Sukses

Modal 5 Bahan, Begini Cara Mengempukkan Daging Kambing yang Aman Saat Idul Adha

Idul Adha identik sama daging kambing tapi bagaimana cara mengempukkan daging kurban?

Liputan6.com, Jakarta - Beragam olahan berbahan daging kambing yang diperoleh saat Idul Adha siap disajikan. Dari seporsi satai (sate) hingga tongseng bikin perut terasa dimanjakan.

Semua makanan tersebut akan terasa lebih nikmat jika daging kambing yang dimasak bertekstur lembut. Yang memudahkan gigi di mulut untuk mengunyah sampai halus.

Melalui keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 9 Juli 2022, Cookpad Indonesia membagikan tips membuat daging kambing empuk dengan cara aman tanpa obat.

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

- Jeruk Nipis

Cara mengolah daging kambing agar tidak bau selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis yang terkenal memiliki sifat asam yang cukup kuat.

Hal ini membuat jeruk nipis bisa diandalkan untuk membuat daging kambing jadi lebih empuk dan tidak bau.

Cara ini juga bisa dilakukan jika kamu ingin mencuci daging kambing sebelum mengolahnya. Caranya cukup mudah yaitu cuci daging kambing yang sudah disiapkan, lalu beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma amis.

Kemudian, beri perasan jeruk nipis dengan membalurkannya pada permukaan daging. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

- Garam

Selain jeruk nipis, bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau adalah garam. Cara ini cukup mudah diterapkan, hanya saja membutuhkan sedikit ketelatenan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengempukkan Daging Kambing Berikutnya

- Daun Pepaya

Daun pepaya dan nanas bisa diandalkan untuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini dipengaruhi oleh zat papain dalam daun pepaya.

Jadi, jika sudah menggunakan daun pepaya tidak perlu lagi memasaknya dengan waktu sangat lama.

Anda hanya perlu mencuci, kemudian remas, dan bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

- Nanas

Jika tidak memiliki daun pepaya, gunakan saja nanas. Nanas juga dikenal ampuh membuat daging kambing lebih cepat empuk.

Caranya hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Jika sudah balurkan pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam.

- Rempah

Rempah juga bisa digunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau. Segala macam jenis rempah bisa diandalkan.

Bahkan menggunakannya juga akan membuat aroma dan rasa khas masakan kambing lebih terasa, yang perlu kamu lakukan hanya melumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe.

Jika sudah, diamkan sebentar sebelum dimasak. Selain menggunakan jahe, bisa juga gunakan bumbu aromatik seperti jeruk, serai, kayu manis, dan cengkeh.

 

3 dari 4 halaman

4 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Penerima daging kurban saat Idul Adha seringkali merasa kebingungan sama jenis daging yang diterimanya. Lantaran tak adanya label apakah itu daging kambing atau sapi. Termasuk pula bagian apanya.

Berikut sejumlah petunjuk guna memudahkan dalam mengindentifikasi jenis daging yang Anda terima:

1. Aroma

Daging kambing mempunyai aroma yang khas dan cenderung kuat, atau yang biasa disebut prengus (memiliki aroma khas). Sedangkan daging sapi tidak mencolok dan tidak terlalu amis.

2. Tekstur dan serat

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar. Ketika dipegang pun terasa lebih empuk. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang. Ketika dipegang akan terasa lebih kenyal dan halus.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Lemak

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

4. Warna

Baik daging sapi maupun daging kambing sebenarnya mempunyai warna yang berbeda.

Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan.

Tentunya saat dimasak, rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.