Diet Ekstrem Tak Makan Berhari-Hari Demi Perankan Gepeng Srimulat, Bio One: Jangan Diikuti

Oleh Benedikta Desideria pada 23 Mei 2022, 10:54 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 10:55 WIB
[Fimela] Bio One
Perbesar
Bio One. (Foto: Instagram/@filmsrimulat; Instagram/@bojvoyej)

Liputan6.com, Jakarta Totalitas bekerja, aktor Bio One (24) rela melakukan diet ekstrem dengan berpuasa berhari-hari selama beberapa bulan. Hal ini ia lakukan demi bisa memerankan sosok Gepeng di film Srimulat Hil yang Mustahal Babak Pertama yang kini tengah tayang di bioskop.

Tak main-main, Bio One perlu menurunkan berat badan agar memiliki perawakan seperti Gepeng yang memiliki tubuh kurus dan pipi supertirus. Usahanya berbulan-bulan melakukan diet ekstrem berhasil. Ia berhasil menurunkan berat badan 8-9 kg dalam waktu tiga bulan.

Memang bagaimana cara Bio One bisa menurunkan berat badan? Bukan dengan tidak makan beberapa jam tapi beberapa hari.

"Jadi, bukan yang enggak makan 6 jam atau 12 jam atau yang seperti intermitten fasting ya. Tapi ini benar-benar berhari-hari enggak makan, tiga hari enggak makan tapi tetap minum ya kan enggak bisa kalau enggak minum," kata Bio One dalam sebuah wawancara bersama awak media beberapa waktu lalu.

Menurutnya metode pola makan seperti itu bisa berhasil membuat berat badannya turun dari 65 kg ke sekitar 57 kg.

Pria yang juga dulu dikenal sebagai artis cilik ini merasa kemampuan menahan rasa lapar dengan tidak makan berhari-hari ini juga perlu dukungan kekuatan pikiran.

"Makannya dibilang mind gamesjuga ya, kalau mikir enggak makan bisa sakit ya jadi bisa sakit," katanya.

 


Tidak untuk Diikuti

Totalitas Demi Peran, Ini 6 Potret Gaya Rambut Bio One yang Tetap Keren
Perbesar
Bio One (Sumber: Instagram/bojvoyej)

Berhasil menurunkan 8 - 9 kg berat badan adalah usaha Bio One demi memerankan sosok Gepeng dalam film Srimulat yang kini tengah tayang di bioskop.

Dalam menjalani diet ekstem ini Bio One lakukan sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter. Lantaran pasti dokter melarang diet ekstrem seperti ini.

Ia juga menekankan agar tidak mengikuti diet yang ia lakukan. Sekali lagi, semata-mata hal ini dilakukan demi memerankan sosok yang memiliki tubuh kurus.

"Enggak boleh diikuti. Tiap orang kan punya metabolisme tubuh yang berbeda-beda, dengan cara ini saya enggak sakit (tapi belum tentu hal sama pada orang lain)," kata Bio One.

Selama diet ekstrem itu, ia juga masih menyempatkan berolahraga."Olahraga cuma boleh lari," tutur dia.

Mengenai penurunan berat badan pria bernama lengkap Juan Bione Idal Haris Subiantoro Tanevi Proboatmojo Tan mengatakan keluarganya tidak ada masalah."Ya mengertilah keluarga. Ini profesional kerja," tutur Bio One.


Tentang Gepeng

[Bintang] Gepeng Srimulat
Perbesar
Gepeng Srimulat (YouTube)

Selain berhasil memiliki tubuh kurus seperti Gepeng, Bio One juga andal dalam memerankan Gepeng. Tak cuma mendapat pengakuan dari warganet, tapi juga orang terdekatnya. Sebagaimana diunggah akun Instagram @filmsrimulat, Bio One bersama beberapa pemeran film melakukan promosi di kota Solo, Jawa Tengah. Di sana, hadir istri almarhum Gepeng, Supiah.

Momen haru mewarnai pertemuan Supiah dan Bio One. Wajah Supiah terlihat emosional saat melihat Bio One. Ia sempat memegang wajah dan menepuk pipi mantan artis cilik itu. Bio kemudian mengecup kening Supiah dan mengajak berjoget.

Gepeng merupakan pelawak yang meninggal pada 1988. Bernama asli Rismanto, Gepeng terkenal dengan jargon 'Untung ada Saya' saat tampil melawak. 

 


Tentang Bio One

Bio One pemeran Gepeng di film Srimulat: Hil yang Mustahal (Foto: Instagram bojvoyej)
Perbesar
Bio One pemeran Gepeng di film Srimulat: Hil yang Mustahal (Foto: Instagram bojvoyej)

Sementara itu, Bio One adalah sosok yang dipercaya sutradara Fajar Nugros memerankan Gepeng. Anak muda yang sedari kecil sudah menghiasi layar kaca lewat sejumlah sinetron dan TVC atau iklan ini pun mengucapkan terima kasih ke sang sutradara film Srimulat Hil yang Mustahal Babak Pertama itu.

"Terima kasih pak @fajarnugrs yang sudah percaya sama sya saat sayapun tidak percaya sama diri saya sendiri," kata Bio One di unggahan Instagramnya.

"Energimu luar biasa, kebaikanmu tak ada habisnya. Saya bersyukur yang sanat, bahwa km hadir di hidup saya pak," tulis Bio One.

Bio lahir Palu, Bio tumbuh besar di Jakarta. Bio mengenyam pendidikan formal di SD Angkasa 04 Jakarta Timur, SMP Yadika 11 Jatirangga, dan SMA Ora et Labora Bumi Serpong Damai.

Ia main sinetron dan jadi bintang iklan saat usianya masih lima tahun. Sinetron pertamanya berjudul Titipan Ilahi, yang tayang pada bulan Ramadan tahun 2004 di Indosiar. Ia beradu akting dengan Anjasmara dan Tia Ivanka.

 

infografis journal
Perbesar
infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya