Pola Makan ala Meghan Markle, Tetap Langsing meski Konsumsi Kentang Goreng dan Mac n Cheese

Oleh Diviya Agatha pada 27 Jun 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 16:00 WIB
[Fimela] Meghan Markle
Perbesar
Meghan Markle (FOTO: Splashnews)

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan istri Pangeran Harry, Meghan Markle tak pernah jauh-jauh dari sorotan. Mulai dari relasinya dengan keluarga Kerajaan Inggris, figurnya sebagai seorang ibu, hingga pola makannya sehari-hari.

Meghan Markle telah lama diketahui menjalani pola hidup sehat dengan menerapkan pola makan seimbang. Bahkan, pola makan sehatnya tersebut juga diterapkan pada putranya Archie yang berusia 3 tahun.

"Sebagai seorang ibu, Meghan Markle memang harus memberikan contoh bagaimana ia mengatur pola makannya," ujar ahli gizi di New York sekaligus penulis Read It Before You Eat It: Taking You From Label to Table, Bonnie Taub-Dix dikutip Everyday Health pada Senin, (27/6/2022).

Namun, pola makan sehat dan seimbang ala Meghan Markle pun ternyata tak membuatnya anti terhadap makanan tertentu yang seringkali dianggap tidak sehat.

Lalu, bagaimana sebenarnya pola makan sehat dan seimbang yang dijalani olehnya? Berikut penjelasannya.

1. Makan Lebih Banyak Saat Lapar

Dalam sebuah wawancara bersama Hello! Magazine, Meghan Markle sempat mengungkapkan bahwa dirinya cenderung merasa lebih lapar pada tengah hari. Sehingga ia mengonsumsi makanan sehat pada siang hari dengan porsi yang lebih banyak, disusul dengan makanan yang lebih ringan pada malam harinya. 

"Ia mendengarkan isyarat rasa laparnya. Saat mendengarkan tubuh sendiri, Anda akan lebih tahu kapan Anda harus makan lebih banyak, dan kapan harus makan yang lebih ringan," ujar pemilik Champagne Nutrition di Seattle, Ginger Hultin, RDN.

Dengan begitu, seseorang akan terhindar dari rasa lapar yang berlebihan pada jam tertentu dan hal tersebut pun dianggap sebagai cara makan yang bijaksana.


2. Konsumsi Makanan Favorit Sesekali

Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool)
Perbesar
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool)

Dalam kesempatan yang sama, Meghan Markle juga tidak menyangkal bahwa dirinya masih mengonsumsi makanan favoritnya meskipun sudah menjadi figur seorang bangsawan.

Diketahui, kentang goreng adalah makanan favoritnya. Wanita dengan gelar Duchess of Sussex tersebut bahkan bangga dengan caranya tersebut karena masih memberikan keseimbangan dalam hal makanan.

Menurut Meghan, cara tersebut dilakukannya agar tidak sepenuhnya merasa kehilangan atas makanan favoritnya. Sehingga, ia pun masih tetap mengonsumsi kentang goreng maupun mac and cheese kapanpun ia mau.

Meghan Markle juga mengungkapkan bahwa dirinya akan membagi porsi makanan miliknya jika pada teman makannya saat itu agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

"Ini adalah sikap yang sangat sehat terhadap makanan. Dia (Meghan Markle) ingin memanjakan dirinya sesekali dan dia juga melihat olahraga sebagai hadiah, bukan hukuman. Kita semua bisa belajar sesuatu soal kenikmatan makanan dari Meghan," ujar pemilik Amy Gorin Nutrition di New York, Amy Gorin, RDN.


3. Menjalankan Diet Vegetarian

FOTO: Pangeran Harry dan Meghan Markle Perlihatkan Wajah Lilibet Diana kepada Dunia
Perbesar
Lilibet Diana Mountbatten-Windsor lahir pada 4 Juni 2021 pukul 11.40 pagi di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage, California, Amerika Serikat. Namanya merupakan kombinasi dari nama sang nenek, Putri Diana, dan nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II. (Instagram/alexilubomirski)

Pada sebuah wawancara bersama Best Health, Meghan Markle mengungkapkan bahwa dirinya akan melakukan diet vegetariannya selama seminggu, dan biasanya akan lebih santai ketika akhir pekan.

Menurut para ahli, membiarkan tubuh mengonsumsi makanan yang kaya akan sayuran merupakan hal yang baik. Hal tersebut lantaran bukan hanya karena daging cenderung dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi, melainkan juga karena sayuran memiliki banyak dampak positif bagi tubuh.

"Para vegetarian dan vegan memiliki penurunan risiko pada kondisi kesehatan tertentu, termasuk bisa mencegah penyakit jantung iskemik, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, dan lain-lain," ujar Ginger.

Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, kunci untuk melakukan diet vegetarian adalah dengan mendapatkan berbagai nutrisi utama dari makanan yang segar, utuh, dan suplemen tambahan bila diperlukan.

"Yang saya suka adalah Meghan tidak memiliki daftar makanan yang boleh dan tidak. Dia menghindari protein hewani karena memang preferensinya saja," kata Bonnie.


4. Makan Buah Utuh dan Selai Kacang

Apel
Perbesar
Ilustrasi Buah Apel Credit: pexels.com/Aphiwat

Elite Daily melaporkan bahwa salah satu camilan favorit Meghan Markle adalah irisan apel dengan selai kacang almond dan sea salt.

"Ini camilan yang luar biasa. Apel menyediakan serat yang mengenyangkan, dan selai kacang almond menawarkan isian, lemak sehat, protein, dan lebih banyak serat. Garam bisa menonjolkan rasa manis, jadi menambahkan sedikit saja tidak masalah,” kata Amy.

5. Cinta Omega-3

Sama seperti suaminya Pangeran Harry, Meghan Markle diketahui juga begitu menyukai sashimi, yang mana mengandung omega-3 yang tinggi.

Sashimi sendiri dapat menjadi makan siang yang ideal. Menurut Amy, makanan laut seperti itu menawarkan omega-3 yang menyehatkan jantung. Itulah mengapa memasukkannya dalam makanan Anda menjadi cara yang baik.

"Akan lebih baik lagi kalau dia menambahkan kelompok makanan lain dalam makan siangnya. Jadi misalnya, dia memasangkan sashimi dengan salah atau nasi merah untuk tambahan serat," kata Amy.

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur
Perbesar
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya