Sukses

Pemicu Pasangan Gampang Cemburuan dan Tukang Ngatur, Salah Satunya Perkara Insecure

Gampang cemburuan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya perasaan insecure atau tidak percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Kecemburuan menjadi salah satu hal yang dapat merusak hubungan, perlahan tapi pasti mampu melenyapkan semua hal baik tentang Anda dan pasangan. Serta mampu membuat segala hal terasa buruk.

Hal tersebut lantaran kecemburuan yang timbul mungkin berujung pada larangan ini dan itu tanpa alasan masuk akal. Pasangan jadi sibuk mengatur hidup Anda seolah semua harus ada pada kendalinya.

Jika itu kenyataan yang terjadi dalam hubungan, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan untuk membuat pasangan tidak lagi cemburuan.

Namun mengatasi kecemburuan sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan oleh yang dicemburui. Melainkan harus diatasi oleh yang merasakan cemburu itu sendiri.

Caranya dapat dimulai dengan memahami lebih dulu apa yang menjadi pemicu dibalik kecemburuan tersebut.

Lalu, apa sajakah faktor pemicu yang membuat seseorang bisa jadi pribadi yang cemburuan? Mengutip laman Bustle pada Selasa (19/7/2022), berikut diantaranya.

1. Insecure (Tidak Percaya Diri)

Pakar hubungan sekaligus penulis, Alexis Nicole White mengungkapkan bahwa orang yang cemburuan biasanya disebabkan oleh diri mereka yang tidak merasa aman dan percaya diri.

"Beberapa orang menjadi sangat cemburuan karena ada perasaan insecure yang berkembang dalam diri mereka. Mungkin sebelumnya mereka pernah diselingkuhi atau mereka pernah menghabiskan waktu dengan orang yang membuat mereka jadi tidak mudah mempercayai orang lain," ujar Alexis.

Meskipun tidaklah sehat, Alexis menyarankan untuk mengatasinya dengan komunikasi yang baik. Namun jika Anda telah menempuh jalur tersebut dan pasangan masih tetap cemburuan, maka sudah saatnya obrolan menjadi lebih serius lagi untuk mencari solusinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pengalaman Masa Kecil

Faktor selanjutnya yang dapat membuat seseorang menjadi pencemburu adalah pengalaman masa kecil. Psikoterapis, Richard E Toney mengungkapkan bahwa apa yang seseorang lihat dari keluarganya bisa mempengaruhi tingkat kecemburuan seseorang.

"Beberapa orang jadi cemburuan karena masalah yang berkaitan dengan keterikatan emosional. Mungkin saja mereka melihat sesuatu di masa kecil yang mengajari mereka untuk terus-menerus waspada terhadap orang lain atau mereka mengalami kesulitan untuk melekat tanpa kecemasan," ujar Richard.

Sehingga jika persoalan berkaitan dengan faktor kedua ini, maka menurut Richard, tidak ada yang bisa dilakukan Anda sebagai yang dicemburui untuk mengubah ini.

"Bagaimanapun, tidak ada yang bisa Anda lakukan sebagai pasangannya untuk mengubah ini. Masalah semacam ini harus diselesaikan di dalam hati dan pikiran pasangan yang cemburu," kata Richard.

Richard menambahkan, sebagai pasangan Anda hanya bisa mengemukakannya. Namun untuk benar-benar mengubahnya, diperlukan usaha dari dalam dirinya sendiri.

3 dari 4 halaman

3. Pengalaman Diselingkuhi

Certified life and love coach, Tiya Cunningham-Sumter mengungkapkan bahwa beberapa orang memiliki kecemburuan yang kuat lantaran pernah diselingkuhi sebelumnya.

"Jika mereka sebelumnya pernah disakiti oleh pasangan sebelumnya, maka mereka biasanya akan lebih waspada dan bahkan lebih curiga lagi pada hubungan selanjutnya," ujar Tiya.

Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah dengan meyakinkan dirinya bahwa Anda bukanlah orang yang sama seperti yang pernah menyakiti pasangan Anda sebelumnya.

"Orang yang cemburuan harus menyadari bahwa pasangan baru mereka bukanlah orang yang sama yang menyakiti mereka di masa lalu. Mereka harus mulai percaya, dan mereka juga harus mulai dengan memercayai diri mereka sendiri," kata Tiya.

 

4 dari 4 halaman

4. Persoalan Hubungan di Masa Lalu

Lebih lanjut terapis pernikahan dan keluarga, Pella Weisman menjelaskan bahwa jika persoalannya berkaitan dengan hubungan sebelumnya seperti pernah diselingkuhi, maka Anda juga bisa menanyakan pada pasangan apa yang ia butuhkan agar merasa lebih aman dan tidak lagi cemburuan.

"Cari tahu apa yang bisa Anda setujui dan kemudian patuhi kesepakatan kalian berdua. Dari sana, Anda dan pasangan mungkin bisa lebih bahagia," ujarnya. 

5. Upaya Melindungi Diri

Menurut terapis pernikahan, keluarga, dan seks, Natalie Finegood Goldberg, kecemburuan selalu didasari pada rasa tidak aman, ketidakpercayaan, atau kontrol, bahkan terkadang semua hal itu.

"Jadi bisa jadi cemburu merupakan upaya perlindungan diri untuk mencegah hal buruk terjadi pada hati mereka. Meskipun tentu, cemburu bukan hal yang baik," ujar tepis pernikahan, keluarga, dan seks, Natalie Finegood Goldberg.

Jadi jika Anda mengalami persoalan satu ini, penting bekerja sama dengan pasangan untuk mengatasinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.