BPJS Kesehatan Bali Terima Pembayaran Iuran Menunggak dengan Sampah Plastik

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi sampah plastik
Perbesar
Ilustrasi sampah plastik (dok.unsplash/ Nick Fewings)

Liputan6.com, Jakarta BPJS Kesehatan Kabupaten Badung, Bali menerima pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional dari peserta kurang mampu yang menunggak, menggunakan sampah plastik atau sampah daur ulang lainnya.

“Tujuan program ini untuk membantu melunasi tunggakan JKN bagi masyarakat miskin Badung,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Badung, Dr. Dr. Ni Putu Mirah Lydiawati dalam keterangan tertulis dikutip Antaranews, Minggu (22/5/2022).

Inisiatif dan terobosan ini diapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi gudang pengolahan sampah plastik Bali Waste Cycle (BWC), Selasa ( 17/5).

Lydiawati mengatakan, sampah yang layak untuk didaur ulang harus dikumpulkan di titik kumpul terdekat. Untuk wilayah Badung Tengah menuju Klinik Bhakti Rahayu Dalung, di Badung Selatan meeting point di Klinik Omsa Jimbaran, dan wilayah Badung Utara menuju Klinik Sidhi Sai Abiansemal.

“Sampah jika tidak dikelola akan menjadi masalah, namun jika dikelola dengan baik tentunya akan menjadi solusi. Salah satunya mampu melunasi tunggakan JKN khususnya di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Ditambahkannya, sampah yang terkumpul nantinya akan diangkut dan ditimbang oleh Bali Waste Cycle (BWC), Bali Waste Solutions, kemudian hasilnya bisa digunakan untuk membayar tunggakan JKN masyarakat. “Targetnya nol tunggakan JKN di Badung,” ujarnya.

Menurut Lydiawati, bersama-sama kita bisa melakukan itu semua dan dengan gotong royong kita semua bisa terbantu. “Nah, dana dari rupiah itu akan digunakan untuk melunasi tunggakan JKN bagi masyarakat miskin,” ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Inisiatif harus terus dilakukan

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan inisiatif seperti ini harus terus dilakukan selama membantu masyarakat yang tidak mampu membayar jaminan kesehatan selama pandemi belum berakhir.

“Situasi pandemi yang belum berakhir membuat perekonomian masyarakat menjadi sulit. Negara selalu hadir untuk meringankan beban masyarakat. Nah, kami berharap inisiatif BPJS Badung ini terus berlanjut. Jika perlu, BPJS Kesehatan lainnya akan menyusul di tahun depan. kabupaten/kota se-Bali bahkan Indonesia,” ujarnya.

Pendiri Bali Waste Cycle (BWC) yang juga Presiden Direktur PT Bhakti Rahayu Group Putu Ivan Yunatana mengatakan program inisiatif BPJS Kesehatan Badung sangat baik dan harus dipertahankan.

“Dampaknya sangat jelas. Selain dari aspek ekonomi dan juga aspek lingkungan, pada akhirnya sampah dapat dikelola dengan baik dan tidak akan terbuang percuma di TPA,” ujarnya.

Selain itu, kata Ivan, langkah ini juga sebagai bentuk pembangunan ekonomi sirkular, yakni ekonomi yang berdampak pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.


Aplikasi Pcare untuk pengguna BPJS Kesehatan

Primary Care atau PCare merupakan salah satu program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakannya.

Aplikasi tersebut menawarkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama seperti kunjungan ke puskesmas, klinik, atau laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan.

Kemudian, aplikasi tersebut juga dapat digunakan para pemegang premi untuk mengajukan pengobatan. Selain itu, dapat pula digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes tingkat pertama yang dituju.

PCare juga dapat digunakan untuk pendataan, registrasi, skrining, verifikasi sasaran, serta pencatatan vaksinasi Covid-19.

Selain itu, penentuan lokasi, jadwal pelayanan, alokasi, dan monitoring logistik vaksin juga dapat dipantau dengan aplikasi PCare.


Cara mengunduh aplikasi Pcare

Untuk dapat menggunakannya, pertama-tama mengunduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan di Google Playstore. Untuk sementara baru ada bagi pengguna sistem operasi Android.

Tidak ada biaya untuk mengunduh aplikasi tersebut alias gratis. Setelah itu, peserta disarankan untuk melakukan pendaftaran offline di kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Dengan aplikasi ini, peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan kemudahan, seperti alur pendaftaran pasien yang lebih praktis, data pasien terintegrasi, proses diagnosis pasien lebih cepat, dan proses rujukan lebih mudah.

Berikut cara daftar dan menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan:

1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id atau Google Playstore. Unduh aplikasi PCare.

2. Membuat username dan password. Anda hanya perlu memasukkan username dan password apabila sudah melakukan registrasi.

3. Setelah berhasil login, selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisikan indeks mengenai pasien.

5. Pilih menu pelayanan. Setelah masuk, peserta bisa memanfaatkan PCare untuk mendapatkan sejumlah fasilitas dari BPJS Kesehatan.

6. Pada menu ini, akan ada dua pilihan, yaitu Pendaftaran dan Pelayanan.

7. Jika Anda merupakan pasien berobat, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS peserta kemudian klik Cari.

8. Jika pasien merupakan pasien faskes tempat Anda bekerja, identitas pasien tersebut akan muncul secara otomatis.

9. Lengkapi bidang yang kosong mulai: Jenis kunjungan, Keluhan pemeriksaan fisik, Tekanan darah, dan lain-lain.

10. Klik Simpan. Selanjutnya kembali ke entri data, pilih Pelayanan. Pada bagian ini Anda diminta untuk mengisi kolom-kolom yang kosong, seperti kolom Terapi dan Diagnosis.

11. Lalu, klik Simpan. Tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pun selesai.

12. Selanjutnya, Anda dapat melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat Anda bekerja, mulai kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, sampai sepuluh penyakit terbanyak.

13. Pada menu Tools, Anda dapat mengubah password Primary Care BPJS Kesehatan dan masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat serta mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat Anda bekerja.

14. Jika Anda klik logo akun yang berada di sebelah kiri, Anda akan menemukan data administrasi dan bisa juga mengarahkan Anda log out untuk keluar dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan jika sudah selesai digunakan.

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat
Perbesar
Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya