Jadi Menu Favorit Istri Arief Muhammad, Apa Saja Manfaat Makan Telur Setiap Hari?

Oleh Diviya Agatha pada 27 Agu 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2022, 08:00 WIB
Arief Muhammad - Tiara Pangestika
Perbesar
Arief Muhammad - Tiara Pangestika

Liputan6.com, Jakarta - Istri influencer, pebisnis, sekaligus YouTuber Arief Muhammad, Tiara Pangestika tak jarang membuat warganet terhibur dengan kesehariannya.

Salah satu yang membekas adalah kebiasaannya dalam memasak telur sebagai menu makanan Arief Muhammad.

Wanita yang akrab disapa Tipang tersebut diketahui sejak lama menjadikan telur sebagai menu tetap untuk Arief Muhammad. Telur buatan Tipang pun cukup beragam dan sering dikreasikan sedemikian rupa.

Mulai dari telur ceplok, telur dadar, telur gulung, telur rebus, telur balado, hingga telur yang digulung bersama nasi atau dijadikan pelengkap sushi.

"Mana nih yang kemaren nyariin menu telor di kotak bekalnya @ariefmuhammad," ujar Tipang pada video yang diunggah melalui akun Instagram @tiarapangestika beberapa waktu lalu.

Selain karena mudah dibuat, makan telur setiap hari ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan lho. Lalu apa sajakah itu? Mengutip laman Eat This Not That pada Jumat (26/8/2022), berikut di antaranya.

1. Bantu menurunkan berat badan

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity membandingkan konsumsi dua telur setiap hari dengan satu bagel yang mempunyai jumlah kalori sama.

Hasil menunjukkan bahwa orang yang makan dua telur setiap hari selama delapan minggu berhasil menurunkan berat badan 65 persen lebih banyak. Bahkan lemak tubuhnya ikut menurun sebanyak 16 persen, BMI menurun sebanyak 61 persen, dan lingkar pinggang menurun sebanyak 34 persen.

Hal tersebut lantaran telur mengandung jumlah protein yang cukup untuk sehari-hari. Telur juga sarat akan asam amino, antioksidan, mikronutrien, dan lemak sehat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Menurunkan Tingkat Peradangan

Ilustrasi telur
Perbesar
Ilustrasi telur. (Photo by Klaus Nielsen: https://www.pexels.com/photo/broken-uncooked-egg-on-white-table-6294302/)

Telur merupakan sumber utama fosfolipid makanan, sebuah senyawa bioaktif yang memiliki efek luas pada peradangan. Sebuah studi dalam jurnal Nutrients menghubungkan telur dengan pengurangan peradangan yang tak terhitung jumlahnya.

Menurunkan peradangan sendiri memiliki manfaat yang luas, mulai dari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak.

3. Menangkis Penyakit Metabolik

Makan telur merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Orang dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan kondisi kesehatan lainnya.

Menurut sebuah studi pada Journal of Nutrition, meningkatkan asupan kolesterol baik dengan makan makanan dari telur juga dapat membantu mengurangi risiko sindrom metabolik, sebuah prekursor dari diabetes tipe 2.

4. Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Satu telur besar diketahui mengandung hampir seperempat atau 22 persen dari RDA selenium, sebuah nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon tiroid.

5. Dukung Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam telur juga diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Terlebih, telur juga dapat memastikan fungsi sistem saraf yang tepat untuk mendukung kekuatan otot.


6. Bantu Membentuk Otot

telur
Perbesar
ilustrasi telur rebus/Tamanna Rumee/unsplash

Saat berolahraga, tubuh akan membutuhkan protein untuk memperbaiki robekan di jaringan otot Anda dari berolahraga. Sedangkan telur merupakan camilan atau makanan yang bagus setelah berolahraga.

Hal tersebut lantaran satu telur pun mengandung sekitar enam gram makro pembentuk otot. Sehingga telur seringkali direkomendasikan sebagai makanan yang tepat usai berolahraga.

7. Meningkatkan Energi

Selain dapat membantu membentuk otot, telur juga bisa membantu peningkatan energi dalam tubuh. Satu telur goreng besar mengandung hampir 18 persen vitamin B2 yang disebut riboflavin.

Jenis tersebut hanyalah salah satu dari delapan vitamin B, yang semuanya dapat membantu mengubah makanan menjadi bahan bakar, yang pada gilirannya digunakan untuk menghasilkan energi.

8. Mengenyangkan dan Mengurangi Asupan Makanan

Banyak penelitian telah menunjukkan efek makanan berprotein tinggi terhadap nafsu makan, dan telur adalah salah satu makanan yang berprotein tinggi. Sehingga selain memberikan manfaat sebagai sumber protein, telur pun dapat mengenyangkan dan mengurangi asupan makan berlebih. 

 


9. Lindungi Otak

telur dadar
Perbesar
Ilustrasi telur dadar/copyright freepik.com/KamranAydinov

Telur seringkali dianggap sebagai makanan untuk otak. Hal tersebut dikarenakan telur mengandung sebagian besar nutrisi penting yang disebut dengan kolin. Kolin merupakan komponen membran sel dan diperlukan untuk mensintesis neurotransmitter.

Studi menunjukkan bahwa kekurangan kolin telah dikaitkan dengan gangguan neurologis dan penurunan fungsi kognitif. Tak berhenti di sana, makan telur dikaitkan dengan kandungan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 adalah salah satu lemak sehat yang paling penting untuk dimiliki dalam diet Anda karena membantu mencegah penyakit jantung, radang sendi, dan osteoporosis.

10. Kurangi Stres dan Kecemasan

Jika Anda kekurangan 9 asam amino yang dapat ditemukan dalam protein telur, maka itu dapat memiliki efek pada kondisi mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bagaimana diet dengan lisin secara signifikan mengurangi tingkat kecemasan dan stres.

Lisin adalah asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda sendiri dan Anda harus mendapatkannya melalui makanan Anda. Telur adalah salah satu sumber makanan utama yang kaya lisin.

 

Infografis harga telur dan ayam naik
Perbesar
Infografis harga telur dan ayam naik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya