Sukses

Negatif Cacar Monyet, Pasien Asal Jawa Tengah Masih Jalani Isolasi

Hasil tes lab negatif cacar monyet. Namun pria asal Jawa Tengah tersebut masih menjalani isolasi.

Liputan6.com, Jakarta Hasil tes laboratorium suspek cacar monyet Jawa Tengah sudah keluar. Kementerian Kesehatan menyatakan pasien tersebut negatif cacar monyet atau monkeypox.

Namun, pria 55 tahun tersebut masih menjalani isolasi seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar.

"Masih diisolasi," kata Yunita.

Lebih lanjut, Yunita mengatakan pasien bakal keluar dari ruang isolasi ketika tidak ada gejala yang berpotensi menularkan ke orang lain.

"Sampai tidak ada gejala yang berpotensi menularkan ke orang lain," kata Yunita lewat pesan teks ke Health-Liputan6.com pada Sabtu (6/8/2022) siang.

Kabar baiknya adalah kondisi pria tersebut sudah membaik meski tidak dijelaskan secara detail.

Pada Sabtu, 6 Agustus 2022 pagi, hasil pemeriksaan sampel lesi kulit dari satu suspek cacar monyet (monkeypox) pria tersebut sudah keluar. 

"Pagi ini, hasil dari sampel lesi kulit negatif," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu lewat pesan singkat ke Health Liputan6.com pada Sabtu, 6 Agustus 2022 pagi.

Sebelumnya, tes orofaring mulut dan tenggorokan (orofaring) sudah keluar lebih dahulu dengan hasil negatif. Dengan dua tes hasil negatif, pasien tersebut dapat dipastikan tidak terinfeksi virus cacar monyet.

"Betul sekali (negatif cacar monyet)," kata Maxi lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Gejala Pasien Asal Jawa Tengah

Pria 55 tahun asal Pati tersebut sebelumnya masuk dalam status suspek cacar monyet karena menunjukan gejala mengarah ke monkeypox. Ada demam lalu timbul lesi dan bintik-bintik. 

"Dia tanggal 19 Juli ada gejala demam, 21 Juli dibawa ke rumah sakit, kemudian 23 Juli timbul lesinya, bintik-bintiknya," tutur Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di kesempatan yang berbeda.

3 dari 3 halaman

Antisipasi Penularan, Bila Ada Gejala Mirip Cacar Monyet akan Diperiksa

Pemeriksaan terhadap pasien asal Pati tersebut merupakan langkah kewaspadaan dan antisipasi. Maka dari itu, bila ada yang mengalami gejala cacar monyet untuk segera diperiksakan. 

“Semua sekarang kalau ada gejala segera periksa. Itu yang paling penting,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berada di Kabupaten Boyolali pada Kamis, 4 Agustus 2022 mengutip keterangan laman Provinsi Jawa Tengah. 

Meski begitu, Ganjar meminta masyarakat tidak panik. Terpenting menjaga pola hidup sehat dan protokol kesehatan, kata Ganjar, wajib dilakukan atas kesadaran masing-masing.

Ganjar mengatakan bahwa pengetatan di pintu-pintu masuk Indonesia tetap dilakukan, termasuk yang ada di wilayah Jawa Tengah. Ia meminta agar Kementerian Kesehatan segera memberikan briefing kepada petugas di pintu-pintu masuk ke Indonesia.

“Saya berharap karena ini tidak dari Indonesia ya, tetap saja pintu-pintu masuk Indonesia harus tetap ketat. Kita minta nanti Kementerian Kesehatan memberikan briefing kepada penjaga pintu masuk, untuk bisa mengecek menggunakan peralatan, sehingga indikasi awalnya diketahui,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.