Sukses

Jaga Prokes dan Kebersihan, 2 Aspek Penting Cegah Hepatitis Akut

Mencegah terpapar hepatitis akut bisa dilakukan dengan menjaga prokes dan kebersihan.

Liputan6.com, Jakarta Tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan mampu mencegah penularan hepatitis akut misterius yang kini banyak bikin deg-degan orangtua. Hal ini disampaikan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret Solo, Dhani Redhono Harioputro.

Dhani mengimbau agar masyarakat agar selalu menaati protokol kesehatan. Peran masker cukup penting untuk menghindarkan diri dari berbagai virus. Selain itu, dokter spesialis penyakit dalam ini juga mengimbau para orang tua agar mengingatkan anaknya selalu mencuci tangan sebelum makan.

"Cuci tangan yang benar dapat menghilangkan virus di tangan, terutama sebelum kita mengonsumsi makanan karena ini diduga ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi," kata Dhani mengutip Antara.

Ia juga mengimbau para orang tua untuk mengecek gejala penyakit tersebut pada anak-anak mereka. Hepatitis akut memiliki ciri-ciri yang cukup mencolok, salah satunya ada warna kuning pada bagian mata.

"Itu merupakan akibat dari bilirubin yang tinggi. Jika kadar bilirubinnya makin tinggi, kulit anak juga akan menjadi kuning," katanya.

Dengan kondisi tersebut, dikatakannya, mata yang seharusnya putih menjadi berwarna kuning.

Selain itu, dikatakannya, penderita biasanya akan mengalami demam, mual atau muntah, badan terasa sakit, hingga diare.

"Jika anak memiliki tanda-tanda tersebut agar para orang tua segera membawa anak mereka ke dokter," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini