4 Makanan Penyebab Munculnya Lemak di Punggung

Oleh Melly Febrida pada 16 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 18:00 WIB
sakit punggung bawah
Perbesar
Lemak Tidak Hanya Dapat Menimbun di Pinggang. Ternyata Punggung pun Bisa Mengalami Penimbunan Lemak yang Luar Biasa. Lantas, Apa Penyebab Menumpuknya Lemak di Punggung? (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin tidak asing melihat lemak di perut atau lebih dikenal dengan lemak visceral. Namun, pernahkah Anda melihat timbunan lemak di punggung?

Yaps! Punggung ternyata juga bisa berlemak, lho! Oleh sebab itu, jangan sampai lengah.

Anda mungkin tidak senang melihatnya, tapi tanpa di sedari lema-lemak itu sering muncul di punggung Anda.

Menurut anggota dewan ahli medis, Molly Hembree MS RD LD, asupan makanan bukan satu-satunya yang menyebabkan punggung berlemak. 

"Lemak di punggung berkembang dari kombinasi banyaknya kebiasaan, genetika, dan distribusi atau komposisi tubuh seseorang yang akan memunculkan lemak di punggung," kata dia seperti dikutip dari Eat This pada Senin, 16 Mei 2022. 

Meski makanan bukan menjadi alaan utama munculnya lemak di punggung, tapi beberapa makanan ini membuka peluang penambahan berat badan jika Anda kebanyakan mengonsumsinya.

Makanan manis seperti permen 

Menurut Hembree, tambahan gula yang tak tercantum dalam label nutrisi seperti es krim atau kue kering memberikan manfaat yang sedikit. Yang ada berat badan Anda bertambah.

 Kelebihan asupan gula tambahan ini berkontribusi terhadap bertambahnya berat badan hingga obesitas. Bahkan lemak di bagian tubuh Anda, termasuk di punggung ikut terpengaruh.

Minuman beralkohol 

Minuman beralkohol dapat menyebabkan lemak menumpuk di tubuh, termasuk di area punggung. Minuman beralkohol yang padat kalori dan tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

 


Lemak di Punggung Bisa Berasal dari Minuman Beralkohol

Alkohol - Vania
Perbesar
Lemak di Punggung Bisa Jadi Amat Menakutkan Sehingga Patut Dicegah. Salah Satunya dengan Menghentikan Kebiasaan Minum Minuman Beralkohol (Ilustrasi Alkohol/https://unsplash.com/Kelsey Chance)

Penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility, Lauren Manaker MS RDN LDN CLEC CPT, mengimbau untuk membatasi minuman keras Anda.

"Coba mocktail sesekali untuk membantu mengurangi risiko berkembangnya lemak punggung," kata Lauren.

Biji olahan 

Menurut Hembree, biji-bijian olahan adalah biji-bijian --- yang kemungkinan besar jagung atau gandum --- yang lapisan kernelnya dihilangkan selama pemrosesan. 

Makanan olahan yang mungkin tidak Anda pikirkan termasuk roti burger putih, biskuit asin, dan nasi putih.

"Terlalu banyak biji-bijian olahan dan tidak cukup biji-bijian membahayakan nutrisi dan membuat kita merasa lapar, sehingga siklus makan jadi berlebihan dan berat badan bertambah," kata Hembree.

 


Batasi Keripik Kentang Cegah Menumpuknya Lemak di Punggung

Keripik Pringles
Perbesar
Punya Kegemaran Menyantap Keripik Kentang atau Jenis Lainnya, Sebaiknya Dihentikan Guna Mencegah Tumpukan Lemak di Punggung (Unsplash.com/JeffSiepman)

Keripik kentang goreng

"Keripik kentang goreng, jika dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan pembentukan lemak di banyak area tubuh," kata Manaker.

Apabila Anda makan keripik kentang goreng secara teratur, siap-siap lemak di punggung mulai muncul.

Infografis Obesitas
Perbesar
Arya Permana, salah satu contoh kasus obesitas yang mengkhawatirkan (liputan6.com/Tri yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya