Sukses

HOPE, Kolaborasi Peace Generation dan Eco Camp Lahirkan Agen-Agen Perdamaian dan Lingkungan

Peace Generation dan Eco Camp berkolaborasi menyelenggarakan program pembelajaran perdamaian dan kesadaran lingkungan kepada 29 siswa dari 10 SMP di Jakarta dan Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 29 siswa dari 10 sekolah menengah pertama (SMP) di Jakarta dan Bandung mengikuti program pembelajaran perdamaian dan kesadaran lingkungan Heros of Peace and Ecology (HOPE) pada Kamis-Jumat (14-15 Juli 2022) kemarin.

Kesepuluh sekolah menengah pertama tersebut yakni, SMPN 1 Cimahi, SMPN 17 Bandung, SMP Kristen Yahya Bandung, SMP Darul Hikam Bandung, Fransis School, Materday, SMP BPK Penabur 4 Bandung, MTSN 1 Kota Bandung, Bouna Ventura, dan SMP 44 Bandung. 

Melalui program pembelajaran perdamaian dan kesadaran lingkungan yang terselenggara atas kolaborasi Peace Generation dan Eco Camp itu, para siswa diajak untuk saling berkenalan dan bekerja sama dengan siswa dari sekolah lain yang memiliki perbedaan latar belakang budaya dan agama.

Mereka juga diajak untuk mengeksplorasi Taman Hutan Raya Bandung hingga merasakan pengalaman berkebun di Eco Camp untuk melatih kepekaan terhadap alam.

"Harapannya mereka dapat mengamati secara langsung relasi alam dan manusia sehingga dapat membalas kebaikan alam melalui cara-cara sederhana yang bisa dilakukan," jelas Regi, salah satu coach dari Eco Camp.

Pada akhir acara, para siswa ditantang untuk memecahkan persoalan lingkungan dan sosial di sekitar mereka melalui kelompok-kelompok kecil yang berisi 4 sampai 5 orang.

Setelahnya, selama dua minggu ke depan, para siswa akan mengampanyekan aksi-aksi sosial dan lingkungan di media sosial mereka dengan bimbingan para coach dari Peace Generation dan Eco camp. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dorong Partisipasi Siswa SMP Jaga Alam dan Perdamaian Lingkungan

Eric Lincoln selaku pendiri Peace Generation sekaligus fasilitator dalam acara tersebut menjelaskan bahwa program HOPE bertujuan untuk mendorong partisipasi siswa SMP dalam menjaga kelestarian alam dan mempromosikan perdamaian di lingkungan mereka masing-masing.

"Harapannya dalam semua bidang, anak-anak ini akan bertanggung jawabuntuk mengubah keadaan sendiri. Bukan hanya sebagai penonton, tetapi juga menjadi bagian dari solusi." jelasnya, dikutip dari keterangan resmi.

 

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Peserta

Fidelia, siswa asal SMPK 4 BPK Penabur Bandung mengaku senang dapat mengikuti program tersebut karena mendapat banyak pengalaman dan ilmu baru.

"Kedepannya, aku berharap dapat menerapkan ilmu yang didapat dari sini ke lingkungan sekitar aku," ungkap Fidelia.

4 dari 4 halaman

HOPE Bagian dari Agent of Peace

Program HOPE merupakan bagian dari rangkaian program untuk menciptakan Agent of Peace (AoP) 2022 yang akan mencapai puncaknya pada program AoP Summit 2022. Rencananya, AoP Summit akan diselenggarakan pada 9-11 Agustus di Sumedang.

Acara tersebut akan mempertemukan para siswa dan guru dari berbagai daerah, budaya, dan agama untuk merumuskan tujuan bersama dan memecahkan berbagai persoalan sosial di lingkungan masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini