Sukses

Jokowi Sebut RI Masuk 5 Besar Negara dengan Vaksinasi COVID-19 Terbanyak di Dunia

Dalam sidang tahunan MPR RI, Jokowi menyinggung perihal vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut bahwa Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi COVID-19 terbanyak di dunia.

Jokowi, mengatakan, sebanyak 432 juta dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan sejak awal 2021.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) pada Selasa, 15 Agustus 2022.

Sebelumnya Jokowi terlebih dahulu mengingatkan bahwa tantangan sangat berat dihadapi dunia dua setengah tahun terakhir, tidak terkecuali di Indonesia.

Dan, krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Pun perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit.

Ditambah lagi dengan meletusnya perang di Ukraina yang mengakibatkan krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi.

"Seratus tujuh negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan," katanya.

Namun, lanjut Jokowi, di tengah tantangan yang berat, masyarakat patut bersyukur lantaran Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisi global ini.

"Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," kata Jokowi menekankan.

Lebih lanjut dia juga mengatakan bahwa dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.
    Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.

    vaksinasi covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin