Sukses

Hindari 3 Posisi Tubuh Salah Saat Bekerja

Posisi atau postur tubuh yang buruk saat bekerja dapat berdampak negatif pada tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda bekerja di depan laptop, sudah benarkan postur tubuh Anda? Jika belum perbaikilah postur tubuh Anda. Postur tubuh yang buruk dapat berdampak negatif pada tubuh Anda.

Beberapa otot akan terasa sakit dan pegal jika terlalu banyak bekerja. Namun, dengan memperbaiki postur tubuh dapat membantu menyingkirkan otot kronis dan ketidaknyamanan punggung. 

Fisioterapis Kesehatan Wanita dan konsultan Laktasi, Dr Priya Singh, menjelaskan tentang tiga postur tubuh yang salah dan sering dilakukan orang tanpa sadar.

1. Postur ini sangat umum dipraktikkan saat duduk yakni 'membungkuk' dan 'kepala ke depan'. Cara ini  membebankan punggung bagian atas, leher dan kepala bergerak atau jatuh ke depan.

2. Postur miring ke satu sisi secara berlebihan juga sebaiknya dihindari. Ini bisa saat duduk atau berdiri.

3. Postur miring ke depan atau ke belakang ketika berdiri. 

"Ini seperti menggambar garis imajiner dari sumbu panjang kepala Anda sampai kaki Anda tetapi garis itu tidak tampak lurus, itu akan tampak miring," kata Singh dilansir Hindustan Times.

Apabila Anda terlanjur sering salah posisi duduk atau berdiri, cobalah melakukan beberapa hal ini:

1. Latihan

Saat Anda berada dalam postur tubuh yang buruk untuk waktu yang lama, ada berbagai latihan yang dapat membantu Anda memulihkan postur dan meredakan nyeri otot. Peregangan, yoga, plank, dan bentuk latihan lainnya dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengembalikan tubuh Anda ke kondisi terbaiknya.

2. Istirahat singkat

Beristirahat sejenak di antara jam kerja. Anda bisa dengan jalan kaki singkat atau hanya untuk bernapas. Cara ini dapat membantu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisikan Laptop

3. Posisikan laptop dengan benar

Memposisikan layar lapto sejajar dengan mata dan pada jarak yang tepat juga bisa membantu. Kursi yang nyaman dan sandaran kaki dapat membantu Anda melatih postur tubuh yang sangat baik dengan lebih efektif.

4. Peregangan dan latihan kekuatan secara teratur

Poin terakhir tetapi paling penting untuk diingat adalah melakukan peregangan dan latihan kekuatan secara teratur, yang penting untuk mempertahankan postur yang sangat baik dan kesehatan secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.