknya.

Namun saat itu, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip belum memberikan lampu hijau untuk Camilla. Entah apa penyebabnya, namun hubungan Pangeran Charles dan Camilla terhalang restu bertahun-tahun sebelum akhirnya bersatu.

Meski dilarang orangtuanya, Pangeran Charles tidak lekas mengakhiri hubungan. Pada tahun 1999, Pangeran Charles justru berfoto bersama dengan Camilla sebagai pasangan untuk pertama kalinya.

Bahkan sebenarnya, Pangeran Charles dan Camilla sudah sempat ketahuan selingkuh pada 1986. Padahal saat itu, keduanya masih memiliki status pernikahan. Camilla dengan Andrew Parker Bowles dan Pangeran Charles dengan Lady Diana.

Kemudian pada 1993, percakapan intim antara Camilla dan Pangeran Charles bocor. Dari sana, perselingkuhan mereka dibenarkan. Akibat terbongkarnya rekaman suara itu, pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana pun berada di ujung tanduk.

3 dari 4 halaman

Sama-Sama Bercerai karena Ketahuan Selingkuh

Perselingkuhan antara Pangeran Charles dan Camilla akhirnya menjadi penyebab perceraian pada rumah tangga Pangeran Charles dan Lady Diana. Serta, perceraian Camilla dengan Andrew.

Camilla mengajukan gugatan cerai untuk Andrew pada Januari 1995. Sementara Charles dan Diana menyelesaikan perceraian mereka pada Agustus 1996.

Dalam sebuah film dokumenter, Pangeran Charles sempat mengakui perselingkuhannya dengan Camilla dan menyebutnya sebagai teman baik. Bahkan, Pangeran Charles menyebut bahwa Camilla telah menjadi temannya untuk waktu yang sangat lama dan akan terus menjadi temannya dalam waktu yang sangat lama kedepannya.

Sebelumnya, Pangeran Charles dan Camilla pertama kali bertemu pada tahun 1970. Saat itu, mereka bertemu pada sebuah pertandingan polo di Windsor Great Park.

Namun setahun setelahnya, Pangeran Charles bergabung pada Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Saat itu hubungan percintaan Pangeran Charles dan Camilla diketahui sudah terbangun.

4 dari 4 halaman

Camilla dan Pangeran Charles Putus pada 1971

Hubungan mendingin lantaran Pangeran Charles tengah menjalankan tugasnya sebagai Angkatan Laut Kerajaan. Sejak saat itu, hubungan Pangeran Charles dan Camilla dikabarkan kandas.

Dari sanalah baru terdengar kabar bahwa akhirnya Camilla memilih menikah dengan lelaki lain yakni Andrew. Saat berkenalan pada 1965 dan menjalin hubungan, Andrew dan Camilla sempat putus lantaran Andrew berselingkuh.

Camilla dan Andrew kembali menjalin hubungan setelah Pangeran Charles pergi bertugas untuk Angkatan Laut.

Camilla dan Andrew menikah pada 1973. Mereka juga dikarunia dua anak bernama Laura Parker Bowles dan Tom Parker Bowles. Sedangkan pada 1981, Pangeran Charles bertunangan dengan Lady Diana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.