Pemudik Arus Balik Lebaran Lelah Bisa Manfaatkan Kursi dan Velbed di Pos BNPB

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 08 Mei 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 15:00 WIB
Wajah Lelah Pemudik Motor di Merak
Perbesar
Ekspresi anak-anak saat mudik di pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Banyak para pemudik sepedah motor mudik membawa anak-anak. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Lampung - Bagi para pemudik yang melakukan perjalanan masa arus balik Lebaran 2022 alami kelelahan dapat mampir ke pos pemantauan protokol kesehatan milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Di pos pemantauan BNPB, pemudik dapat beristirahat sejenak.

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi mengatakan, di pos pemantauan BNPB, salah satunya di wilayah penyeberangan Lampung, tersedia kursi dan velbed (kasur lipat).

"BNPB dalam menyelenggarakan pos pemantauan juga menyiapkan fasilitas kursi dan velbed untuk pemudik yang membutuhkan istirahat," kata Zaherman melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Minggu (8/5/2022).

Selain itu, petugas juga berpatroli untuk memantau protokol kesehatan dan membagikan masker maupun hand sanitizer.

Kehadiran pos pemantauan bertujuan meningkatkan kesiapan menghadapi kenaikan arus balik Lebaran, khususnya di Provinsi Lampung, terutama di dermaga penyeberangan. BNPB memastikan protokol kesehatan berjalan baik.

Petugas pos pemantauan BNPB juga melakukan koordinasi dengan otoritas perhubungan dan manajemen pelabuhan untuk memastikan protokol Kesehatan para pemudik saat arus balik Lebaran. BNPB juga melakukan operasi di sekitar terminal reguler dengan memberikan imbauan protokol kesehatan kepada pemudik, pejalan kaki, pedagang di sekitar terminal serta awak angkutan umum.

“Kami telah membagikan 1.400 masker medis, 300 masker kain, dan 400 botol hand sanitizer isi 100 ml,” lanjut Zaherman.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Antrean Menuju Pelabuhan Merak

Mengarungi Mudik via Kapal Menuju Bakauheni
Perbesar
Penumpang berada di deck KMP Adinda Windu Karsa saat perjalanan mudik menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (30/4/2022). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas pos pemantauan BNPB yang dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan memastikan para pemudik untuk menerapkan protokol kesehatan yang berada di fasilitas pelabuhan dan sekitarnya selama arus mudik dan arus balik.

Berdasarkan pantauan bersama otoritas pelabuhan, hingga Jumat malam (6/5/2022), tercatat kapal beroperasi sebanyak 42 unit dengan 128 kali perjalanan. Kendaraan yang menggunakan fasilitas pengangkut perairan tercatat, roda empat sebanyak 15.411 unit, roda dua 8.136, bus 369 dan truk 804.

Jumlah penumpang mencapai 111.214 orang, yang sebagian besar didominasi orang dengan kendaraan.

“Kondisi saat ini sudah mulai terjadi kenaikan arus balik dan antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak, Banten,” Zaherman Muabezi menambahkan.

Lebih lanjut, Zaherman mengatakan, bahwa situasi di terminal reguler keberangkatan pejalan kaki menuju Pelabuhan Merak cukup padat, sebaliknya, kedatangan dari Pelabuhan Merak terpantau lengang.

Adapun BNPB mengaktifkan pos pemantauan protokol kesehatan yang tersebar di 7 provinsi, yaitu Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Pos pemantauan dengan total 26 titik di 7 provinsi merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas untuk menciptakan mudik aman dan sehat dari COVID-19.


Siapkan 7 Dermaga di Bakauheni

Mengarungi Mudik via Kapal Menuju Bakauheni
Perbesar
Penumpang berada di deck KMP Adinda Windu Karsa saat perjalanan mudik menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (30/4/2022). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, ada peningkatan jumlah kendaraan terjadi cukup signifikan pada arus balik mudik Lebaran 2022, yakni dari kurang lebih 8.000 unit kendaraan pada tanggal 3 Mei 2022 meningkat hingga 15.000 unit kendaraan pada tanggal 4 Mei 2022.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, Kapolda bersama jajarannya sudah menyiapkan berbagai langkah antisipasi. Salah satu langkah antisipasi utama adalah menyiapkan tempat pembelian tiket untuk naik kapal.

Berbagai tempat pembelian tiket tersebut dapat ditemukan di sejumlah rest area sepanjang Tol Trans Sumatera, tepatnya di rest area KM 20B, KM 49B, dan KM 87B.

Para petugas telah menyiapkan 7 dermaga di Pelabuhan Bakauheni untuk beroperasi, menyiapkan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), dan menyiapkan Pelabuhan Panjang untuk mengantisipasi lonjakan pemudik arus balik.

“Mudah-mudahan, nantinya dengan upaya-upaya ini, kemacetan bisa diminimalisir sehingga masyarakat yang akan balik dari Sumatera ke Jawa bisa merasakan aman, nyaman, dan sehat,” kata Gatot Eddy dalam keterangannya pada Kamis, 5 Mei 2022.


Istirahat di Rest Area Bakauheni

Mengarungi Mudik via Kapal Menuju Bakauheni
Perbesar
Penumpang berada di deck KMP Adinda Windu Karsa saat perjalanan mudik menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (30/4/2022). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kapolri Listyo Sigit Prabowo juga menekankan, pihaknya bersama stakeholder terkait telah menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022. Beberapa strategi yang digunakan sama dengan arus mudik, yakni mulai dari contraflow hingga one way.

"Sama seperti pada saat mudik kemarin maka rekayasa ataupun strategi mulai dari bagaimana mengatur confraflow, lalu bagaimana pengaturan one way," tutut Listyo dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Listyo, sejauh ini terpantau telah terjadi peningkatan volume kendaraan di beberapa ruas jalan, khususnya wilayah Jawa Barat yang mengarah ke Jakarta. Penerapan rekayasa lalu lintas itu sendiri akan tetap bersifat situasional, dengan memerhatikan dinamika yang berkembang di lapangan.

"Jadi memang kita memiliki indikator-indikator di mana pada saat di jalan tol sudah melebihi 5.000 per jam kita mulai dengan contraflow. Begitu lewat dari 6 ribu masuk ke 7.000 kendaraan, maka kita laksanakan one way. Sehingga secara periodik ini akan kita ikuti," jelasnya.

Selain rekayasa lalu lintas di jalan tol, lanjut Listyo, ada pula strategi pengaturan lalu lintas di wilayah Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Misal, dengan menambah kapal dan dermaga guna mengurai kemacetan.

"Kemudian rest area yang ada di sekitar Bakauheni juga tentunya sudah kita persiapkan. Sehingga masyarakat yang harus antre bisa istirahat di rest area sambil menunggu informasi dari petugas tentang kesiapan kapal dan dermaga yang kosong. Jadi, masyarakat dapat menunggu dengan nyaman," tandasnya.

Infografis 4 Ciri Kelelahan Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Ciri Kelelahan Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya