Sukses

4 Makanan Penyebab Munculnya Lemak di Punggung

Lemak di punggung pun bisa jadi mengkhawatirkan melebihi penumpukan lemak di perut

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin tidak asing melihat lemak di perut atau lebih dikenal dengan lemak visceral. Namun, pernahkah Anda melihat timbunan lemak di punggung?

Yaps! Punggung ternyata juga bisa berlemak, lho! Oleh sebab itu, jangan sampai lengah.

Anda mungkin tidak senang melihatnya, tapi tanpa di sedari lema-lemak itu sering muncul di punggung Anda.

Menurut anggota dewan ahli medis, Molly Hembree MS RD LD, asupan makanan bukan satu-satunya yang menyebabkan punggung berlemak. 

"Lemak di punggung berkembang dari kombinasi banyaknya kebiasaan, genetika, dan distribusi atau komposisi tubuh seseorang yang akan memunculkan lemak di punggung," kata dia seperti dikutip dari Eat This pada Senin, 16 Mei 2022. 

Meski makanan bukan menjadi alaan utama munculnya lemak di punggung, tapi beberapa makanan ini membuka peluang penambahan berat badan jika Anda kebanyakan mengonsumsinya.

Makanan manis seperti permen 

Menurut Hembree, tambahan gula yang tak tercantum dalam label nutrisi seperti es krim atau kue kering memberikan manfaat yang sedikit. Yang ada berat badan Anda bertambah.

 Kelebihan asupan gula tambahan ini berkontribusi terhadap bertambahnya berat badan hingga obesitas. Bahkan lemak di bagian tubuh Anda, termasuk di punggung ikut terpengaruh.

Minuman beralkohol 

Minuman beralkohol dapat menyebabkan lemak menumpuk di tubuh, termasuk di area punggung. Minuman beralkohol yang padat kalori dan tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lemak di Punggung Bisa Berasal dari Minuman Beralkohol

Penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility, Lauren Manaker MS RDN LDN CLEC CPT, mengimbau untuk membatasi minuman keras Anda.

"Coba mocktail sesekali untuk membantu mengurangi risiko berkembangnya lemak punggung," kata Lauren.

Biji olahan 

Menurut Hembree, biji-bijian olahan adalah biji-bijian --- yang kemungkinan besar jagung atau gandum --- yang lapisan kernelnya dihilangkan selama pemrosesan. 

Makanan olahan yang mungkin tidak Anda pikirkan termasuk roti burger putih, biskuit asin, dan nasi putih.

"Terlalu banyak biji-bijian olahan dan tidak cukup biji-bijian membahayakan nutrisi dan membuat kita merasa lapar, sehingga siklus makan jadi berlebihan dan berat badan bertambah," kata Hembree.

 

3 dari 3 halaman

Batasi Keripik Kentang Cegah Menumpuknya Lemak di Punggung

Keripik kentang goreng

"Keripik kentang goreng, jika dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan pembentukan lemak di banyak area tubuh," kata Manaker.

Apabila Anda makan keripik kentang goreng secara teratur, siap-siap lemak di punggung mulai muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.