Sukses

Finalis Puteri Indonesia Perluas Wawasan Seputar Obat dan Makanan Aman

Jika pada tahun sebelumnya BPOM menggandeng Puteri Indonesia sebagai Duta Kosmetika Aman, maka tahun ini para finalis lebih diberdayakan untuk bisa menjadi Duta Obat dan Makanan Aman.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 44 finalis Puteri Indonesia berkunjung ke kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Rabu (25/5/2022), guna memperluas wawasan terkait pengawasan obat dan makanan di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, para finalis Puteri Indonesia berdiskusi langsung dengan Kepala BPOM Penny K Lukito dan berkesempatan mengunjungi laboratorium BPOM Operational Centre yang merupakan sarana penunjang pengawasan obat dan makanan.

Ini merupakan kerja sama kali ketiga BPOM dan Yayasan Puteri Indonesia dalam memberikan pembekalan kepada para finalis ajang pemilihan tersebut.

Jika pada tahun sebelumnya BPOM menggandeng Puteri Indonesia sebagai Duta Kosmetika Aman, maka tahun ini para finalis lebih diberdayakan untuk bisa menjadi Duta Obat dan Makanan Aman. Artinya, bukan hanya terkait kosmetika saja, namun juga termasuk di dalamnya komoditas obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, hingga pangan.

Para Finalis Puteri Indonesia tentunya akan memliki kemampuan yang semakin mumpuni untuk berpartisipasi di berbagai bidang termasuk kesehatan.

Ketua Pemilihan Puteri Indonesia 2022, Kusuma Ida Anjani berharap sinergi antara Yayasan Puteri Indonesia dan Badan POM dapat terus berlanjut. Ia mengungkapkan bahwa tujuan dari sinergi ini yaitu untuk melahirkan pemahaman komprehensif yang akan menjadi modal pengetahuan para Puteri Indonesia.

“Puteri Indonesia akan menjadi pelopor generasi cerdas dan melahirkan inisiatif-inisiatif pada generasi muda untuk memilih obat, kosmetika, obat tradisional, maupun pangan yang aman dan bermutu, serta bermanfaat bagi kesehatan,” harapnya, dikutip dari laman resmi BPOM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Trendsetter Penggunaan Obat dan Makanan Aman Bermutu

Kepala Badan POM juga mengungkapkan hal yang sama, bahwa nantinya para Puteri akan terjun ke masyarakat dan menjadi duta dari pengawasan obat dan makanan. Mereka akan mengedukasi masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas. Mereka akan menjadi perempuan-perempuan yang mampu menjadi penggerak perubahan dan berkontribusi bagi Indonesia.

“Konsumen cerdas yang hanya memilih obat dan makanan yang aman, bermanfaat, dan bermutu. Selain itu juga memberikan informasi tentang pendampingan Badan POM untuk pelaku usaha, terutama UMKM,” tambah Penny Lukito.

Untuk itu, pada pembekalan kali ini para Finalis Puteri Indonesia diajak langsung oleh Kepala Badan POM untuk menjadi trendsetter dalam menggunakan obat dan makanan aman dan bermutu. Para Puteri yang mewakili wilayah masing-masing ke depannya dapat bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Badan POM yang ada di daerah, sehingga tercipta kolaborasi yang bermanfaat untuk masyarakat dan dunia pelaku usaha di wilayahnya masing-masing.

3 dari 4 halaman

Usung Tema Kekayaan Budaya dan Keindahan Borobudur

Pemilihan Puteri Indonesia ke 25 di tahun 2022 ini mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan Borobudur.  Hal ini sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadikan Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ada 44 Finalis Puteri Indonesia 2022 dengan berbagai profesi yaitu mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati sampai pengusaha siap berkompetisi untuk memperebutkan tiga mahkota Borobudur yang baru persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Mahkota Puteri Indonesia 2022 ini terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata. 44 finalis Puteri Indonesia dari 34 provinsi ini sudah berada di Jakarta untuk mengikuti konferensi pers Pemilihan Puteri Indonesia 2022 yang digelar di Padang Room, Hotel The Westin Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan dikalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat kebhinekaan bangsa bagi generasi muda.

Mereka ingin mendorong para remaja putri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas dan potensi yang beragam.

"Kami berharap melalui penyelenggaraan PPI 2022 ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengangkat kembali Indonesia, khususnya dibidang pariwisata dan industri kreatif," terang Putri saat konferensi pers, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Putri juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan Presiden Jokowi yang telah menerima 44 finalis Puteri Indonesia 2022 sebagai representasi generasi muda penerus bangsa di Istana Kepresidenan Bogor beberapa waktu lalu.

 

4 dari 4 halaman

Dukung Remaja Puteri Indonesia Berprestasi

Menurut Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang, Pemilihan Puteri Indonesia merupakan komitmen PT MRAT sejak tahun 1992 yang bertujuan untuk membina remaja puteri Indonesia yang berprestasi agar dapat mengembangkan potensinya menjadi generasi penerus bangsa yang berperan aktif dan positif untuk memajukan produk asli buatan Indonesia.

"Mustika Ratu juga akan mempersembahkan produk Beauty Queen Series dan Bengkoang Series sebagai perawatan para puteri," ujar Bingar.

Pada saat karantina, 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan di antaranya pembekalan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pembekalan Kementerian Kordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pembekalan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Lalu ada pembekalan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Kelas Milenial bersama Kaesang Pangarep dan Anandita Makes, Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, kelas koreografi. Dan yang tak kalah menarik adalah penampilan finalis Puteri Indonesia pada acara Fashion Show Indonesia berbasis Budaya dilanjutkan dengan malam Seni dan Budaya serta Fashion Show Jakarta Muslim Fashion Week di Gandaria City, Jakarta dan kegiatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.