Sukses

Cacar Monyet Diperkirakan Bisa Jadi Awal Timbulnya Penyakit Menular Seksual Baru

Cacar monyet atau monkeypox di Amerika Serikat (AS) dapat menjadi awal penyakit menular seksual baru.

Liputan6.com, New York - Ahli memperkirakan bahwa penyebaran cacar monyet di Amerika Serikat (AS) dapat menjadi awal penyakit menular seksual baru.

Beberapa ahli khawatir cacar monyet atau monkeypox bisa menyebar begitu luas sehingga hampir menjadi penyakit serius seperti gonore, herpes dan HIV.

Namun, tidak ada yang benar-benar yakin. Beberapa mengatakan bahwa pengujian dan vaksin masih dapat menghentikan penyebaran wabah.

Sejauh ini, lebih dari 2.400 kasus di AS telah dilaporkan sebagai bagian dari wabah internasional yang muncul dua bulan lalu.

Pejabat kesehatan tidak yakin seberapa cepat virus itu menyebar. Mereka hanya memiliki informasi terbatas tentang orang-orang yang telah didiagnosis.

Mereka tidak tahu berapa banyak orang yang terinfeksi yang mungkin menyebarkannya tanpa disadari. Mereka juga tidak tahu seberapa baik vaksin dan perawatan dapat membantu.

Pejabat kesehatan federal tidak memiliki wewenang untuk mengumpulkan dan menghubungkan data tentang siapa yang telah terinfeksi dan siapa yang telah divaksinasi.

Dengan tanda tanya besar seperti itu, prediksi tentang seberapa besar wabah cacar monyet yang akan terjadi di AS musim panas ini sangat bervariasi, dari 13.000 hingga mungkin lebih dari 10 kali lipat.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Dr. Rochelle Walensky mengatakan respons pemerintah semakin kuat setiap hari dan pasokan vaksin akan segera melonjak.

“Saya pikir kita masih memiliki kesempatan untuk menahan wabah ini,” kata Walensky mengutip New York Post Minggu (24/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyebar Seperti Penyakit Menular Seksual

Cacar monyet adalah endemik di beberapa bagian Afrika, di mana orang telah terinfeksi melalui gigitan hewan pengerat atau hewan kecil. Biasanya tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang.

Tetapi tahun ini lebih dari 15.000 kasus telah dilaporkan di negara-negara yang secara historis tidak melihat penyakit tersebut. Di AS dan Eropa, sebagian besar infeksi terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria atau gay, meskipun pejabat kesehatan telah menekankan bahwa siapa pun dapat tertular virus.

Ini menyebar terutama melalui kontak kulit-ke-kulit, tetapi juga dapat ditularkan melalui kain yang digunakan oleh seseorang dengan cacar monyet. Meskipun telah menyebar melalui populasi seperti penyakit menular seksual, para pejabat telah mengamati jenis penyebaran lain yang dapat memperluas wabah.

Gejalanya meliputi demam, nyeri tubuh, kedinginan, kelelahan, dan benjolan di bagian tubuh. Penyakit ini relatif ringan pada banyak pria, dan tidak ada yang meninggal di A.S. Tetapi orang dapat tertular selama berminggu-minggu, dan lesinya bisa sangat menyakitkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pelacakan Kontak Tak Mudah

Ketika cacar monyet muncul, ada alasan untuk percaya bahwa pejabat kesehatan masyarakat dapat mengendalikannya.

Benjolan yang ada seharusnya membuat infeksi mudah diidentifikasi. Dan karena virus menyebar melalui kontak pribadi yang dekat, para pejabat berpikir mereka dapat melacak penyebarannya dengan mewawancarai orang yang terinfeksi dan menanyakan dengan siapa mereka berhubungan intim. Namun, ternyata tidak semudah itu.

Dengan cacar monyet yang sangat langka di AS, banyak pria yang terinfeksi - dan dokter mereka – “mungkin” menghubungkan ruam mereka dengan penyebab lain.

Pelacakan kontak sering dihalangi oleh pria yang terinfeksi yang mengatakan bahwa mereka tidak tahu nama semua orang yang berhubungan seks dengan mereka. Beberapa melaporkan memiliki beberapa interaksi seksual dengan orang asing.

Ini merupakan pekerjaan tambahan bagi departemen kesehatan setempat. Mereka sudah dibebani dengan COVID-19 dan sejumlah penyakit lainnya. Sekarang mereka harus menemukan sumber daya untuk melakukan pekerjaan pelacakan kontak intensif pada cacar monyet juga.

4 dari 4 halaman

Alasan Lain untuk Optimis

Memang, beberapa pejabat kesehatan setempat telah menyerah berharap banyak dari pelacakan kontak. Namun, masih ada alasan lain untuk optimis salah satunya, pemerintah AS sudah memiliki vaksin.

Rejimen dua dosis yang disebut Jynneos dilisensikan di AS pada 2019 dan direkomendasikan tahun lalu sebagai alat untuk melawan monkeypox.

Ketika wabah pertama kali diidentifikasi pada Mei, pejabat AS hanya memiliki sekitar 2.000 dosis yang tersedia. Pemerintah mendistribusikannya tetapi membatasi suntikan kepada orang-orang yang diidentifikasi melalui penyelidikan kesehatan masyarakat sebagai orang yang baru-baru ini terpapar virus.

Akhir bulan lalu, karena semakin banyak dosis yang tersedia, CDC mulai merekomendasikan agar suntikan diberikan kepada mereka yang menyadari sendiri bahwa mereka mungkin telah terinfeksi.

Permintaan telah memberi pasokan lebih, tapi klinik di beberapa kota dengan cepat kehabisan dosis vaksin dan pejabat kesehatan di seluruh negeri mengatakan mereka tidak memiliki cukup dosis.

Situasi tersebut berubah hingga minggu ini, kata Walensky. Pemerintah telah mendistribusikan lebih dari 191.000 dosis, dan ada 160.000 lagi yang siap dikirim. Sebanyak 780.000 dosis akan tersedia paling cepat minggu depan.

Setelah permintaan saat ini terpenuhi, pemerintah akan mempertimbangkan untuk memperluas upaya vaksinasi. CDC percaya bahwa 1,5 juta pria AS dianggap berisiko tinggi untuk infeksi.

Pengujian juga telah diperluas. Lebih dari 70.000 orang dapat diuji setiap minggu, jauh lebih banyak dari permintaan saat ini, kata Walensky. Pemerintah juga telah memulai kampanye untuk mendidik dokter dan pria gay dan biseksual tentang penyakit ini, tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.