Sukses

Ridwan Kamil Bagikan Kisah Jejak Eril dan Sepasang Sepatu dari Spanyol

Memenuhi saran para ulama, Ridwan Kamil, membagikan kisah kebaikan Eril. Harapannya, tentu agar dapat menginspirasi mereka yang berkenan menyimak.

Liputan6.com, Jakarta - Putra pertama Ridwan Kamil telah tiada. Namun kenangan akan dirinya terus ada. Jauh dari sorot kamera, diam-diam pemuda yang akrab disapa Eril itu memiliki banyak kisah yang dapat dijadikan panutan.

Memenuhi saran para ulama, Ridwan Kamil, membagikan kisah kebaikan sang putra. Harapannya, tentu agar dapat menginspirasi mereka yang berkenan menyimak.

Kali ini, yang dibagikannya adalah kisah tentang Eril dan sepasang sepatu buatan manca yang dia titip untuk dibelikan sang ayah.

Kisah ini, kata Ridwan Kamil, terjadi saat Emmeril Kahn Mumtadz masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Kala itu, mereka sekeluarga melaksanakan ibadah umrah dan kemudian melanjutkan pelesir ke Spanyol.

Ketika berada di Sevilla yang merupakan kota terbesar keempat di Spanyol, mereka sekeluarga mampir ke sebuah toko sepatu. Di toko itu, Eril mengungkap permintaan untuk dibelikan sepasang sepatu.

"Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, 'Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.'"

Ridwan Kamil pun memenuhi permintaan sang putra tercinta. Namun, terbersit rasa bingung di benaknya ketika mendapati ukuran sepatu yang diminta berbeda dari ukuran sepatu Eril.

Seminggu kemudian, kebingungan Ridwan Kamil pun terjawab. Sepasang sepatu yang Eril minta belikan rupanya memang bukan untuknya.

"Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yang jadi teman baiknya," ujar Ridwan Kamil melalui unggahan di Instagram pribadi, Rabu, 15 Juni 2022.

Menurut Eril, satpam tersebut kerap bersedia dititipi sepeda, bahkan rajin mengelapnya. Untuk itulah Eril seolah ingin membalas kebaikan sang penjaga dengan menghadiahinya sepatu.

"Mungkin sudah rejeki si satpam yang Eril panggil 'Masbro', untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," kata Ridwan Kamil menutup kisah dengan #JejakEril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Baik Hati

Testimoni tentang kebaikan Eril tak hanya datang dari pihak keluarga. Orang-orang dekat seperti guru agama, kekasih hingga asisten rumah tangga turut membagikan kisah mengenai sifat baik pemuda itu. 

Nabila Ishma misalnya. Kekasih Eril itu mengaku kerap protes karena menurutnya anak sang gubernur itu seringkali terlalu baik pada orang. Namun setelah kepergian Eril, Nabila belajar bahwa kebaikan kekasihnya semasa hidup yang membuat doa jutaan orang mengalir untuknya. 

"Dulu aku sering protes karena kamu selalu terlalu baik sama orang orang. Tapi sekarang justru aku jadi belajar bahwa kebaikan kamulah yang menjadi jutaan doa yang setiap hari dilantunkan oleh orang-orang untuk kamu," tulis Nabila di akun Instagramnya.

Ustaz Adi Hidayat yang menjadi guru agama keluarga Ridwan Kamil pun bersaksi bahwa Eril pemuda baik yang senantiasa berupaya mendekatkan diri pada Allah SWT. Eril juga adalah anak yang hebat, berdedikasi dan berbakti kepada orang tua. 

Eril diketahui juga bukan pribadi yang mau menggunakan previlege sebagai anak pejabat. Alih-alih tinggal di rumah dinas sang ayah dan mendapat berbagai fasilitas, Eril lebih memilih tinggal di kediaman pribadi Ridwan Kamil. 

3 dari 4 halaman

Peduli Sesama dan Pantang Menyerah

Banyaknya doa yang dilantunkan jutaan orang untuk Eril, menurut Ridwan Kamil bisa jadi karena kebaikan putranya semasa hidup. 

Kakak dari Zara itu adalah sosok yang sabar dan pantang menyerah. Eril sempat bekerja sambilan saat kuliah untuk bisa membeli sesuatu yang dia inginkan.

RK mengaku, dia dan sang istri memang tidak selalu meluluskan permintaan Eril meski mereka mampu. Terbukti, pola didik RK dan Atalia Praratya menumbuhkan kemandirian pada anak lelaki mereka. Kakak dari Zara itu tumbuh menjadi sosok yang sabar dan pantang menyerah. Eril sempat bekerja sambilan saat kuliah untuk bisa membeli sesuatu yang dia inginkan.

Meski demikian, kepedulian Eril terhadap sesama tetap tinggi. Kondisi cuaca yang terkadang tak bersahabat, seperti saat hujan tak menyurutkan niatnya untuk berbagi kebaikan.

4 dari 4 halaman

Dimakamkan di Cimaung, Jawa Barat

Eril dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022. Pihak keluarga telah menyiapkan makam di kampung halaman ibu Eril, Atalia Praratya, yakni di Cimaung, Jawa Barat.

Makam Eril terletak di area Islamic Center yang tengah dibangun Ridwan Kamil. Tak berapa jauh dari makam akan berdiri masjd yang diarsiteki sang ayah. Masjid itu telah ditetapkan akan diberi nama Al Mumtadz, sesuai nama belakang Eril. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini