7 Langkah ini Dapat Tingkatkan Gairah Seks

Oleh Melly Febrida pada 30 Mei 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 30 Mei 2022, 21:00 WIB
Mainan Seks
Perbesar
Mainan Seks (AFP PHOTO / LAURENT FIEVET)

Liputan6.com, Jakarta - Wanita dalam beberapa titik kehidupannya bisa mengalami libido atau gairah seks yang rendah. Saat itu, wanita mungkin tidak mood untuk berhubungan seks.

Tak hanya pada wanita yang menopause tapi beberapa wanita yang lebih muda terkadang menemukan kehidupan seksnya menderita.

Pada wanita, fluktuasi libido terjadi karena perubahan hormonal dalam tubuhnya. Anda mungkin telah mencoba berbagai solusi untuk meningkatkan gairah seksual Anda, tapi cobalah berhenti melakukan kesalahan yang mungkin menyebabkn berkurangnya hasrat seksual.

Konsultan Psikiater dan Seksolog, Rumah Sakit Fortis, Mulund, Mumbai, Dr Sanjay Kumavat, mengatakan bahwa seks lebih dari sekadar hubungan fisik, itulah sebabnya komunikasi sangat penting karena dapat memengaruhi pengalaman Anda.

 

Ketika pasangan dapat berkomunikasi secara langsung, mereka dapat melakukan hubungan seks yang jauh lebih memuaskan dan memperkaya.

 

“Menghormati perasaan satu sama lain dan melakukan foreplay dapat membuat hubungan seks lebih menyenangkan,” kata Dr Kumavat seperti dikutip dari Health Shots.

 

Untuk meningkatkan libido Anda, stop melakukan beberapa hal di bawah ini dan ubah menjadi yang lebih sehat.

 

1. Berpikir tahu segalanya

 

Pasangan harus saling memahami keinginan seksual masing-masing, apa yang disukai dan tidak disuka.

“Mengetahui suka dan tidak suka satu sama lain di tempat tidur lebih penting dan menuntut keterampilan komunikasi yang solid di antara pasangan,” tambah Dr Kumavat.

 

Dengan saling memahami dapat membantu Anda melakukan hubungan intim yang lebih menyenangkan. Jadi, jangan pernah mengabaikannya ya!

 

2. Melewatkan foreplay

 

Foreplay itu penting agar hubungan seksual menyenangkan untuk kedua belah pihak. Melewatkan foreplay dapat menurunkan gairah seks Anda, tetapi melakukannya dapat membantu membangun keintiman emosional yang dapat membuat Anda dan pasangan merasa lebih terhubung di dalam dan di luar kamar.

 

“Ingat, seks lebih dari sekadar ketertarikan fisik, jadi fokuslah pada foreplay dan dorong komunikasi," ujar Kumavat.

 

3. Berharap orgasme dari seks

 

Ini adalah harapan yang salah. Banyak wanita tampaknya tidak bisa orgasme selama hubungan seksual. Mengharapkan orgasme setiap kali Anda berhubungan seks dapat mengganggu suasana hati Anda.

 

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kurangnya foreplay, stimulasi klitoris yang tidak cukup, hingga kelelahan, stres, atau banyak lagi.

 

4. Kebugaran dan diet

 

Kebugaran fisik dan diet adalah aspek penting untuk mendapatkan dorongan seks yang baik. Selain membuat Anda menarik, ini juga membantu meningkatkan gairah seks Anda karena penyakit dapat dicegah.

 

5. Bereksperimen posisi

 

Jangan malu untuk mencoba hal baru. Anda harus merasa nyaman dengan pasangan Anda dan berbicara tentang apa yang terbaik untuk Anda. Bereksperimenlah dengan berbagai posisi seks dan lakukan foreplay.

 

"Bereksplorasilah dengan melakukan hal yang lebih baru untuk mencapai kesenangan," katanya.

 

6. Minum pil KB

 

Anda mungkin merasakan penurunan libido dan gairah seks jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, pil KB, atau obat tekanan darah tinggi.

 

Jika demikian, sSebaliknya, carilah nasihat medis. Dokter mungkin dapat merekomendasikan obat yang cenderung tidak menimbulkan efek samping. Juga, jangan tiba-tiba berhenti minum resep Anda karena dampak dari gangguan yang tidak diobati bisa jauh lebih serius daripada kurangnya hasrat seksual.

 

7. Kebiasaan gaya hidup

 

Minuman beralkohol mungkin bisa meningkatkan mood seseorang, namun minum berlebihan atau kronis dapat berdampak negatif pada libido dan hasrat seks Anda. Hal yang sama berlaku ketika datang ke merokok. Kurangi konsumsi alkohol Anda secara teratur.

 

Segelas anggur dapat meningkatkan mood Anda, minum berlebihan atau kronis dapat berdampak negatif pada Gairah berkurang pada wanita yang minum atau merokok.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya