Penanganan Awal Saat Kaki Keseleo, Cek di Sini!

Oleh stella maris pada 13 Jul 2022, 00:10 WIB
Diperbarui 13 Jul 2022, 00:10 WIB
4 Pertolongan Pertama saat Pergelangan Kaki Keseleo, Agar Tak Cedera Parah ketika Bermain Bola (2)
Perbesar
4 Pertolongan Pertama saat Pergelangan Kaki Keseleo, Agar Tak Cedera Parah ketika Bermain Bola (2)

Liputan6.com, Jakarta Banyak faktor yang menyebabkan kaki keseleo. Penyebabnya beragam, mulai dari kegiatan olahraga yang melibatkan aktivitas berlari, menikung dan melompat, hingga karena jatuh karena melakukan aktivitas tertentu. 

Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dari RS EMC Pulomas, dr. Steesy Benedicta, M.Ked.Klin, Sp.OT menjelaskan, kalau kaki keseleo jangan diremehkan. Apalagi jika kondisi kaki sudah bengkak atau bahkan parahnya lagi saat kejadian terdengar bunyi krek atau pop. 

"Jangan diremehkan ya kalau keseleo. Ketika bengkak di pergelangan kaki dan terdengar bunyi krek atau pop bisa jadi hal itu disebabkan karena cedera di ligamen," jelas dr. Steesy seperti dikutip di akun Instagram @rs.emc. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, ligamen pada pergelangan kaki sebenarnya berfungsi menjaga stabilitas sendi dan mencegah dari terjadinya pergerakan berlebihan. Bila ligamen tersebut tertarik lebih dari gerakan normal, maka akan terjadi robekan pada ligamen. 

Nah, ketika kamu atau orang terdekatmu mengalami kaki keseleo, ada penanganan awal yang harus dilakukan, yaitu Do RICE dan No HARM. 

Do RICE artinya melakukan Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Ini artinya, kamu harus mengistirahatkan pergelangan kaki dan kurangi aktivitas jalan yang memberi beban di pergelangan kaki. 

Kemudian, kompres dengan es sebanyak empat kali sehari selama 10-15 menit dalam 48-72 jam setelah cedera. Kamu juga dapat melakukan pembebatan dan angkat tungkai kaki lebih tinggi dari jantung, untuk mencegah pembengkakan. 

Sementara No HARM adalah segala hal yang harus dihindari dan masih banyak loh yang ternyata melakukan kesalahan ini ketika kaki keseleo. No HARM artinya Heat, Alcohol, Running, Massage

Ketika kaki keseleo, jangan mengompres dengan air hangat atau panas saat baru terjadi cedera karena dapat meningkatkan rasa nyeri. Maka dari itu, saat keseleo baru terjadi, disarankan mengompresnya dengan air es. 

Kemudian jangan mengonsumsi alkohol, hentikan aktivitas lari. Hindari jalan yang dapat menumpu berat badan hingga 72 jam. Lalu yang terakhir dan kesalahan yang jamak dilakukan adalah memijat area cedera. 

Jadi ingat, saat keseleo hindari memijat area yang cedera ya karena dapat memperparah rasa sakit dan membuat memar dan semakin biru. Pada kasus cedera pergelangan kaki ringan, dapat juga ditambahkan penggunaan brace selama masa pemulihan. 

Namun jika terjadi kemungkinan robekan pada ligamen, dr Steesy menyarankan untuk segera mengunjungi rumah sakit. 

"Hal ini jangan diremehkan ya. Segeralah ke rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksan X-ray dan pemeriksaan lain seperti MRI, untuk mengetahui tingkat keparahan cedera ligamen," jelas dr Stessy. 

 

 

(*)

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya