Sukses

London Bridge Operation Diaktifkan, Protokol Rahasia Saat Ratu Elizabeth II Meninggal

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia maka secara otomatis kode-kode rahasia seperti London Bridge Operation kembali bergema.

Liputan6.com, London - Ratu terlama yang memerintah Inggris Elizabeth II meninggal dunia di usia 96. Kabar duka ini disampaikan oleh pihak Istana Buckingham pada Kamis, 8 September 2022, waktu setempat.

Seperti tokoh Inggris lainnya, kematian Ratu Elizabeth II juga memiliki kode atau sandi terkait rencana pemakamannya agar berjalan mulus.

Sandi itu disebut “London Bridge Operation”, ini merupakan rencana yang disusun secara rinci sejak puluhan tahun lalu. Selain melancarkan proses pemakaman, kode ini juga dibuat untuk memastikan transisi yang mulus ke takhta untuk Raja Charles III.

Prosesnya akan dimulai dengan menempatkan peti mati Ratu Elizabeth II yang dihias dengan karangan bunga di ruang dansa kastilnya di Skotlandia, Balmoral. Ini merupakan tempat dia meninggal.

Peti akan ditempatkan di sana hingga Sabtu guna memberi stafnya kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir, seperti dilansir dari New York Post, Jumat (9/9/2022).

London Bridge Operation digulirkan ketika Ratu meninggal di Inggris. Namun, saat dia meninggal di Skotlandia, rencana “Operation Unicorn” diluncurkan sebagai gantinya.

Operasi Unicorn merupakan subfase dari rencana utama yang mulai berlaku karena Elizabeth meninggal di Skotlandia. Ratu kemudian akan dibawa ke Edinburgh sekitar hari Sabtu untuk ditempatkan di ruang takhta istananya, Holyroodhouse.

Dalam waktu sekitar dua hari, peti mati Ratu Elizabeth II diperkirakan akan dibawa dengan mobil dari Balmoral ke Edinburgh. Perjalanan panjang akan memakan waktu lebih dari lima jam, disaksikan oleh pelayat yang berkumpul di sepanjang rute.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Panjang

Peti mati itu kemudian akan beristirahat semalaman di Ruang Tahta berpanel kayu ek di Istana Holyroodhouse --- kediaman resmi Ratu di ibu kota Skotlandia.

Pada Minggu, peti mati akan dibawa ke Royal Mile ke katedral St Giles untuk resepsi sebelum dimasukkan ke dalam Royal Train di stasiun Waverley.

Kerumunan pelayat diperkirakan akan berkumpul di stasiun-stasiun sepanjang perjalanan menyusuri jalur utama pantai timur untuk melempar bunga ke kereta yang lewat.

Raja diharapkan kembali ke Skotlandia pada hari Minggu, dan dia akan diberikan kunci ke Edinburgh sebelum bergabung dengan prosesi peti mati.

Jenazah Ratu Elizabeth akan tiba di ruang singgasana di Istana Buckingham sekitar hari Selasa --- dengan sebuah altar, selubung, standar kerajaan, dan empat Penjaga Grenadier yang berjaga, sesuai dengan rencana.

Sebuah prosesi melalui London kemudian akan membawa peti matinya dari Istana Buckingham pada hari Rabu ke Istana Westminster, dengan layanan di Westminster Hall setelah kedatangannya.

3 dari 4 halaman

Menurut Rencana Rahasia yang Sempat Bocor

Ratu akan disemayamkan selama tiga hari, dengan peti matinya di atas kotak yang ditinggikan di tengah Westminster Hall, terbuka untuk umum selama 23 jam sehari, dengan catatan jika rencana yang dirinci oleh Politico melalui memo yang bocor masih berlaku.

Persiapan pemakaman Ratu akan selesai Jumat 16 September 2022 sebelum Westminster Abbey ditutup untuk umum pada hari berikutnya untuk acara tersebut, yang diperkirakan akan terjadi pada Senin, 19 September 2022.

Layanan resmi diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 11 ​​pagi dan berlangsung hingga siang hari. Ini akan menjadi pemakaman pertama seorang pemimpin Inggris di Westminster sejak 1760.

Pada hari yang sama, jenazahnya akan dibawa ke Kastil Windsor untuk upacara pengabdian di Kapel St. George, dan Ratu akan dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di kastil.

Sebagian besar urusan negara akan berhenti karena berkabung. Bursa Efek London akan menghentikan bisnisnya dan bank-bank Inggris akan tutup.

4 dari 4 halaman

Sudah Direncanakan 60 Tahun Lalu

Dengan perencanaan sekitar 60 tahun, Operasi Jembatan London harus memastikan pelepasan Ratu berjalan lancar.

Sebab, situasi ini berbeda dengan kematian istri Charles yakni Putri Diana yang mengejutkan dan terbilang mendadak. Putri Diana meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan mobil pada Agustus 1997.

Saat itu, keluarga kerajaan belum merencanakan kemungkinan kematiannya. Maka dari itu, kerajaan meminjam "Operation Tay Bridge", rencana yang terlatih dengan baik untuk menggelar upacara duka Ibu Suri (Ibu dari Elizabeth II), yang diperkirakan tidak akan meninggal selama lima tahun ke depan terhitung sejak saat itu.

Sebelumnya, keluarga kerajaan lain yang wafat adalah ayah Elizabeth, Raja George VI, pada 1952. Kematian ini memiliki kata sandi atau kode “Hyde Park Corner".

Demikian juga, kematian pada April 2021 dari suami Ratu yang berusia 99 tahun, Pangeran Philip, yang telah dimakamkan dengan kode “Operation Forth Bridge”  Sementara kematian Ibu Suri di usia 101 pada tahun 2002 diberi nama sandi “Tay Bridge"

Nama operasi yang terdengar seperti lagu anak-anak mewakili kode rahasia yang digunakan untuk menyampaikan berita sedih kepada staf Istana Buckingham paling senior dan anggota pemerintahan --- sebelum akhirnya diumumkan ke seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.