Kenang Shinzo Abe, Jusuf Kalla: Pemimpin yang Sangat Baik

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 09 Jul 2022, 12:12 WIB
Diperbarui 09 Jul 2022, 12:12 WIB
Jusuf Kalla
Perbesar
Di kediaman rumah pribadinya pada Jumat, 8 Juli 2022, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla yang akrab disapa JK, menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (Dok Tim Komunikasi Jusuf Kalla/JK)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12 Jusuf Kalla mengenang mantan Perdana Menteri (PM) Jepang yang meninggal pada Jumat, 8 Juli 2022 waktu setempat. Shinzo Abe mengembuskan napas terakhir setelah nyawanya tak terselamatkan akibat tertembak saat melakukan kampanye.

Shinzo Abe bagi JK, sapaan akrabnya sebagai sebagai sosok pemimpin yang sangat baik. JK juga menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Shinzo Abe yang merupakan pemimpin terlama Jepang.

"Saya menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Mantan Menteri Jepang, Shinzo Abe. Beliau pemimpin yang sangat baik dan merupakan sahabat Indonesia," ucap Jusuf Kalla di kediaman pribadinya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta pada Jumat, 8 Juli 2022.

JK melanjutkan, Shinzo Abe tidak saja membawa hubungan Jepang dan Indonesia makin bersahabat, melainkan secara pribadi memiliki hubungan persahabatan yang hangat dengan mantan Perdana Menteri Negeri Sakura tersebut.

Kepergian mantan PM Jepang Shinzo Abe disebut sebagai kehilangan tokoh besar Asia.

"Kepergiannya saya rasakan sebagai kehilangan besar seorang tokoh Asia yang selama ini gigih memperjuangkan kerja sama, terutama ekonomi dan menjaga perdamaian kawasan," sambung JK melalui keterangan yang diterima Health Liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kenangan Perkuat Kerja Sama RI - Jepang

20170115-PM-Jepang-FP1
Perbesar
Presiden Jokowi berbincang dengan PM Jepang, Shinzo Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1). Menurut Jokowi, selama ini Jepang menjadi mitra yang penting bagi Indonesia. (Liputan6.com/Panca Syurkani/Pool)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, Jumat (8/7/2022).

Allow me to extend our deepest condolences on the tragic demise of former PM Abe Shinzo of Japan (Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang), tulis Jokowi melalui akun Twitternya resminya, Jumat (8/7/2022).

Dalam cuitannya, Jokowi juga mengunggah fotonya bersama Shinzo Abe yang sedang berjabat tangan. Ia menyampaikan akan terus mengenang kontribusi Shinzo Abe dalam memperkuat kerja sama Indonesia - Jepang.

We will always remember his contributions in strengthening RI-Japan cooperation (Kami akan selalu mengingat kontribusinya dalam memperkuat kerja sama RI - Jepang), lanjut Jokowi.

Jokowi juga mendoakan agar keluarga Shinzo Abe dan masyarakat Jepang diberi kekuatan dalam menghadapi masa sulit ini.

May the family of PM Abe and the Japanese people be given strength in this difficult time (Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini), tutupnya.


Gagal Jantung Usai Tertembak

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) jatuh ke tanah di Nara, Jepang barat Jumat, 8 Juli 2022. (Kyodo News melalui AP)
Perbesar
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) jatuh ke tanah di Nara, Jepang barat Jumat, 8 Juli 2022. (Kyodo News melalui AP)

Sebelumnya, mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah menjalani perawatan beberapa saat akibat luka tembak yang dideritanya.

Sejumlah media memberitakan Shinzo Abe meninggal dunia di usia 67 tahun, setelah sebelumnya mengalami gagal jantung. Kematiannya pertama kali dilaporkan oleh lembaga penyiaran publik NHK.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dilaporkan mengalami gagal jantung setelah tampaknya ditembak selama pidato kampanye Jumat di Nara, Jepang barat, televisi publik NHK melaporkan pada Jumat (8/7/2022).

Penyiar menayangkan rekaman yang menunjukkan Shinzo Abe ditembak lalu pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya. Abe memegangi dadanya ketika dia pingsan, dengan bajunya berlumuran darah. NHK mengatakan Abe dilarikan ke rumah sakit.

Mengutip AP News, Abe berada di Nara berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi parlemen dan memberikan pidato ketika orang-orang mendengar suara tembakan.

Polisi menangkap seorang tersangka pria di tempat kejadian Shinzo Abe ditembak karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, menurut laporan NHK.


4,5 Jam Berupaya Selamatkan Shinzo Abe

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Perbesar
Orang-orang bereaksi setelah tembakan di Nara, Jepang barat (8/7/2022). NHK dan Kyodo sama-sama melaporkan Abe dibawa ke rumah sakit dan tampaknya mengalami cardo-respiratory arrest-istilah yang digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi formal kematian oleh koroner. (Kyodo News via AP)

Shinzo Abe meninggal di rumah sakit. Kabar ini dikonfirmasi oleh pejabat partai Shinzo Abe saat sedang menerima perawatan medis, dekat dengan serangan di Nara, kata seorang pejabat senior Partai Demokrat Liberal, lapor lembaga penyiaran publik NHK.

Tim Dokter yang merawat Shinzo Abe mengaku telah menghabiskan 4,5 jam untuk menyelamatkan nyawa mantan Perdana Menteri Jepang yang ditembak saat melakukan kampanye di Nara. Namun, Shinzo Abe tak tertolong dan telah dinyatakan meninggal dunia.

"Mereka mencoba menghentikan pendarahan dan melakukan transfusi darah," kata dokter di rumah sakit, dikutip dari BBC, (8/7/2022).

"Pihak rumah sakit menggunakan lebih dari 100 unit darah," katanya.

Tim Dokter membenarkan ada dua luka yang diyakini luka akibat tembakan, tapi ia menyatakan tidak dapat menemukan peluru selama operasi.

Polisi telah menangkap seorang pria berusia 40-an karena melakukan percobaan pembunuhan dengan menembak mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat melakukan kampanye di Nara, Jepang. Polisi menyebut, senjata yang digunakan oleh pelaku merupakan rakitan, menurut laporan NHK, Jumat (8/7/2022).

Infografis Ragam Komentar Sejumlah Pemimpin Dunia atas Penembakan Shinzo Abe. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ragam Komentar Sejumlah Pemimpin Dunia atas Penembakan Shinzo Abe. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya