Sukses

Hong Kong Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet, Pria 30 Tahun Bergejala Ringan

Pria 30 tahun menjadi kasus pertama cacar monyet di Hong Kong

Liputan6.com, Hongkong - Hong Kong melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada Selasa, 6 September 2022. Otoritas kesehatan setempat menyatakan bahwa kasus pertama monkeypox ditemukan pada seorang pria berumur 30 tahun, yang bergejala setelah tiba dari Filipina.

Kasus pertama di Hongkong ini juga baru saja bepergian ke Amerika Serikat dan Kanada.

Hal ini menandakan kasus impor pertama cacar monyet di Hong Kong, penyakit yang disebabkan virus yang telah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan global.

Wilayah administrasi khusus China, seperti daratan, tidak memiliki kasus cacar monyet lokal, seperti dikutip dari situs Channel News Asia pada Rabu, 7 September 2022.

Adapun gejala cacar monyet yang paling umum terdiri dari demam, nyeri, dan lesi kulit.

Para ahli menyatakan bahwa virus yang menyebabkan cacar monyet ditularkan dari manusia ke manusia melalui tetesan pernapasan besar atau cairan tubuh, terutama dari ruam dan luka dan kontak intim termasuk pelukan, ciuman, dan hubungan seksual.

Otoritas Kesehatan dalam konferensi pers pada Selasa, 6 September 2022 mengatakan bahwa pemerintah Hong Kong akan meningkatkan respons untuk wabah cacar monyet ke tingkat waspada.

Lebih dari 90 negara tidak endemik cacar monyet telah melaporkan kasus monkeypox. Sudah lebih dari 52.700 kasus cacar monyet di dunia serta sudah ada negara non endemik melaporkan kematian pertama.

Pemerintah Hong Kong diperkirakan akan mendapatkan vaksin cacar monyet bulan ini dan mengatakan telah meningkatkan pengawasan terhadap virus di antara para pelancong dan di dalam komunitas setempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa yang Berisiko Tertular Cacar Monyet?

Ahli dari Pusat Kesiapsiagaan Wabah Duke-NUS, Dr Khoo Yoong Khean, menjelaskan, seperti banyak penyakit menular, mereka yang berusia lanjut atau sangat muda atau dengan gangguan kekebalan berada pada risiko yang lebih tinggi.

Dia menambahkan bahwa kejadian dalam wabah saat ini tampaknya lebih tinggi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria lain.

"Itu tidak berarti bahwa mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit, tetapi penyakit monkeypox saat ini beredar di komunitas ini," katanya.

Dia menambahkan bahwa salah satu kemungkinan mengapa lebih terdeteksi di antara komunitas khusus ini adalah bahwa lebih sering  anggotanya melakukan pengujian dan pemeriksaan kesehatan secara teratur, yang mengarah pada peningkatan kewaspadaan dan deteksi.

"Saat kami mencoba memahami pola penyakit, kami perlu mengomunikasikan fakta yang akurat kepada publik dan menghindari stigmatisasi karena ini akan menyebabkan kurangnya pelaporan kasus oleh individu yang terinfeksi dan kemudian meningkatkan penyebaran," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Cacar Monyet Tidak Dianggap Sebagai Penyakit Menular Seksual

Dr Khoo, menambahkan, meski cacar monyet dapat ditularkan secara seksual, itu tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual.

"Penularan biasanya terjadi ketika ada kontak kulit ke kulit yang dekat dengan seseorang yang mungkin telah terinfeksi (termasuk kontak seksual)," kata direktur klinis di National Center for Infectious Diseases (NCID), Dr Shawn Vasoo.

"Interaksi biasa atau sementara seperti berbagi ruang kantor, atau berbagi makanan adalah kegiatan yang berisiko rendah dan tidak mungkin menyebarkan cacar monyet," dia menambahkan.

Sementara, kata Shawn, populasi yang dilaporkan tampaknya tidak proporsional laki-laki dan laki-laki yang mengidentifikasi diri sebagai laki-laki berhubungan seks dengan laki-laki.

"Tidak ada saran khusus untuk komunitas itu di atas saran umum untuk tidak melakukan kontak dengan orang-orang yang menunjukkan tanda-tanda tersebut," kata Menteri Senior Negara Kesehatan Janil Puthucheary.

 

4 dari 4 halaman

Vaksinasi dan Kekebalan Silang

Vaksinasi cacar memberikan beberapa kekebalan silang, kata para ahli.

Dr Puthucheary mengatakan bahwa vaksin tersebut hingga 85 persen efektif dalam mencegah cacar monyet, tetapi memiliki efek samping yang signifikan.

"Untuk populasi umum, risiko komplikasi lebih besar daripada manfaatnya karena populasi umum berisiko rendah terinfeksi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.