Sukses

Wacken Open Air, Festival Musik yang Ajak Anak Metal Yoga Sebelum Nonton

Salah satu festival musik metal terbesar di dunia ajak penontonnya yoga sebelum nonton konser.

Liputan6.com, Jakarta - Lantunan musik menenangkan dengan gerakan santai nan perlahan mungkin jadi sesuatu yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar kata yoga. Namun, citra yoga seperti itu tak muncul pada festival musik metal Wacken Open Air di Jerman.

Wacken Open Air merupakan festival musik metal tahunan yang dilakukan di Desa Wacken, Schleswig-Holstein, Jerman. Acara tersebut telah berlangsung sejak 1990 dan selalu diselenggarakan pada bulan Agustus.

Hingga saat ini, Wacken Open Air telah menjadi salah satu festival musik metal terbesar di dunia dan menjadi salah satu festival musik terbuka terbesar di Jerman.

Setiap tahunnya, Wacken Open Air menyuguhkan band metal terkemuka yang dihadiri oleh ribuan penggemar musik metal dari seluruh dunia. Uniknya, tak hanya mengajak para penggemar musik metal untuk berteriak menikmati alunan lagu, Wacken Open Air juga mengajak para penontonnya untuk yoga bersama di pagi hari.

Hal tersebut tercermin dalam sebuah video yang diunggah oleh salah satu penonton Wacken Open Air 2022. Melalui akun TikTok @johanna.risse, ia mengunggah cuplikan saat para anak metal di sana melakukan yoga.

"Metal Yoga live from Wacken 2022," tulis Johanna dalam keterangan video.

Melalui video singkat tersebut, terlihat para anak metal dengan kaos hitam dan tato tengah melakukan yoga versi mereka. Ada yang mengangguk-anggukan kepala hingga menghentakan kaki dengan jari berbentuk metal.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, video tersebut sudah ditonton oleh lebih dari dua juta pengguna TikTok. Tak lupa, ribuan komentar dan ratusan like juga telah dihujani dalam video yang diunggah pada bulan Agustus lalu itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Instruktur Khusus untuk Yoga Metal

Mengutip laman YouTube WackenTV, terlihat beberapa video yang menampilkan yoga metal dalam festival musik Wacken Open Air. Lewat banyaknya video yang diunggah pada akun tersebut, dapat terlihat aktivitas yoga yang dilakukan pada kesempatan tersebut dari tahun ke tahun.

Bahkan, festival musik metal satu ini juga memiliki instruktur yoga Saskia Thode untuk memandu yoga para anak metal yang hadir. Saskia juga rutin mengunggah video yoga metal pada akun tersebut di samping acara Wacken Open Air.

Saskia sendiri dibesarkan di Jerman Utara, tepatnya di belakang halaman tempat Wacken Open Air berlangsung. Mendengarkan musik metal dan kebiasaannya untuk menonton festival tersebut pun sudah berlangsung sejak remaja.

"Latihan yoganya dimulai pada tahun 2003. Dia (Saskia) pindah ke New York pada tahun 2006 dan telah menjadi bagian dari metal yoga di sana. Yoga dan Metal telah menjadi hal penting dalam hidupnya di kota untuk tetap waras dan melarikan diri dari kota besar," tulis keterangan dalam laman Metal Yoga Bones.

Menurut Saskia, metal yoga telah membawa spiritualitas dan pemujaan pada tingkat berbeda. Para anak metal yang hadir pun diperkenankan untuk memasuki sisi gelap mereka, berteriak, memukul, berkeringat, dan melakukan apapun untuk melepaskan beban batin mereka.

3 dari 4 halaman

Musik Metal untuk Yoga

Selama ini, musik metal terkenal sebagai genre yang agresif. Namun mengutip Alt Press, ditemukan banyak pilihan lagu metal yang ternyata cocok untuk yoga selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan, tersebar banyak playlist khusus untuk melakukan yoga dengan lagu metal. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah melalui laman YouTube. Yoga sendiri telah lama terkenal dengan banyak manfaatnya.

Yoga menjadi salah satu olahraga yang sering direkomendasikan dalam banyak kesempatan untuk meningkatkan kesehatan mental maupun fisik seseorang.

Studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Yoga menyebutkan bahwa yoga pun tak sekadar membantu mengatur pernapasan dan fleksibilitas, melainkan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Yoga

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menunjukkan bahwa seseorang yang berlatih yoga secara teratur memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat dan melaporkan lebih banyak waktu untuk aktivitas fisik mulai dari sedang hingga berat.

Hasil tinjauan lain yang diterbitkan pada tahun 2020 di International Journal of Environmental Research and Public Health juga menunjukkan bahwa latihan peregangan, yang mana dapat diperoleh dari yoga dapat secara signifikan mengurangi kekakuan arteri, pengerasan arteri yang memompa darah ke jantung dan ke seluruh tubuh, serta meningkatkan fungsi jantung pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua.

Selain itu, studi yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine pun membahas persoalan satu ini. Yoga dianggap dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan perasaan relaksasi, dan meningkatkan suasana hati di antara orang-orang yang mempraktikkannya.

Terlebih dalam hal yoga metal, siapapun dibebaskan untuk berekspresi lewat teriakan yang keluar. Hal tersebut sepertinya mampu untuk membantu memberikan efek rileks setelah melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.