5 Tips Recovery Otot Setelah Berolahraga

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 27 Jun 2022, 15:20 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 15:20 WIB
Wanita Berolahraga.
Perbesar
Ilustrasi wanita setelah berolahraga. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Hi, Oshopers! Kamu punya hobi olahraga saat weekend? kalau iya, kamu harus ingat, recovery merupakan hal yang sangat penting setiap kali selesai berolahraga. Recovery setelah latihan fisik punya peran penting dalam kebugaran dan performa yang menjadi kunci latihan yang efektif lho!

Kamu juga harus tahu ya, kalau otot itu perlu waktu 24-48 jam untuk memperbaiki diri dan terbentuk lagi. Memaksakannya untuk bekerja lagi dalam waktu yang singkat, justru akan merusak jaringan yang ada, bukan membentuknya.

kalau terlalu memaksakan, kamu juga bakal terkena nyeri otot lho! Nah, untuk menghindari efek seperti itu, kamu harus ikuti 5 tips pemulihan otot setelah olahraga di bawah ini ya! Jangan sampai deh, otot jadi cedera.

 

Tips Recovery.
Perbesar
5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari nyeri otot dan yang pasti nggak harus mahal!

1. Konsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi

Karena tubuh membutuhkan energi yang diperoleh dari makanan dan minuman agar tetap berfungsi dengan baik, kamu harus memilah asupan nutrisi untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi, sangat penting untuk memenuhi kesehatan tubuh.

2. Lakukan Peregangan

Peregangan nggak boleh dianggap remeh ya! Manfaatnya nggak hanya mencegah cedera, tapi juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul setelah berolahraga lho.

kamu harus tahu, karena saat berolahraga, otot-otot di seluruh tubuh akan berubah jadi hangat, karena adanya gerakan dengan kecepatan tinggi. Jadi, manfaat peregangan untuk meningkatkan rentang gerak otot, sehingga tidak terjadi peregangan otot dan luka dalam kondisi hangat.

3. Perbanyak Tidur

Tidur memiliki banyak manfaat, selain untuk meningkatkan konsentrasi terhadap aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Dengan menerapkan pola tidur yang tepat dan memperbanyak waktu untuk tidur (kurang lebih 8 jam), kekebalan tubuh kamu akan semakin meningkat, dan potensi cedera, akan semakin berkurang.

4. Pijat Otot Tubuh

Pijat adalah aktivitas memberi tekanan pada anggota tubuh, terutama kulit, otot, dan urat, dengan teknik atau metode tertentu yang dapat memberikan relaksasi. Nah, ketika memijat otot tubuh kamu, nyeri pada sendi akan menjadi ringan. Selain itu, bisa meningkatkan pergerakan sendi pada orang yang mengalami radang sendi lho.

5. Mandi Air Es

Banyak manfaat ketika kamu mandi dengan air es, apalagi setelah berolahraga. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena dengan mandi air es akan meningkatkan sel darah putih, juga bisa meredakan nyeri pada otot lho. Mandi air es, efektif dalam mengurangi nyeri otot, karena air es memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan. So, jangan anti mandi air dingin ya!

Nah, itulah 5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari nyeri otot dan yang pasti nggak harus mahal! Dan, buat kamu yang ngebet banget buat beli perlengkapan olahraga saat rayakan momen gajian, kamu bisa kunjungi laman Oshop ya! Eits, hemat juga lho belanja di sana, karena kamu bisa dapatkan promo gratis ongkir! Tunggu apa lagi? Langsung aja cus belanja di OShop ya bund!

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya