Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Balmoral, Kastil Favoritnya untuk Liburan Keluarga

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di tempat ia biasa berkumpul untuk liburan bersama keluarga, Kastil Balmoral.

Liputan6.com, Jakarta Inggris tengah berduka. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di umur 96 tahun pada Kamis, 8 September 2022. Ia meninggal dengan damai di Kastil Balmoral pada sore hari waktu setempat.

"Ratu meninggal dunia dengan tenang di Balmoral sore ini," tulis keterangan resmi yang diunggah di akun Twitter terverifikasi @RoyalFamily, Kamis, 8 September 2022.

Sebelum meninggal dunia kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II memburuk. Hal tersebut membuat pihak Istana Buckingham memanggil seluruh anggota keluarga terdekat Ratu Elizabeth II untuk segera berkumpul di Balmoral.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di tempat ia biasa berkumpul untuk liburan bersama keluarga. Bagi wanita yang juga disapa Lilibeth saat kecil ini, begitu menyukai tempat itu.

Ada banyak kisah dan kenangan manis sang Ratu di lokasi meninggalnya itu. Mulai dari kebersamaannya bersama sang suami, Pangeran Philip juga anak dan cucu-cucunya.

Setelah dirinya naik takhta pada 1952, Ratu Elizabeth II menjaga tradisi liburan keluarga dengan mengunjungi Balmoral. Kastil ini terletak di Royal Deeside, Aberdeenshire yang barada di Timur Laut Skotlandia.

Ada alasan Ratu Elizabeth II memilih lokasi tersebut sebagai tempat ia dan keluarga berlibur. Salah satunya, Kastil Balmoral berada di daerah dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah dan luar biasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ratu Elizabeth II Menikmati Suasana di Sekitar Balmoral

Kastil ini dikelilingi Hutan Pinus Kaledonia sehingga menambah daya pikat lokasi tersebut. Menurut keterangan mantan pengawas keuangan rumah tangga kerajaan, Malcolm Ross bahwa memang Balmoral memiliki cuaca yang kurang sempurna tetapi pengaturan serta lokasi dan atmosfer di sana terasa menyenangkan. 

"Ada banyak ruang terbuka lebar. Tidak ada gangguan, tidak ada pesawat terbang, tidak ada kebisingan lalu lintas. Lalu, ada perkebunan indah yang mana dapat membuat bebas bersantai," kata Ross kepada BBC semasa masih hidup.

"(Di Balmoral), Ratu bisa santai bercengkrama dengan anjing, melakukan aneka hal yang disuka serta melakukan hal-hal yang orang normal (biasa/non-ningrat) bisa dilakukan."

Senada dengan Ross, mantan pustakawan istana Jane Roberts juga mengatakan hal serupa. Saat Ratu Elizabeth II berlibur ke Balmoral merasakan ketenangan dan senang. Ia menikmati liburan berjalan dan berkuda di perkebunan yang ada di sana kata Jane pada The Telegraph pada 2011.

 

 

3 dari 3 halaman

Jalan-Jalan dan Piknik di Balmoral

Keindahan alam di sekitar Kastil Balmoral nampaknya memang membuat Ratu Elizabeth II terkesan. Menurut salah satu cucunya, Putri Eugenie dalam wawancara, mengutarakan bahwa neneknya amat bahagia bila saat berada di Balmoral.

"Itu lokasi terindah di Bumi. Saya rasa nenek paling bahagia kala berada di sana. Saya rasa, nenek benar-benar suka berada di dataran tinggi," tutur Eugenie mengutip New York Post.

"Jalan-jalan, piknik, bermain bersama anjing. Sebuah tempat yang menyenangkan bagi nenek dan kakek," tutur Eugenie kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini