Sukses

Tegar, Ridwan Kamil Makamkan Eril Hari Ini, Senin 13 Juni 2022

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Putra Ridwan Kamil dimakamkan hari ini Senin (13/6/2022) di Desa Pasir Huni, Cimaung, Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Putra Ridwan Kamil dimakamkan hari ini Senin (13/6/2022) di Desa Pasir Huni, Cimaung, Bandung, Jawa Barat.

Jenazah tiba di pemakaman sekitar pukul 11.30 WIB. Kedatangan jenazah Eril disambut tangisan dan bacaan salawat dari ratusan warga yang sudah menunggu di kanan kiri jalan menuju area makam.

Jenazah kemudian diazankan dan diturunkan ke liang lahat. Sang ayah, Ridwan Kamil pun turut serta menurunkan tanah ke tempat peristirahatan terakhir sang anak.

Eril dikuburkan dengan lantunan kalimat tauhid, "La Illahailallah".

Sebelumnya, pemberangkatan jenazah Eril diiringi oleh ratusan warga yang ikut berduka atas kepergiannya. Jenazah diberangkatkan dari Gedung Pakuan setelah sebelumnya disalatkan dan disemayamkan selama satu malam pada Minggu 12 Juni di gedung tersebut.

Lokasi pemakaman di Desa Pasirhuni, Cimaung dipilih lantaran merupakan tanah keluarga Ridwan Kamil. Selain itu, daerah tersebut juga merupakan kampung halaman dari bunda Eril, Atalia Praratya.

Tanah ini merupakan lahan kosong warisan dari orangtua Atalia. Mengingat kepergian Eril yang begitu mendadak, tanah ini pun diputuskan untuk menjadi tempat pemakaman Eril.

Di area tersebut rencananya akan dibangun sebuah masjid yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil dan akan dinamai Al-Mumtadz. Selain itu, akan dibangun pula Islamic Center Baitul Ridwan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantunan Azan Muzammil Hasballah

Sebelum dimakamkan, jenazah Eril terlebih dahulu diazani oleh seorang hafiz Qur'an, Muzammil Hasballah. Alunan azan yang merdu membuat suasana kian syahdu.

Selanjutnya pemakaman pun dimulai. Setelah jenazah dimasukkan ke liang lahad, Ridwan Kamil terlihat menguruk makan sang putra dengan tanah.

Rangkaian prosesi pemakaman ini diiringi dengan lantunan salawat Muzammil Hasballah. Pemakaman dilangsungkan terturtup dari masyarakat umum.

 

 

3 dari 4 halaman

Ribuan Orang Iringi Pemakaman Eril

Ribuan orang berbondong-bondong datang ke Gedung Pakuan untuk mengantarkan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ke tempat peristirahatan terakhirnya di Cimaung, Kabupaten Bandung. Bahkan orang-orang sudah datang memberikan doa, jauh sebelum jenazah Eril sampai ke Tanah Air.

Masyarakat dan para pejabat publik yang datang ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Senin (13/6/2022) terus membacakan doa dan salawat melepas kepergian Eril, pukul 08.30 WIB.

Jenazah Eril diberangkatkan ke pemakaman di Cimaung Kabupaten Bandung pada pukul 09.00 WIB. Ada 5 mobil yang akan mengantar jenazah Eril ke pemakaman. Prosesi pemakaman Eril sendiri hanya dihadiri terbatas oleh anggota keluarga dan kerabat terdekat.

Untuk meminimalisir potensi kemacetan, jenazah akan diberangkatkan melalui tol Pasteur, keluar di Tol Soroja, kemudian menuju Cimaung, Banjaran.

Meski begitu, pihak keluarga tidak melarang jika masyarakat hendak berziarah ke makam Eril. Kabarnya, masyarakat diperbolehkan berziarah setelah prosesi pemakaman Eril.

4 dari 4 halaman

186 Personel TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP Dikerahkan

Sebanyak 186 porsonel gabungan yang berasal dari TNI Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP ikut dikerahkan dalam proses pemakaman Eril.

"Polresta Bandung bersama dengan Kodim bersama dengan Dinas Perhubungan, Satpol PP, sudah melaksanakan kegiatan apel keamanan dengan personel sebanyak 186 orang. Itu tersebar untuk pengamanan rute maupun di lokasi area pemakaman," kata Kepala Polresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo, Senin (13/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.