7 Tips Tetap Sehat Meski Beli Makan di Luar

Oleh Melly Febrida pada 17 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 08:00 WIB
Lima Cara Atasi Perut Mual Setelah Makan Berlebihan di Malam Hari
Perbesar
Selama Pandemi COVID-19, Ditambah Lagi Saat Ini Muncul Kasus Hepatitis Akut yang Misterius, Beli Makan di Luar pun Menjadi Kegiatan yang Tidak Semenyenangkan Dulu Bagi Sebagian Orang. Ada yang Terpaksa Beli Lalu Makanan Tersebut Dipanaskan Lagi, dan Ada Pula yang Memilih untuk Tidak Beli Makan di Luar Dulu (dok Pixabay/Ossid Duha Jussas Salma)

Liputan6.com, Jakarta - Hari libur biasanya lebih memilih jajan online atau membeli makanan di luar ketimbang masak. Namun tetap saja, makanan yang bukan dimasak sendiri memiliki reputasi sebagai makanan yang kurang sehat.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap sehat meski beli makan di luar?

Ahli diet senior dari Fortis Escorts, Faridabad, Kiran Dalal memberitahu cara membuat pilihan yang lebih sehat saat beli makan di luar atau bagaimana memilih makanan sehat online yang diantar ke rumah.

"Mengikuti tip-tip ini akan membantu Anda tetap pada tujuan kesehatan Anda tanpa harus melepaskan kehidupan sosial Anda," ujar Dalal dikutip dari Health Shots pada Selasa, 17 Mei 2022. 

Berikut tips untuk memesan makanan dari luar yang lebih sehat menurut Dalal. 

1. Tetap sedikit 

Orang-orang sulit memerkirakan ukuran porsi ketika makan. Ini yang menjadi tantangan orang bisa makan dalam jumlah yang tepat.

Jadi, apabila seseorang memesan makanan secara online atau membeli makanan di luar, pastikan memulai dengan serat seperti salad sebelum mencoba hidangan utama.

Menurut University Of Pennsylvania, orang yang makan makanan tinggi serat sebelum hidangan utama maka makan lebih sedikit kalori daripada orang yang tidak makan salad atau buah.

Serat inilah yang bisa membuat seseorang kenyang dan nafsu makannya berkurang.

Apabila makanan yang Anda pesan dalam porsi banyak, cobalah menyimpan setengahnya atau membagi dengan orang lain.

Setelah baca tips yang pertama, apakah Anda akan mempraktikkannya?

 


2. Baca Menu dengan Seksama  

Ilustrasi Makan
Perbesar
Selama Pandemi COVID-19, Ditambah Lagi Saat Ini Muncul Kasus Hepatitis Akut yang Misterius, Beli Makan di Luar pun Menjadi Kegiatan yang Tidak Semenyenangkan Dulu Bagi Sebagian Orang. Ada yang Terpaksa Beli Lalu Makanan Tersebut Dipanaskan Lagi, dan Ada Pula yang Memilih untuk Tidak Beli Makan di Luar Dulu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jika Anda tidak terbiasa dengan menunya, bacalah dengan teliti.

Menurut Dalal, ketika lapar atau terganggu, Anda lebih rentan untuk membuat keputusan yang buruk karena berkeyakinan bahwa sulit diet ketika melihat atau mencium aroma makanan, terutama saat lapar. 

"Memilih makanan sebelum Anda tiba membantu Anda menghindari membuat penilaian gegabah yang mungkin akan Anda sesali nanti," ujar Dalal.

Apabila Anda sering memesan makanan secara online atau makan di luar, Anda juga harus memeriksa menunya untuk mendapat informasi labelnya.

3. Makan snack yang sehat

Ketika lapar, orang mungkin makan berlebihan atau makan dalam porsi banyak. Untuk menghindarinya, cobalah mengonsumsi camilan sehat sebelum makan malam.

Misalnya saja buah, almond, atau sup.

"Camilan rendah kalori dan tinggi protein seperti yoghurt dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan menghindari makan berlebihan," Dalal menambahkan.

 


4. Periksa Cara Persiapan Masaknya  

Begini Penjelasan Sains Konsumsi Makanan Manis Bisa Hilangkan Sedih
Perbesar
Selama Pandemi COVID-19, Ditambah Lagi Saat Ini Muncul Kasus Hepatitis Akut yang Misterius, Beli Makan di Luar pun Menjadi Kegiatan yang Tidak Semenyenangkan Dulu Bagi Sebagian Orang. Ada yang Terpaksa Beli Lalu Makanan Tersebut Dipanaskan Lagi, dan Ada Pula yang Memilih untuk Tidak Beli Makan di Luar Dulu (Pixabay)

Jumlah kalori dalam makanan tergantung pada bagaimana makanan itu disiapkan. Makanan yang dikukus, dipanggang, dipanggang, atau direbus menjadi pilihan yang baik.

Metode memasak ini, rata-rata, menghasilkan lebih sedikit lemak sehingga ebih sedikit kalori.

Sedangkan makanan yang digoreng atau ditumis biasanya lebih tinggi lemak dan kalorinya.

5. Prioritaskan sayuran dan protein

Jika Anda memesan makanan, pastikan itu tinggi protein dan termasuk banyak sayuran. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buncis merupakan sumber protein yang baik.

Cobalah beralih dari makanan bertepung yang bebahaya dengan makan brokoli, selada, tomat, dan wortel . Selain iu, hindari makanan tidak sehat seperti kentang goreng, keju, dan saus.

6. Jauhi minuman manis 

Semua orang menginginkan sesuatu yang manis dan enak untuk diminum dengan makanan mereka, tetapi ini bukan pilihan yang sehat.

"Jika Anda memesan makanan sehat untuk dibawa pulang atau diantar, minum air sebelum dan sesudah makan, terutama jika Anda meminumnya sebagai pengganti minuman manis, maka itu adalah keputusan yang bagus," kata Dalal.

 


7. Lewati Makanan Penutup  

Ilustrasi Makanan Vegetarian
Perbesar
Selama Pandemi COVID-19, Ditambah Lagi Saat Ini Muncul Kasus Hepatitis Akut yang Misterius, Beli Makan di Luar pun Menjadi Kegiatan yang Tidak Semenyenangkan Dulu Bagi Sebagian Orang. Ada yang Terpaksa Beli Lalu Makanan Tersebut Dipanaskan Lagi, dan Ada Pula yang Memilih untuk Tidak Beli Makan di Luar Dulu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jika Anda masih lapar setelah selesai makan, pilihlah teh hijau, buah-buahan, atau yoghurt daripada makanan penutup.

Tetapi jika Anda tidak dapat melewatkan makanan penutup, pesanlah satu dan mintalah sendok untuk dibagikan dengan teman atau keluarga.

Selain aturan di atas, cobakah mengingat tips di bawah in agar makan tetap sehati:

- Makan perlahan dan kunyah dengan baik agar kenyang lebih awal

- Jaga natrium tetap terkendali

- Letakkan saus di samping

- Fokus pada pola makan yang sadar

- Menukar dengan makanan yang sehat , misalnya daripada kentang goreng cobalah memesan salad.

- Tanyakan ke penjualnya untuk membantu Anda mengetahui menunya

- Hindari minuman berbasis kalori

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Perbesar
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya