Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Imbas Harga BBM Naik Bisa Bikin Gairah Seks Pasutri Drop?

Stres bisa jadi pemicu menurunnya gairah seks. Faktor penyebab stres pun beragam, salah satunya bisa diakibatkan oleh naiknya harga BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Harga BBM terbaru telah berlaku sejak Sabtu, 3 September 2022 pukul 14.30 WIB. Kenaikan harga BBM tersebut sebelumnya diumumkan secara terbuka oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti pada momentum kenaikan harga BBM sebelumnya, protes dari berbagai kalangan selalu mengiringi. Demo bahkan telah direncanakan lantaran tak semua masyarakat bisa menerima keputusan harga BBM naik.

Kenaikan harga BBM sendiri memiliki berbagai dampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Studi yang dilakukan University of East Anglia menemukan bahwa kenaikan harga BBM disusul dengan keterbatasan secara finansial dapat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Hal ini dikarenakan kenaikan harga BBM berdampak pada gaya hidup dan finansial masyarakat sehari-hari. Penyesuaian gaya hidup tersebutlah yang diduga menjadi faktor pemicu stres.

Terlebih, naiknya harga BBM tidak didorong oleh naiknya pendapatan bulanan atau gaji masyarakat. Sehingga beberapa dari mereka perlu untuk menekan budget pada kebutuhan lainnya yang mana sedikit banyak dapat menimbulkan masalah.

Begitupun berdasarkan testimoni yang dipublikasikan dalam Hindustan Times. Masyarakat yang mengalami kenaikan harga BBM di negara lain merasa bahwa mereka harus menyesuaikan anggaran bulanan.

Salah satunya berpendapat bahwa meskipun harga BBM tidak berpengaruh secara langsung lantaran dirinya menggunakan kendaraan yang hemat bensin, kenaikan harga barang-barang penting lainnya itulah yang membuat dirinya harus menekan budget.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Pengaruhnya pada Gairah Seks?

Tak berhenti pada pemaparan di atas, imbas harga BBM naik pun ternyata bisa memengaruhi gairah seks lho. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah stres yang ditimbulkan.

Seringkali, masalah libido tidak murni hanya dari fisik ataupun hormon. Melainkan biasanya, stres memiliki pengaruh besar pada gairah seks seseorang. Stres selama ini telah lama menjadi salah satu alasan paling umum yang terkait dengan penurunan gairah seks.

Mengutip laman Prevention, stres berkepanjangan memang dapat membuat gairah seksual dalam pernikahan ikut menurun. Pria ataupun wanita dianggap bisa sama-sama menarik diri karena hal ini.

Pendapat selaras diungkapkan oleh edukator seks, Kiana Reeves. Menurut Kiana, efek samping paling umum dari stres adalah menurunnya gairah seks.

"Efek samping paling umum dari stres adalah menurunnya gairah seks. Stres yang kian meningkat dapat berdampak pada sistem saraf Anda, membuat seks dan libido tidak diprioritaskan pada saat itu," ujar Kiana mengutip Bustle.

3 dari 4 halaman

Jangan Memaksa Diri untuk Tidak Stres

Stres memang dinilai dapat mempengaruhi tingkat gairah seks, pelumasan, hingga keinginan untuk berhubungan seks. Sehingga dalam hal ini, mengatasi stres dengan cara yang tepat menjadi kunci.

Namun Kiana mengungkapkan bahwa mencoba memaksakan diri agar tidak stres tidak dianjurkan. Hal tersebut lantaran dapat membuat Anda menjadi lebih tertekan.

"Dengan mencoba memaksakan diri untuk tidak terlalu stres justru membuat Anda bisa lebih tertekan. Jadi cobalah temukan ketenangan itu dengan cara yang lebih sederhana," kata Kiana.

Menurut Kiana, jika memang gairah seks telah menurun, maka masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Hal-hal tersebut pun dapat dimulai dengan cara yang sederhana.

"Bisa dengan bermeditasi selama beberapa menit, berjalan-jalan di luar, berkomunikasi dengan orang tersayang, atau melakukan aktivitas yang jauh dari gadget," ujar Kiana.

4 dari 4 halaman

Cara untuk Bangkitkan Gairah Seks

Tak hanya itu, berikut hal-hal yang bisa Anda dan pasangan coba untuk menghidupkan kembali gairah seks yang padam.

Pertama, mencintai dan rawat diri sendiri lebih dulu. Menurut psikoseksual dan konselor pasangan, Cate Mackenzie, saat stres, seseorang cenderung tidak memiliki semangat untuk melakukan banyak hal.

Bahkan untuk merawat dan mengasihi dirinya sendiri. Maka mulailah dengan hal-hal sederhana yang bisa membuat Anda kembali berbahagia.

"Kurang tidur, kepusingan di tempat kerja atau rumah, dan rutinitas kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi libido. Pastikan Anda tidur cukup, tetap bersenang-senang, dan menciptakan kreativitas untuk meningkatkan gairah seksual," kata Cate.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan eksperimen baru bersama pasangan. Hal tersebut dianggap dapat membantu untuk meningkatkan gairah seks.

"Bereksperimen lah menggunakan cara yang membuat Anda bergairah. Bagi sebagian orang, memuji bagian tubuh satu sama lain bisa meningkatkan gairah. Beberapa lainnya, percakapan dari hati ke hati bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan koneksi dan bergairah,” kata sex and intimacy coach, Irene Fehr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.