Sukses

Wajib Baca! 4 Hal Ini Biang Kerok Terjadinya Kegemukan

Ada hormon yang bekerja untuk memicu rasa lapar akan berdampak pada peningkatan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pastinya mengindamkan bentuk tubuh yang ideal. Kamu pasti juga kan? Ketika menimbang berat badan dan melihat bobot tubuh naik, nggak jarang terselip rasa bersalah. 

Mungkin selama ini kamu mengira, kalau bobot tubuhmu naik karena terlalu banyak makan malam. Padahal, penyebab naiknya berat badan yang  bikin kamu jadi kegemukkan bukan hanya itu, loh! 

Ada empat hal lain yang jadi biang kerok bobot tubuhmu meningkat. Baca selengkapnya di bawah ini, ya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Junk Food dan Gula

Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi junk food, pada akhirnya dapat menyebabkan obesitas. Itu karena junk food terdapat lemak trans yang berpotensi menaikan lemak tubuh yang dapat membuat berat badan naik. Selain itu, berlebihan mengonsumsi gula juga berpotensi menaikkan berat badan, loh! 

3 dari 5 halaman

2. Pola Makan

 

Pola makan yang berantakan atau buruk dapat memicu metabolisme tubuh jadi lambat. Hal ini yang membuat makanan masuk lambat dan menumpuk sehingga menimbulkan kegemukan. 

 

4 dari 5 halaman

3. Kurang tidur

Kurang tidur memicu berkurangnya produksi hormon leptin. Ini adalah hormon untuk menekan rasa lapar. Sedangkan hormon ghrelin memicu rasa lapar akan berdampak pada peningkatan berat badan. 

 

5 dari 5 halaman

4. Stress

Selain itu, faktor pikiran alias stres juga dapat menyebabkanmu jadi obesitas. Itu karena hormon stress akan bekerja untuk meningkatkan nafsu makan, terutama makanan tinggi lemak dan gula.

Nah, itulah empat penyebab mengapa berat badanmu cenderung naik hingga menyebabkan obesitas. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah meningkatnya berat badan. 

Salah satunya dengan melakukan olahraga rutin minimal 30 menit per hari. Nggak perlu keluar rumah buat olahraga, kamu bisa melakukan dari rumah kok. Misalnya dengan melihat Youtube. 

Oh ya, jika kamu belum memiliki perlengkapan dan peralatan berolahraga, bisa langsung segera mendapatkan kebutuhanmu itu di www.oshop.co.id

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini