Sukses

Banyak Anak Muda Cabuti Tanaman Mirip Penis, Pemerintah Kamboja Geram

Pemerintah Kamboja baru-baru ini meminta masyarakat untuk berhenti memetik tanaman karnivora langka Nepenthes bokorensis atau di Indonesia dikenal dengan tanaman kantong semar

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kamboja baru-baru ini meminta masyarakat untuk berhenti memetik tanaman karnivora langka Nepenthes bokorensis atau di Indonesia dikenal dengan tanaman kantong semar yang jika dilihat dari sudut tertentu sangat mirip dengan penis.

Dikutip Livescience, Kementerian Lingkungan Hidup Kamboja membagikan gambar di Facebook dengan tiga wanita yang mengambil tanaman kantong semar dan berpose dengan tanaman tersebut.

"Apa yang mereka lakukan itu salah dan tolong jangan lakukan itu lagi di masa depan!" tulis Kementerian Lingkungan Hidup pada 11 Mei di unggahan Facebook . "Terima kasih telah mencintai sumber daya alam, tetapi jangan memanen hingga menjadi sia-sia"

Beberapa situs web berita telah melaporkan bahwa tanaman ini adalah Nepenthes holdenii, tetapi sebenarnya ini adalah spesies yang berkerabat dekat yang disebut Nepenthes bokorensis , Jeremy Holden, fotografer satwa liar lepas yang pertama kali menemukan N. Holdenii , dan François Mey, ilustrator botani yang mendeskripsikan kedua spesies secara terpisah kepada Live Science.

N. holdenii dan N. bokorensis serupa dalam penampilan dan keduanya tumbuh di pegunungan terdekat. Namun, N. holdenii adalah spesies yang lebih langka dari kedua spesies tersebut dan hanya sedikit peneliti yang tahu di mana menemukannya.

"Tanaman saya [ N. holdenii ] tumbuh di beberapa lokasi rahasia di Pegunungan Cardamom," di barat daya Kamboja, kata Holden.

"Bokorensis tumbuh di Phnom Bokor yang jauh lebih mudah diakses, yang telah mengalami pengembangan ekstensif dalam beberapa tahun terakhir."

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan peringatan pertama

Ini bukan pertama kalinya pemerintah mengeluarkan peringatan untuk tidak merusak tanaman phallic dan fotogenik; Pejabat senior di kementerian meminta wisatawan untuk tidak memetik N. bokorensis dan N. holdenii dalam sebuah pernyataan pada Juli 2021, karena aktivitas itu dapat mendorong kepunahan tumbuhan.

Habitat alami tanaman karnivora karnivora di Kamboja telah menurun karena ekspansi pertanian di lahan pribadi dan pertumbuhan industri pariwisata menjadi kawasan lindung, menurut sebuah studi tahun 2021 di Jurnal Sejarah Alam Kamboja .

Mey mencatat bahwa meskipun penampilan phallic tanaman itu "menyenangkan", memetiknya dapat membahayakan kelangsungan hidup mereka.

“Kalau orang tertarik, meski lucu-lucuan, untuk berpose, berswafoto dengan tanaman, tidak apa-apa,” ujarnya. "Hanya saja, jangan memetik kantong semar karena itu melemahkan tanaman, karena tanaman membutuhkan kantong ini untuk hidup."

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat kantong semar untuk obat

LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sejak 2014 melakukan penelitian manfaat Kantong Semar (Nephentes). Sejumlah negara asing telah berhasil menemukan manfaat enzim dibalik tumbuhan kanivora untuk obat dan komestik.

Namun sampai sekarang LIPI belum mengetahui apa manfaat lain kantong semar, selain pengontrol inflasi serangga.

Sementara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mencatat, kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yaitu tumbuhan pemakan daging seperti serangga dan hewan-hewan kecil. Banyak yang menyangka kantong pada tumbuhan ini merupakan bunganya. Padahal, kantong ini merupakan daun yang sudah termodifikasi.

Kantong ini berfungsi untuk menangkap serangga dan hewan-hewan kecil lainnya. Kantong khusus pada tumbuhan kantong semar ini dilapisi oleh lilin yang sangat licin sehingga menyulitkan serangga yang sudah terperangkap dalam kantong ini untuk naik dan keluar.

Kantong ini juga menghasilkan cairan asam yang bernama proteolase yang  berfungsi untuk mencerna kerangka keras dan daging serangga. Bentuknya terbilang unik, mengantong dan membulat pada bagian ujungnya. Ada yang bilang mirip tokoh pewayangan Semar dengan perut buncitnya. Karena itulah, tumbuhan ini diberi nama Kantong Semar.

Kantong semar hidup secara epifit atau menempel pada batang pohon. Seperti jenis tumbuhan karnivora lainnya, kantong semar tumbuh baik pada tanah atau tempat-tempat yang miskin unsur hara. Kantong semar ada yang hidup di tempat lembab dan sedikit sinar matahari dan adapula yang hidup di tempat yang terbuka dengan cahaya matahari yang banyak.

 

4 dari 4 halaman

Ada 85 jenis kantong semar di Indonesia

Di Indonesia setidaknya terdapat 85 jenis kantong semar. Habitat terbanyak berada di Kalimantan dan Sumatera. Sayangnya, kekayaan jenis kantong semar tersebut masih kurang mendapat perhatian. Menurut data IUCN Red List, sedikitnya 27 spesies terancam punah, bahkan 4 diantaranya merupakan spesies dengan status Critically Endengered (Kritis) dan empat lainnya berstatus Endengered (Terancam).

Di Taman Nasional Batang Gadis hingga saat ini telah teridentifikasi 5 Jenis kantong semar.

5 jenis tersebut termasuk kategori Appendix II menurut CITES yaitu Nepenthes ampullaria Jack, Nepenthes gymnamphora Nees, Nepenthes reinwardtiana Miq, Nepenthes lingulata Chi.C. Lee, Hernawati & P. Akhriadi, dan Nepenthes sumatrana (Miq.) beck.

Sedangkan berdasarkan P.106 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi di Indonesia, 3 jenis merupakan tumbuhan yang dilindungi yaitu Nepenthes gymnamphora Nees, Nepenthes lingulata Chi.C. Lee, Hernawati & P. Akhriadi, dan Nepenthes sumatrana (Miq.) Beck . 1 (satu ) jenis merupakan jenis yang sangat dilindungi berdasarkan IUCN Red list dengan status Critically Endangered (CR) yaitu Nepenthes sumatrana (Miq.) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.