Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Hubungan Seks Dapat Turunkan Berat Badan, Minimal Berapa Kali Sehari?

Dr Siddhant Bhargava mengatakan mungkin saja menurunkan berat badan dengan berhubungan seks.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan yang melakukan hubungan seks untuk meraih kesenangan dan hubungan yang lebih intim. Tapi, apa benar dengan melakukan hubungan seks dapat menurunkan berat badan?

Seorang dokter berusaha mengungkapnya. Dr Siddhant Bhargava mengatakan mungkin saja menurunkan berat badan dengan berhubungan seks. Tetapi Anda tentu perlu melakukan sesi bercinta yang bergairah dengan cukup lama untuk membakar beberapa kalori.

“Seorang pria kehilangan 4,25 kalori per menit sedangkan pasangan wanita membakar sekitar 3,1 kalori per menit dalam sesi seks 24 menit (agak berlebihan)," kata Bhargava dilansir Health Shots.

Dalam 24 menit itu, kata Bhargava, Anda akan membakar sekitar 60 hingga 100 yang tidak terlalu sedikit tetapi cukup signifikan. Jadi, jumlah kalori yang kita hilangkan saat berhubungan seks berbanding lurus dengan berapa lama pasangan bisa bertahan di ranjang. 

Kalau ingin turun berat badan, berapa kali seks harus dilakukan? Menurutnya, pasangan harus berhubungan seks empat kali sehari untuk bisa menurunkan berat badan.

"Untuk membuatnya menjadi pembakaran kalori yang signifikan, Anda perlu membakar sekitar 300-400 kalori. Pada dasarnya, Anda harus berhubungan seks lebih dari 4 kali sehari yang cukup mustahil," jelas Bhargava.

Ketimbang bercinta sehari empat kali, Bhargava menyarankan jika ingin menurunkan berat badan dapat mencoba melakukan latihan. Cobalah yoga, cardio, dance, atau kickboxing untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda secara efektif.

Dengan latihan, Anda tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga dapat membantu meningkatkan mood dan membuat Anda fleksibel. Artinya, Anda akan mencapai tingkat gairah seksual dengan cepat dan mendapatkan melakukan lebih banyak aksi di ranjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meski diperlukan upaya yang lebih untuk menurunkan berat badan hanya dengan berhubungan seks, bercinta tetap menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Berikut daftar keuntungan lain dari bercinta seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi terbaru mengungkap, pria yang bercinta lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko lebih sedikit terkena serangan jantung dibandingkan pria yang hanya bercinta sekali dalam sebulan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bercinta secara rutin meningkatkan kadar kekebalan tubuh. Ketika bercinta, antobodi immunoglobulin A (IgA) dilepaskan. Antibodi ini yang membantu tubuh memerangi penyakit seperti pilek dan demam.

3. Meredakan stres

Stres yang disebabkan oleh pekerjaan atau masalah keluarga bisa dihalau dengan rutin bercinta. Berhubungan seks tak hanya bisa meredakan stres melainkan juga meningkatkan kebahagiaan.

3 dari 4 halaman

Meredakan Nyeri

4. Meredakan nyeri

Sakit kepala tak seharusnya menghalangi Anda dan suami atau istri dari bercinta. Sebaliknya, bercinta justru bisa meredakan nyeri. Ketika menjelang orgasme, kadar oksitosin meningkat hingga lima kali lipat. Endorfin ini bisa meredakan nyeri dan sakit.

5. Memperpanjang usia

Hormon dehydroepiandrosterone dilepaskan seseorang yang orgasme. Hormon ini meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki jaringan, dan menjaga kulit tetap sehat. Pria yang bercinta dua kali seminggu berusia lebih panjang dibandingkan pria yang berhubungan seks hanya sekali dalam beberapa minggu.

4 dari 4 halaman

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Detak jantung meningkat ketika seseorang berhubungan seks, darah segar dipompa ke organ dan sel-sel tubuh. Ketika darah lama digantikan darah baru, tubuh juga mengusir racun serta material lain yang menyebabkan kelelahan.

7. Tidur lebih nyenyak

Tidur yang didapat setelah sesi bercinta akan terasa lebih menenangkan. Tidur malam yang berkualitas akan membuat tubuh lebih terjaga dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.