Sukses

Kenang Eril, Ridwan Kamil Bagikan Foto Saat Zara dan Kakaknya Mengecat Tembok

Ridwan Kamil (RK) kembali berbagi momen-momen manis kebersamaan putra-putrinya. Kali ini saat Eril dan Zara berusia kecil yang bertugas mengecat tembok.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) kembali berbagi momen-momen manis tentang putra-putrinya. Kali ini saat Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dan Camillia Laetitia Azzahra yang karib disapa Zara berusia sembilan dan empat tahun.

Kala itu keduanya tampak mengecat tembok dalam sebuah program sosial bedah rumah.

Dalam foto yang diunggah RK siang ini, tampak Eril dan Zara sama-sama memegang kuas cat. Mereka berpose sebelum kembali mengecat sebuah tembok dengan wajah semringah.

Eril kecil saat itu berujar ke sang ayah agar dirinya dan sang adik melakukan tugas untuk mengecat tembok.

"Aku ama Zara jadi tukang yang mewarnai tembok ya, Pap," kata Eril seperti dituliskan RK di akun Instagramnya.

Di usia sembilan dan empat tahun adalah kali pertama kedua anaknya aktif berpartisipasi dalam program bedah kampung dan renovasi rumah-rumah tidak layak huni.

"Mereka kebagian tugas jadi tukang cat rumah warga yang mereka kerjakan dengan gembira dan tuntas," kata RK.

RK juga mengatakan bahwa ia dan istri, Atalia Praratya, memang selalu mengajak serta anak mereka untuk kerja bakti sambil bermain. Kegiatan tersebut ternyata berdampak pada berkembangnya sosok anak-anaknya menjadi pribadi yang baik hati.

"Pertemuan dan interaksi dengan realita kehidupan ini kami duga turut mewarnai rasa kasih dan kemanusiaan dalam perjalanan pribadi Eril," tulis RK diakhiri dengan tanda pagar #jejakeril.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Dapat Pelajaran Parenting dari Ridwan Kamil

Sebuah unggahan manis nan hangat yang dibagikan Ridwan Kamil mengenal Eril yang sudah lebih dulu pergi untuk selama-lamanya disambut beragam respons warganet.

Banyak yang memberikan komentar penuh dengan emotikon hati berwarna merah tanda menyukai unggahan RK. Namun, tidak sedikit yang kembali bersedih mengingat kepergian Eril yang meninggal saat hanyut terbawa arus Sungai Aare, Swiss.

"Aduh mendung dah ini," kata @shaniaaaf.

"Mewek lagi," tulis Annisa Noerh.

Ada juga yang mengungkapkan rasa terima kasih karena RK berkenan berbagi cara mendidik anak-anaknya.

"Menunggu cerita rahasia parenting Kang Emil dan Bu Cinta lainnya," tulis @jeeluvina.

"Parenting Kang Emil sama Bu Atalia sangat menginspirasi karena sejatinya setiap manusia mempunyai visi misinya di dunia, Masya Allah," tulis bidan yang juga pelatih yoga pre-postnatal, Jamilatus Sa'diyah.

3 dari 4 halaman

Kisah Jejak Eril Lainnya

Sebelum unggahan mengecat tembok warga kurang mampu, RK juga beberapa kali menuliskan kebaikan anak pertamanya semasa hidup. Salah satunya tentang permintaan Eril ke RK saat pergi ke Spanyol.

Kisah itu terjadi saat Eril duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Kala itu, mereka sekeluarga melaksanakan ibadah umrah dan kemudian melanjutkan wisata ke Spanyol.

Ketika berada di Sevilla, mereka sekeluarga mampir ke sebuah toko sepatu. Di toko itu, Eril mengungkap permintaan untuk dibelikan sepasang sepatu.

"Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, 'Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.'"

Ridwan Kamil pun memenuhi permintaan putranya itu. Sempat ragu juga RK dibuatnya mengingat nomor sepatu yang diminta bukan ukuran kaki Eril.

 

4 dari 4 halaman

Sepatu untuk Satpam Masbro

Seminggu kemudian, kebingungan RK pun terjawab. Sepasang sepatu yang Eril minta belikan bukan untuknya.

"Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yang jadi teman baiknya," ujar Ridwan Kamil melalui unggahan di Instagram pribadi, Rabu, 15 Juni 2022.

Menurut Eril, satpam tersebut kerap bersedia dititipi sepeda, bahkan rajin mengelapnya. Untuk itulah Eril  ingin membalas kebaikan sang penjaga dengan menghadiahinya sepatu.

"Mungkin sudah rejeki si satpam yang Eril panggil 'Masbro', untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," kata Ridwan Kamil menutup kisah dengan #JejakEril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.