Sukses

China Timur Laporkan Klaster Baru COVID-19, Pembatasan Sosial Diperketat

Liputan6.com, Jakarta - Klaster COVID-19 kembali muncul di wilayah China timur dan menyebabkan kota-kota di sana memperketat pembatasan pada Minggu 3 Juli kemarin.

Klaster baru yang ditemukan menimbulkan ancaman baru bagi pemulihan ekonomi China di bawah kebijakan ketat zero-COVID pemerintah.

Wuxi, pusat manufaktur di Delta Yangtze di pantai tengah, menghentikan operasi di banyak tempat umum yang terletak di bawah tanah, termasuk toko dan supermarket.

Layanan makan di restoran ditangguhkan, dan pemerintah menyarankan warga untuk bekerja dari rumah.

Otoritas kota mendesak warga untuk tidak meninggalkan Wuxi kecuali jika ada kepentingan, setelah melaporkan 42 kasus baru tanpa gejala pada hari Sabtu.

China terus berusaha membasmi infeksi baru sebagai bagian dari pendekatan ketat yang diambil di negara tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019. Namun penguncian dan tindakan lain telah berdampak besar pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Kabupaten Si di provinsi Anhui mengunci 760.000 penduduknya dan menghentikan lalu lintas umum karena melaporkan 288 kasus pada hari Sabtu. Anhui menyumbang sebagian besar infeksi baru China, melaporkan 61 kasus bergejala dan 231 tanpa gejala per Sabtu 2 Juli.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan pada Minggu, 3 Juli 2022, bahwa China mencatat 473 kasus COVID-19 baru, 104 di antaranya bergejala dan 369 tidak menunjukkan gejala. Sehari sebelumnya, ada 268 kasus baru termasuk 72 infeksi bergejala dan 196 infeksi tanpa gejala yang dihitung secara terpisah oleh China.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkembangan Kasus di China

Di Yiwu, ibu kota ekspor Tiongkok untuk komoditas kecil, membatalkan penerbangan ke ibu kota, Beijing, untuk periode yang tidak ditentukan, kata TV pemerintah, mengutip langkah-langkah pencegahan COVID-19. Yiwu telah melaporkan tiga kasus COVID-19 dalam seminggu terakhir.

Sedangkan Shanghai, kota dan pusat keuangan terpadat di China, melaporkan satu kasus positif di luar area karantina di kota itu dari tengah malam hingga pukul 5 sore pada hari Minggu, kata para pejabat dalam konferensi pers.

Kota itu mencabut penguncian pada Jumat setelah dua bulan penutupan yang berpengaruh buruk pada output dan belanja konsumen. Produksi industri China turun 2,9 persen pada April dari tahun sebelumnya.

Tidak ada kematian baru, sehingga jumlah kematian di negara itu menjadi 5.226. Hingga Sabtu, China daratan telah mengkonfirmasi 225.851 kasus dengan gejala.

Menurut data pemerintah setempat, pada Sabtu, Beijing melaporkan tidak ada kasus lokal baru, dan Shanghai melaporkan dua kasus lokal yang bergejala.

3 dari 4 halaman

Di Indonesia

Berbeda dengan China, kasus COVID-19 di Indonesia masih dalam keadaan terkontrol. Hal ini merujuk pada pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Budi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki level yang serupa dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yakni level 1, 2, dan 3.

Level 1 ditandai dengan 20 kasus per 100 ribu penduduk dalam satu minggu. Jika diterjemahkan ke Indonesia maka jumlahnya 7.800 per hari.

“Jadi kalau saya ditanya sebagai Menteri Kesehatan, saya lihat kondisinya masih terkontrol. Kita masih di bawah Singapura yang 5 ribu dengan jumlah penduduk 5 juta. Kalau Indonesia masih di level 1 karena di bawah 7.800, kita kan masih 2.200-an,” kata Budi usai memberi sambutan dalam acara Simposium Asosiasi Dokter Medis Sedunia (World Medical Association) tahun 2022 di Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Ia tak memungkiri memang ada kenaikan, tapi kenaikan kasus COVID-19 harian di Indonesia tidak disertai dengan peningkatan kasus rawat inap di rumah sakit. Masyarakat diminta untuk tidak panik, tetap waspada, dan segera mendapat vaksin penguat.

4 dari 4 halaman

Diperkirakan Segera Mencapai Puncak

Ia menambahkan, kenaikan kasus COVID-19 sekarang sudah melandai dan diperkirakan akan segera mencapai puncak.

“Sekarang kita memang naik di atas satu, tapi sudah melandai. Para epidemiolog meeting sama saya mereka bilang ‘Pak kayaknya ini ujung-ujungnya sebentar lagi tercapai puncaknya’ kalau puncak tercapai di 2 ribuan, itu kita tenang, tapi kembali lagi itu kan berdasarkan prediksi terhadap kejadian di negara lain.”

Sebelumnya ia menyampaikan, perkiraan puncak BA.4 dan BA.5 merujuk pada kasus-kasus yang terjadi di negara lain.

Ada beberapa negara seperti Australia, Afrika Selatan, dan Portugal yang sudah melampaui puncak BA.4 dan BA.5.

“Berapa tinggi sih mereka puncaknya? Rata-rata mereka berkisar antara  30 sampai 40 persen dari puncak Omicron sebelumnya. Jadi kalau Indonesia kan sebelumnya 58 ribu ya 30 persennya mungkin di bawah 20 ribu, itu  puncak kasus per harinya,” kata Budi.

“Karena di Indonesia ditemukannya sesudah lebaran, kalau kita mengikuti pola di negara lain maka puncaknya kira-kira di minggu kedua atau minggu ketiga Juli,” Budi menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • kasus baru