Sukses

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Gejala Hepatitis A, B, C, D, dan E

Penyakit hati atau hepatitis A, B, C, D, E memiliki gejala yang berbeda-beda

Liputan6.com, Jakarta Hepatitis adalah penyakit peradangan hati. Kondisi ini dapat sembuh sendiri atau dapat berkembang menjadi fibrosis (jaringan parut), sirosis atau kanker hati.

Virus hepatitis adalah penyebab hepatitis yang paling umum di dunia tetapi infeksi lain, zat beracun --- misalnya alkohol atau penggunaan obat-obatan tertentu --- dan penyakit autoimun juga dapat menyebabkan hepatitis.

Ada 5 virus hepatitis utama, yang disebut sebagai tipe A, B, C, D dan E. Lima tipe ini paling mengkhawatirkan karena beban penyakit dan kematian yang ditimbulkannya serta potensi wabah dan penyebaran epidemi.

Gejala-gejala dari setiap jenis hepatitis terkadang serupa tapi tidak sama persis. Misalnya pada Hepatitis A, gejalanya berkisar dari ringan hingga berat dan dapat mencakup:

- Demam

- Malaise

- Kehilangan nafsu makan

- Diare

- Mual

- Ketidaknyamanan perut

- Urin berwarna gelap

- Penyakit kuning (mata dan kulit menguning).

"Masa inkubasi hepatitis A biasanya 14-28 hari dan tidak semua orang yang terinfeksi akan memiliki semua gejala," mengutip keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Senin (9/5/2022).

Orang dewasa memiliki tanda dan gejala penyakit lebih sering daripada anak-anak. Tingkat keparahan penyakit dan hasil yang fatal lebih tinggi pada kelompok usia yang lebih tua.

Anak-anak yang terinfeksi di bawah usia 6 biasanya tidak mengalami gejala yang nyata, dan hanya 10 persen yang mengalami penyakit kuning. Hepatitis A terkadang kambuh, artinya orang yang baru sembuh jatuh sakit lagi dengan episode akut lainnya. Ini biasanya diikuti oleh pemulihan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Hepatitis B dan C

Pada hepatitis B, kebanyakan orang tidak mengalami gejala apapun saat baru terinfeksi. Namun, beberapa orang memiliki penyakit akut dengan gejala yang berlangsung beberapa minggu, termasuk:

-Menguningnya kulit dan mata (jaundice)

-Urin gelap

-Kelelahan ekstrem

-Mual

-Muntah

-Sakit perut.

Orang dengan hepatitis akut dapat mengalami gagal hati akut, yang dapat menyebabkan kematian. Di antara komplikasi jangka panjang dari infeksi virus hepatitis B (HBV), sebagian orang mengembangkan penyakit hati lanjut seperti sirosis dan karsinoma hepatoseluler yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang tinggi.

Pada hepatitis C, masa inkubasinya berkisar antara 2 minggu hingga 6 bulan. Setelah infeksi awal, sekitar 80 persen orang tidak menunjukkan gejala apapun.

Mereka yang bergejala akut dapat menunjukkan gejala:

-Demam

-Kelelahan

-Nafsu makan berkurang

-Mual

-Muntah

-Sakit perut

-Urin berwarna gelap

-Tinja pucat

-Nyeri sendi

-Penyakit kuning (kulit dan bagian putih mata menguning).

Virus hepatitis C (HCV) menyebabkan infeksi akut dan kronis. Infeksi HCV akut biasanya tidak menunjukkan gejala yang mengancam jiwa. Sekitar 30 persen (15-45 persen) dari orang yang terinfeksi secara spontan membersihkan virus dalam waktu 6 bulan setelah infeksi tanpa pengobatan apapun.

Sisanya 70 persen (55-85 persen) orang akan mengembangkan infeksi HCV kronis. Pada pasien yang mengalami infeksi HCV kronis, risiko sirosis berkisar antara 15 persen sampai 30 persen dalam waktu 20 tahun.

3 dari 4 halaman

Gejala Hepatitis D

Hepatitis D adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV), yang membutuhkan HBV untuk replikasinya.

Infeksi hepatitis D tidak dapat terjadi tanpa adanya virus hepatitis B. Koinfeksi HDV-HBV dianggap sebagai bentuk hepatitis virus kronis yang paling parah karena perkembangan yang lebih cepat menuju karsinoma hepatoseluler dan kematian terkait hati.

Vaksinasi terhadap hepatitis B adalah satu-satunya metode untuk mencegah infeksi HDV.

Pada hepatitis akut, infeksi simultan dengan HBV dan HDV dapat menyebabkan hepatitis ringan hingga berat dengan tanda dan gejala yang tidak dapat dibedakan dari jenis infeksi hepatitis virus akut lainnya.

Ciri-ciri ini biasanya muncul 3-7 minggu setelah infeksi awal dan termasuk:

-Demam

-Kelelahan

-Kehilangan nafsu makan

-Mual

-Muntah

-Urin berwarna gelap

-Tinja berwarna pucat

-Penyakit kuning (mata kuning).

-Hepatitis fulminan atau penyakit hati yang parah dan mendadak.

Dalam superinfeksi, HDV dapat menginfeksi seseorang yang sudah terinfeksi HBV secara kronis. Superinfeksi HDV pada hepatitis B kronis mempercepat perkembangan penyakit yang lebih parah pada semua usia dan pada 70-90 persen orang.

Superinfeksi HDV mempercepat perkembangan menjadi sirosis hampir satu dekade lebih awal daripada orang dengan monoinfeksi HBV.

Pasien dengan sirosis yang diinduksi HDV berada pada peningkatan risiko karsinoma hepatoseluler (HCC); tapi, mekanisme di mana HDV menyebabkan hepatitis yang lebih parah dan perkembangan fibrosis yang lebih cepat daripada HBV saja masih belum jelas.

4 dari 4 halaman

Gejala Hepatitis E

Pada hepatitis E, masa inkubasinya berkisar antara 2 hingga 10 minggu, dengan rata-rata 5 hingga 6 minggu.

Orang yang terinfeksi mengeluarkan virus mulai dari beberapa hari sebelum sampai 3-4 minggu setelah timbulnya penyakit.

Di daerah dengan endemisitas penyakit yang tinggi, infeksi simtomatik paling sering terjadi pada orang dewasa muda berusia 15-40 tahun. Di daerah ini, meskipun infeksi juga terjadi pada anak-anak, tapi sering tidak terdiagnosis karena mereka biasanya tidak memiliki gejala atau hanya penyakit ringan tanpa penyakit kuning.

Tanda dan gejala khas hepatitis E meliputi:

-Fase awal demam ringan, nafsu makan berkurang (anoreksia), mual dan muntah yang berlangsung selama beberapa hari

-Sakit perut, gatal, ruam kulit, atau nyeri sendi

-Penyakit kuning (warna kulit kuning), urin gelap dan tinja pucat

-Hati yang sedikit membesar dan nyeri tekan (hepatomegali).

Gejala-gejala ini sering tidak dapat dibedakan dari yang dialami selama penyakit hati lainnya dan biasanya berlangsung 1-6 minggu.

Dalam kasus yang jarang terjadi, hepatitis E akut dapat menjadi parah dan mengakibatkan hepatitis fulminan (gagal hati akut). Pasien-pasien ini berisiko kematian.

Wanita hamil dengan hepatitis E, terutama pada trimester kedua atau ketiga, memiliki peningkatan risiko gagal hati akut, kematian janin, dan kematian. Hingga 20-25 persen wanita hamil dapat meninggal jika mereka mendapatkan hepatitis E pada trimester ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.