Sukses

Pandemi COVID-19 Picu Penurunan Terbesar Vaksinasi Anak dalam 3 Dekade

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF menemukan bahwa pandemi COVID-19 memicu penurunan berkelanjutan terbesar dalam capaian vaksinasi anak selama 30 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF menemukan bahwa pandemi COVID-19 memicu penurunan berkelanjutan terbesar dalam capaian vaksinasi atau imunisasi anak selama 30 tahun terakhir.

Persentase anak penerima tiga dosis vaksin difteri, tetanus, dan pertusis (DTP3) yang rendah menandakan bahwa cakupan imunisasi di seluruh negara turun 5 poin antara 2019 dan 2021 menjadi 81 persen.

Akibatnya, 25 juta anak pada 2021 melewatkan satu atau lebih dosis DTP yang biasanya didapatkan dari layanan imunisasi rutin. Angka ini 2 juta lebih banyak daripada mereka yang tidak mendapatkan suntikan pada tahun 2020 dan 6 juta lebih banyak dari pada tahun 2019. Padahal, jumlah anak-anak yang berisiko penyakit DTP semakin meningkat.

Penurunan ini disebabkan oleh banyak faktor termasuk:

-Peningkatan jumlah anak yang hidup di tengah konflik

-Akses imunisasi yang menantang

-Meningkatnya informasi yang salah terkait imunisasi

-Masalah terkait COVID-19 seperti gangguan layanan dan rantai pasokan

-Pengalihan sumber daya ke upaya respons, dan penahanan

-Tindakan yang membatasi akses dan ketersediaan layanan imunisasi.

“Ini adalah peringatan merah untuk kesehatan anak. Kami menyaksikan penurunan berkelanjutan terbesar dalam imunisasi anak dalam satu generasi. Konsekuensinya akan diukur dalam kehidupan,” kata Catherine Russell, Direktur Eksekutif UNICEF mengutip keterangan pers, Sabtu (16/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

18 Juta Anak Tak Vaksinasi DPT

Russel juga menambahkan, pandemi COVID-19 yang memicu tindakan penguncian atau lockdown juga berperan besar dalam penurunan berkelanjutan vaksinasi anak.

“COVID-19 bukan alasan. Kita perlu mengejar imunisasi untuk jutaan orang yang belum atau kita pasti akan menyaksikan lebih banyak wabah, lebih banyak anak sakit dan tekanan yang lebih besar pada sistem kesehatan yang sudah tegang.”

Menurutnya, 18 juta dari 25 juta anak tidak menerima dosis tunggal DTP sepanjang tahun, sebagian besar dari mereka tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah. India, Nigeria, Indonesia, Ethiopia dan Filipina mencatat jumlah tertinggi.

Di antara negara-negara tersebut, negara dengan peningkatan terbesar dalam jumlah anak yang tidak menerima vaksin tunggal antara 2019 dan 2021 adalah Myanmar dan Mozambik.

Secara global, lebih dari seperempat cakupan vaksin HPV yang dicapai pada 2019 telah hilang. Ini memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan perempuan dan anak perempuan. Karena cakupan global dari dosis pertama vaksin human papillomavirus (HPV) hanya 15 persen, meskipun vaksin pertama telah dilisensikan lebih dari 15 tahun yang lalu.

Awalnya Russell berharap 2021 menjadi tahun pemulihan di mana program imunisasi yang tegang akan dibangun kembali dan kelompok anak-anak yang terlewat pada tahun 2020 akan menyusul.

Namun yang terjadi malah sebaliknya, cakupan DTP3 ditetapkan kembali ke level terendah sejak 2008, bersama dengan penurunan cakupan untuk vaksin dasar lainnya. Ini mendorong dunia melenceng dari rencana memenuhi tujuan global, termasuk indikator imunisasi untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

3 dari 4 halaman

Kemunduran Bersejarah

Kemunduran bersejarah dalam tingkat imunisasi ini terjadi dengan latar belakang peningkatan pesat tingkat kekurangan gizi akut yang parah.

Seorang anak yang kekurangan gizi sudah memiliki kekebalan yang lemah dan vaksinasi yang terlewat dapat membuat penyakit anak-anak yang umum dengan cepat berubah menjadi mematikan bagi mereka.

Konvergensi krisis kelaparan dengan kesenjangan imunisasi yang semakin besar mengancam untuk menciptakan kondisi krisis kelangsungan hidup anak.

Cakupan vaksin turun di setiap wilayah, dengan wilayah Asia Timur dan Pasifik mencatat pembalikan paling tajam dalam cakupan DTP3, turun sembilan poin persentase hanya dalam dua tahun.

“Perencanaan dan penanganan COVID-19 juga harus berjalan seiring dengan vaksinasi untuk penyakit mematikan seperti campak, pneumonia, dan diare,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

Beberapa negara masih berupaya menahan penurunan cakupan vaksin anak tapi tetap memerhatikan pula capaian vaksinasi COVID-19. Misalnya Uganda, negara ini mempertahankan tingkat cakupan yang tinggi dalam program imunisasi rutin, sambil meluncurkan program vaksinasi COVID-19 yang ditargetkan untuk melindungi populasi prioritas, termasuk petugas kesehatan.

4 dari 4 halaman

Cegah Wabah

Demikian pula, Pakistan kembali ke tingkat cakupan pra-pandemi berkat komitmen pemerintah tingkat tinggi dan upaya imunisasi lanjutan yang signifikan.

Tidak mudah untuk mencapai hal ini di tengah pandemi, terutama bagi sistem perawatan kesehatan dan petugas kesehatan yang berada di bawah tekanan.

Upaya tepat akan diperlukan untuk mencapai tingkat cakupan universal dan untuk mencegah wabah. Tingkat cakupan yang tidak memadai telah mengakibatkan timbulnya wabah campak dan polio yang sebelumnya dapat dihindari dalam 12 bulan terakhir. Ini menandakan bahwa imunisasi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan anak-anak, remaja, dewasa, dan masyarakat.

Cakupan vaksin campak dosis pertama turun menjadi 81 persen pada tahun 2021, juga tingkat terendah sejak 2008. Ini berarti 24,7 juta anak melewatkan dosis campak pertama mereka pada tahun 2021, 5,3 juta lebih banyak daripada pada tahun 2019.

Di sisi lain, 14,7 juta anak lagi tidak menerima dosis kedua yang dibutuhkan. Demikian pula, dibandingkan dengan 2019, 6,7 juta lebih banyak anak melewatkan dosis ketiga vaksin polio dan 3,5 juta melewatkan dosis pertama vaksin HPV - yang melindungi anak perempuan dari kanker serviks di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.