Sukses

5 Fakta tentang Payudara Kendur, Termasuk Upaya agar Kencang Lebih Lama

Payudara kendur itu pasti. Saat usia bertambah, ligamen Cooper yang merupakan jaringan ikat payudara yang membantu mempertahankan payudara mulai meregang.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang berharap payudara terus kencang hingga tua nanti. Bahkan terus berupaya agar payudara tetap kencang.

Namun, itu tampaknya hanya harapan semu semata. Layaknya kulit, payudara juga akan mengendur seiring bertambahnya usia.

Saat usia bertambah, ligamen Cooper yang merupakan jaringan ikat payudara yang membantu mempertahankan payudara mulai meregang. Lalu, payudara juga akan memiliki lebih banyak lemak ketimbang jaringan tisu seiring bertambah usia. Hal ini yang membuat payudara kendur setelah melewati usia 40-an seperti disampaikan kata salah satu anggota America Society of Plastic Surgeons, Anne Taylor.

Berikut lima serba-serbi tentang payudara kendur seperti mengutip Prevention, Senin (1/8/2022).

1. Menyusui Bukan Penyebab Payudara Mengendur

Mitos bila ada yang menyebut menyusui bikin payudara kendur. Faktanya, studi di Aesthetic Surgery Journal pada 2008 menunjukkan menyusui bukanlah faktor risiko ptosis payudara (kata lain untuk kendur).

"Kehamilan jadi penyebab lebih besar payudara mengendur. Saat hamil payudara bertambah besar dan tetap membesar saat menyusui tapi kemudian perlahan-halan menyusut setelah selesai menyusui," kata Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University School of Medicine.

"Penurunan berat badan dan pengempisan payudara bisa membuat payudara melorot."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Olahraga yang Bantu Bikin Payudara Terlihat Kencang

Payudara merupakan bagian tubuh yang tidak memiliki otot. Jadi, tidak ada olahraga yang bisa menargetkan pengencangan otot di bagian tersebut. Namun, tetap ada manfaat kok melatih bagian dada

. "Melakukan latihan untuk otot dada, khususnya otot pektoralis utama yang terletak tepat di bawah payudara, dapat membantu mengangkat payudara dan membuat penampilan yang lebih baik," kata Deborah Axelrod, MD yang merupakan Direktur Medis dari Layanan Payudara Klinis, New York University Langone Medical Center.

3. Pakai Bra Tak Cegah Payudara Mengendur

"Tidak ada data yang menunjukkan bahwa bra tertentu seperti bra push-up mencegah kendur, atau jenis bra tertentu dapat menyebabkan kendur," kata Minkin.

Namun, pada saat berolahraga pastikan mengenakan sports bra. "Tarikan gravitasi yang konstan dan goncangan serta gerakan selama berlari dapat meregangkan jaringan payudara dan mungkin menyebabkan kendur," kata Taylor.

 

3 dari 4 halaman

4. Semua Ukuran Payudara akan Mengendur

Payudara besar atau kecil pasti akan mengendur. Perbedaannya, pengenduran payudara ukuran kecil tidak sebanyak dibandingkan yang ukuran besar.

"Memang benar bahwa pada umumnya payudara kecil melorot lebih sedikit daripada yang lebih besar ya itu karena ada lebih sedikit jaringan yang ditarik ke bawah," kata Minkin.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Upaya Perlambat Payudara Mengendur

Mengendur itu pasti tapi ada upaya yang bisa dilakukan untuk memperlambatnya. Beberapa cara diantaranya tidak merokok dan menjaga berat badan ideal. Penelitian di Aesthetic Surgery Journal menemukan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh yang tinggi dan merokok merupakan faktor risiko payudara kendur. Juga, hindari diet yo-yo.

"Jika seorang wanita berat badan bertambah banyak maka payudaranya akan meregang seperti kulit lainnya. Namun, jika dia kemudian kehilangan berat badan itu, maka bakal ada kulit yang mengendur. Maka dari itu selalu menjaga berat badan yang sehat kemungkinan akan membantu memperlambat payudara mengendur," sebut Minkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.