Merdeka Itu Punya Gigi Kuat dan Mulut Sehat Agar Siap Sambut Dunia Luar

Oleh stella maris pada 13 Agu 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 16:59 WIB
Kesehatan Gigi.
Perbesar
Ilustrasi wanita yang memiliki gigi sehat. (Dok. Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Dua tahun yang lalu, Covid-19 membuat masyarakat di Tanah Air beradaptasi dengan kebiasaan baru, yaitu menggunakan masker. Sayangnya, di balik penggunaan masker ada masalah lain yang juga sering diabaikan. 

Adalah masalah kesehatan gigi dan mulut. Namun ternyata, selama pandemi makin banyak orang yang lupa merawat kesehatan gigi dan mulut. Alasannya bukan cuma karena tertutup masker, tapi juga ada alasan lain. Mulai dari enggan keluar rumah hingga lelahnya bekerja dari rumah jadi lupa buat sikat gigi sebelum tidur. 

Hal itu terungkap berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang diketahui bahwa 1 dari 3 orang dewasa mengaku melewati hari tanpa menyikat gigi. Dan 73% orang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. 

Dari jumlah tersebut diketahui pula bahwa ada penurunan soal perawatan gigi dan mulut. Dibandingkan survei pada 2018, sebanyak 5% orang dewasa dan 11% anak-anak tak menyikat gigi dua kali sehari. 

Permasalahan gigi dan mulut bahkan makin terasa ketika pandemi. Survei global Pepsodent menunjukkan bahwa 30% responden di Indonesia mengaku pernah melewati sehari penuh tanpa menyikat gigi, umumnya disebabkan rasa malas (46%), salah satunya karena berkurangnya interaksi tatap muka. 

Bahkan 7 dari 10 masyarakat Indonesia menderita gigi berlubang. Hal ini terjadi akibat mengurangnya frekuensi menyikat gigi dua kali sehari selama pandemi, sekitar 5% di antara orang dewasa dan 11% di kalangan anak-anak. Akibatnya, permasalahan gigi dan mulut kian meningkat dan terjadi kemunculan gigi berlubang baru pada 25% responden Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


#SenyumIndonesia Merdeka

Senyum Ibu dan Anak.
Perbesar
Ilustrasi senyum ibu dan anak. (Dok. Shutterstock)

Permasalahan gigi dan mulut masih memang menjadi salah satu isu kesehatan utama yang dialami setengah populasi dunia dari berbagai lapisan usia, termasuk di Indonesia. Apalagi dengan adanya penurunan jumlah orang yang tak menyikat gigi dua kali sehari. 

Untuk menghadirkan #SenyumIndonesia Merdeka dan membebaskan diri dari gigi berlubang serta untuk menjaga kesehatan mulut, Pepsodent dengan pengalaman lebih dari 75 tahun, mewujudkan tujuannya mendukung edukasi dan perawatan gigi. 

Nah, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Pepsodent yang setia melindungi masyarakat Indonesia selama puluhan tahun dari gigi berlubang, akan memperkenalkan kemasan khusus dengan tema kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia, yaitu Pepsodent Merdeka Valuepack 2 x 225G. 

Pada kemasan tersebut, terdapat QR Code yang dapat di-scan konsumen yang akan menghubungkan konsumen ke layanan konsultasi kesehatan gigi gratis dari Pepsodent, loh!

Ini artinya, dengan formulasi perlindungan gigi lebih kuat, edukasi menggosok gigi dua kali sehari tersampaikan, Pepsodent juga memberi akses ke lebih banyak kalangan masyarakat hingga ke pelosok negeri di manapun terkait konsultasi gigi yang mudah.


Wujudkan Indonesia MERDEKA dari Gigi Berlubang

Perawatan Gigi.
Perbesar
Ilustrasi perawatan gigi. (Dok. Shutterstock)

Ketika gigi bebas dari lubang dan kesehatan mulut terjaga, tentunya risiko penyakit gigi dan mulut yang mengancam senyum tak akan pernah muncul. 

Tapi pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan kesehatan gigi dan mulut kita? Sudah siapkah menghadapi 'dunia luar'? Berkaitan dengan hal tersebut, selain memperkenalkan kemasan khusus dengan tema kemerdekaan, Pepsodent juga akan menggelar acara seru. 

Acara bertema Wujudkan Indonesia MERDEKA dari Gigi Berlubang yang digelar di Bintaro XChange pada Minggu 21 Agustus 2022 akan menghadirkan sejumlah kegiatan seru.

Pepsodent.
Perbesar
Acara Pepsodent bertema Wujudkan Indonesia MERDEKA dari Gigi Berlubang yang digelar di Bintaro XChange pada Minggu 21 Agustus 2022.

Pertama akan ada talkshow bersama konten kreator Raditya Dika dan Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia. Acara dijamin akan semakin meriah karena dipandu host seru, yaitu Nycta Gina. 

Selain itu, juga ada konsultasi gigi gratis, gim kemerdekaan, dan tentunya music performance. Bagi para YOUN1T alias penggemar UN1TY, kamu wajib hadir untuk mengikuti acara menarik ini. 

Itu karena grup musik beranggotakan delapan orang itu siap membawakan sejumlah lagu favoritmu. Catat tanggalnya ya! Acara gratis yang berlangsung secara hybrid ini akan dimulai pukul 14.00 WIB di Bintaro XChange dan disiarkan secara live di Vidio dan Instagram @fimeladotcom. Untuk pendaftarannya, klik di sini.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya