Sukses

Wajah Lumpuh Sebelah, Justin Bieber Tak Bisa Kedipkan Mata dan Tersenyum Salah Satu Sisi

Alami Ramsay Hunt Syndrome, wajah Justin Bieber lumpuh sebelah.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber berbagi kabar terbaru tentang dirinya. Ia mengalami kelumpuhan pada salah satu sisi wajahnya. Kondisi kurang menyenangkan itu terjadi karena serangan virus yang membuatnya didiagnosis Ramsay Hunt Syndrome.

Kelumpuhan separuh wajahnya ini membuat Justin Bieber tak bisa mengedipkan mata, menggerakkan lubang hidung, tersenyum sisi kanan. Hal itu terlihat dalam video hampir tiga menit terbaru dari penyanyi 28 tahun itu di akun Instagramnya @justinbieber.

"Hai semuanya. Ini Justin. Aku ingin memberi tahu kalian kabar terbaru tentang diriku," kata suami Hailey Baldwin itu.

"Seperti yang kamu lihat aku mengalami sebuah sindrom bernama Ramsay Hunt Syndrome. Ini adalah kondisi akibat virus yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah sehingga membuat area tersebut lumpuh. Aku tidak bisa mengedipkan mata, menggerakkan lubang hidung, dan tersenyum," katanya berusaha mengedipkan mata, tersenyum dan menggerakan lubang hidung di sisi yang lumpuh itu

"Jadi, ada kelumpuhan total di sisi wajahku sebelah sini," katanya.

Meski alami masalah kesehatan serius Justin yakin kondisinya segera membaik. Ia mengatakan kini tengah dalam upaya agar kondisinya membaik. Salah satunya dengan senam wajah.

"Aku akan baik-baik saja tapi ya butuh waktu dan tidak berapa lama," katanya berusaha tersenyum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batalkan Konser

Kondisi Ramsay Hunt Syndrome membuat Justin terpaksa harus membatalkan konsernya di beberapa tempat seperti di Amerika utara dan tur dunianya.

"Jadi, bagi yang bersedih dengan batalnya konserku, aku secara fisik memang tidak mampu untuk melakukannya," kata pria yang pada Maret kemarin merilis album Justice.

"Kondisi ini cukup serius seperti yang kamu lihat."

Ia pun mengambil hikmah dari kejadian ini. Ia merasa bahwa ini kode dari tubuhnya agar mengerjakan segala sesuatu secara lebih perlahan-lahan. Justin pun mengatakan bakal menggunakan waktu dalam masa pemulihan ini untuk beristirahat.

"Aku harap kalian bisa mengerti. Aku akan menggunakan waktu yang ada untuk beristirahat dan bersantai. Sehingga nantinya aku bisa 100 persen melakukan hal-hal yang sedari lahir memang aku bisa melakukannya," harapnya. 

3 dari 3 halaman

Tentang Ramsay Hunt Syndrome

Ramsay Hunt Syndrome (RHS) merupakan sebuah kondisi akibat virus varicella-zoster. Sindrom ini sampai membuat otot-otot wajah lumpuh.

Pada kasus Ramsay Hunt Syndrome, pasien merasakan ruam yang menyakitikan di telinga. Lalu, dalam beberapa kasus juga ada bagian di mulut dan tenggorokan yang melepuh.

Virus ini juga menyerang saraf maka membuat beberapa otot-otot di wajah melemah. Hal ini membuat pasien terkena sindrom ini jadi sulit tersenyum dan menutup mata pada sebagian seperti mengutip Web MD.

Dalam kasus yang jarang terjadi, bisa saja Ramsay Hunt Syndrome membuat pasiennya tidak dapat menggerakan otot-otot wajah sebagian sama sekali.

Apakah RHS menular?

Seseorang tidak akan mengalami RHS bila kontak dengan pasien dengan sindrom tersebut.

Tapi, luka atau lepuhan di tubuh pasien mengandung virus varicella zoster yang hidup. Jadi, bayi baru lahir dan orang yang belum pernah kena cacar air bisa terkena cacar air bila kontak dengan pasien RHS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.