Profil Olivia Newton-John, Bintang Grease yang 3 Kali Kena Kanker Sejak 1990

Oleh Aditya Eka Prawira pada 09 Agu 2022, 09:29 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 09:29 WIB
Olivia Newton-John Bintang Film Grease Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun
Perbesar
Olivia Newton-John meninggal dunia di usia 73 tahun. (dok. Robyn Beck / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Olivia Newton-John meninggal dunia di usia 73 pada Senin, 8 Agustus 2022, di California Selatan. Lawan main John Travolta di film Grease berpulang setelah 30 tahun berjuang melawan kanker.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun media sosial pribadinya, sang suami, John Easterling mengatakan bahwa Olivia Newton-John meninggal dengan tenang di peternakannya di California Selatan pada Senin pagi, dikelilingi keluarga dan teman-teman terdekat.

Pemenang Grammy yang kariernya bertahan lebih dari lima dekade mencurahkan sebagian besar hidupnya untuk kegiatan amat setelah didiagnosis kanker payudara pada 1992.

Olivia disebut turun langsung dalam mengumpulkan dana untuk penelitian dan deteksi dini penyakit kanker payudara, termasuk pembangunan pusat kesehatan --- yang dinamai sesuai namanya --- di Melbourne.

"Saya tidak suka mengatakan 'berjuang'," kata Olivia Newton-John kepada Channel Seven TV Australia pada September 2018 setelah mengungkapkan bahwa dirinya telah didiagnosis mengidap kanker payudara untuk ketiga kalinya.

"Saya suka mengatakan 'menang' karena 'berjuang' memicu kemarahan dan peradangan yang tidak Anda inginkan," ujar dia dikutip dari situs Channel News Asia pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Sayangnya, tidak diketahui persis penyebab kematian Olivia Newton-John yang diberikan pihak keluarga.

Nama Olivia Newton-John melejit saat membintangi musikal Grease bersama John Travolta sebagai Sandy --- yang menukar rok panjang pergelangan kaki dan rambut rapi dan tepat untuk celana hitam ketat dan perm.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Grease Film Terlaris yang Dimiliki Olivia Newton-John

Olivia Newton-John Bintang Film Grease Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun
Perbesar
Penggemar memberikan penghormatan terakhir pada Olivia Newton-John yang meninggal dunia di usia 73 tahun. (dok. Robyn Beck / AFP)

Grease tetap menjadi musikal terlaris selama tiga dekade, dengan Olivia Newton-John dan John Travolta mempertahankan hubungan dekat lama setelah film itu dibuat.

"Olivia tersayang, Anda membuat hidup kami jauh lebih baik. Pengaruh Anda luar biasa. Saya sangat mencintaimu," tulis Travolta dalam sebuah unggahan di Instagram pada Senin yang diakhiri dengan : Your Danny, your John!

Dalam sebuah wawancara, John Travolta dengan semringah mengatakan bahwa hal favorit tentang Grease yang akan selalu dia ingat adalah bertemu dengan Olivia.

Menurut John, tidak ada satu orang pun di semesta ini yang layak memerankan karakter Sandy, kecuali Olivia yang pada saat pembuatan Grease menginjak usia 29. 

Pada saat itu, kata John, ada keraguan di benak Olivia untuk mengambil peran tersebut karena merasa terlalu tua untuk bermain sebagai gadis remaja. 

"Jika Anda adalah seorang pemuda di tahun 70-an... Jika Anda ingat sampul album Olivia dengan kemeja biru itu, dengan mata biru besar yang menatap Anda," kenang Travolta, dalam sebuah wawancara untuk menandai ulang tahun ke-40 film tersebut pada September 2018.

 


Profil Olivia Newton-John Bintang Film Grease

Karangan bunga untuk Olivia Newton-John di Hollywood Walk of Fame. (AP Photo/Damian Dovarganes)
Perbesar
Karangan bunga untuk Olivia Newton-John di Hollywood Walk of Fame. (AP Photo/Damian Dovarganes)

Olivia lahir di Cambridge, Inggris pada 1948. Dia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara.

Ketika berumur lima tahun, Olivia yang merupakan cucu dari fisikawan pemenang Nobel, Max Born, diboyong kedua orangtuanya ke Melbourne, Australia.

Kecintaannya pada musik membuatnya tampil di beberapa acara TV Australia saat remaja, sebelum pindah ke Inggris pada 1960-an saat dia bekerja sama dengan sesama pemain Australia Pat Carroll di pub dan sirkuit klub Inggris.

Dari tahun 1970-an, dia akan naik ke tangga lagu internasional teratas selama beberapa dekade dengan lagu-lagu yang membentang ke folk, country dan pop, mendapatkan empat Grammy dari 12 nominasi.

Physical menjadi lagu paling hit pada 1981. Dalam video klip lagu tersebut, Olivia mengenakan ikat kepala dan spandek yang tengah booming lantaran olahraga menjadi kegiatan paling menyenangkan saat itu. 

 

 


Dedikasi untuk Kanker

Unggahan John Travolta atas meninggalnya Olivia Newton-John. (Instagram/ johntravolta)
Perbesar
Unggahan John Travolta atas meninggalnya Olivia Newton-John. (Instagram/ johntravolta)

Kanker tak menyurutkan Olivia untuk berkarya. Beberapa saat setelah didiagnosis kanker, dia masih tampil ciamik bahkan melakukan tur pada 2015 dengan legenda musik Australia, John Farnham, dan bahkan merekam lagu Club Dance pada usia 67 dengan putrinya, Chloe Lattanzi.

Kedermawanan dan hasratnya untuk penelitian kanker menjadi yang terdepan, memerjuangkan terapi alami termasuk ganja obat dalam pengobatan kanker.

"Saya telah melakukan segalanya, dan lapisan gula pada kue juga," katanya

"Jadi saya merasa bersyukur atas apa pun yang terjadi sekarang," dia menambahkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya