Sukses

Mengenang Reza Gunawan, Sosok yang Bantu Banyak Jiwa Lewati Masa Sulit

Semasa hidupnya, mendiang Reza Gunawan banyak membantu banyak jiwa untuk lewati masa sulit.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pakar penyembuhan holistik, Reza Gunawan telah berpulang usai berjuang melawan sakitnya. Sekitar lima minggu, ia berjuang dengan stroke perdarahan. Semasa hidup, mendiang Reza Gunawan terkenal kerap membantu banyak jiwa melewati masa-masa sulit.

Begitu banyak ucapan belasungkawa, terima kasih, dan doa mengiringi kepergian mendiang Reza Gunawan. Termasuk sebuah ungkapan dari sang istri Dewi Lestari, yang juga telah menemaninya selama ini melewati banyak perjalanan.

"Fisiknya tak lagi di sini, tetapi kenangan tentangnya, cinta yang ia pancarkan, ilmu yang ia ajarkan, prinsip yang ia junjung, dan segala sentuhan penyembuhan yang telah ia bagikan, akan selalu bersama dengan kita," ujar Dewi Lestari melalui akun Instagram pribadinya @deelestari, Rabu (7/9/2022).

Selama ini, mendiang Reza Gunawan memang mendedikasikan hidupnya untuk mendalami bidang holistik. Kepergiannya pun membuka banyak cerita dari jiwa-jiwa yang telah dibantunya semasa hidup.

Salah satunya diungkapkan oleh Bunga Citra Lestari atau kerap disapa BCL. Aktris dan penyanyi ini mengungkapkan bahwa Reza Gunawan merupakan sosok spesial dalam hidupnya. Bagi BCL, Reza telah mengajarkan banyak hal tentang hidup dan tentang dirinya sendiri.

"Terima kasih mas @rezagunawan, yang sejak belasan tahun yang lalu, mendampingi aku melewati pasang surutnya kehidupanku. Membuatku lebih mengerti tentang hidup," ujar BCL melalui unggahan pada akun @bclsinclair.

"Mengajarkan aku untuk bisa berdamai dengan keadaan. Membuatku bisa lebih menerima diriku sendiri dan apa yang Tuhan berikan untukku," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reza Gunawan Bantu BCL Usai Kepergian Ashraf

BCL mengungkapkan bahwa Reza Gunawan merupakan salah satu orang yang membantunya melewati masa sulit usai kehilangan mendiang suaminya, Ashraf Sinclair.

"Ketika badai datang di 2020, di tengah kondisi kesehatan yang naik turun, Mas Reza masih mendampingi aku menjalani masa grieving aku. Sampai aku bisa perlahan bangkit dan memulai hidupku kembali," kata BCL.

"Hari ini, aku merasa kehilangan yang begitu besar. Kehilangan seorang guru, seorang teman. Someone who I look up to. Tanpa Mas Reza, aku enggak akan bisa seperti ini. Selamat jalan Mas Reza, I'm gonna miss you so much," kata BCL.

Tak hanya BCL, ucapan untuk mendiang Reza Gunawan juga dibagikan oleh para public figure lainnya. Salah satunya oleh perancang busana, Didiet Maulana.

"Selamat jalan ya Rez. Kamu meninggalkan banyak sekali murid-murid yang melepasmu dengan ikhlas. Murid-murid yang bertahan dan bisa kuat menghadapi cobaan hidup," ujar Didiet melalui akun @didietmaulana.

3 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih untuk Reza Gunawan

Salah satu yang juga ikut merasa kehilangan dan menuliskan ucapan untuk Reza Gunawan adalah aktris sekaligus penyanyi, Widi Mulia. Reza Gunawan pun menjadi sosok yang membantunya memahami arti keseimbangan dalam hidup.

"Terima kasih sudah membantu perjalananku untuk paham banyak hal secara menyeluruh. Bukan hanya tentang kesehatan lahir batin, tapi juga bagaimana kita semua sebaiknya hidup berdampingan," kata Widi melalui akun @widimulia.

Ucapan turut datang dari pemengaruh Ayla Dimitri. Menurut Ayla, Reza Gunawan merupakan sosok yang sangat berjasa dalam kehidupannya selama ini.

"I really thank you for everything. Kalau enggak ada Mas Reza aku enggak tau bakal gimana. You brought light. Segala momen monumental dalam penemuan diri," kata Ayla Dimitri.

Tentu, masih banyak jiwa-jiwa lainnya yang pernah dibantu oleh Reza Gunawan lewat metode penyembuhan holistik. Hingga kini, mungkin tak terhitung berapa banyak orang yang pernah dibantunya selama ini.

4 dari 4 halaman

Penyembuhan Holistik Seperti yang Dilakukan Reza Gunawan

Mengutip laman WebMD, penyembuhan holistik seperti yang dilakukan oleh mendiang Reza Gunawan sendiri merupakan teknik penyembuhan yang mempertimbangkan seluruh bagian dari seseorang.

Hal ini mencakup penyembuhan tubuh, pikiran, jiwa, dan emosi. Menurut filosofi penyembuhan holistik, seseorang dapat mencapai kesehatan yang optimal dengan memperoleh keseimbangan yang tepat dalam hidup.

Para praktisi yang bergerak dalam bidang penyembuhan holistik mempercayai bahwa seluruh manusia terdiri dari bagian yang saling bergantung. Sehingga jika salah satu bagian tidak berfungsi, semuanya bisa berpengaruh.

Dengan cara tersebut diartikan bahwa jika seseorang memiliki ketidakseimbangan secara fisik, emosional, dan spiritual dalam hidupnya, maka hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan mereka secara keseluruhan.

Dalam teknik pengobatan holistik, para pakarnya tidak selalu merekomendasikan obat-obatan. Melainkan melihat lebih dulu faktor potensial apa yang dapat menyebabkan sakit dari orang tersebut. Seperti stres dan masalah pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.