Kenang Mieke Wijaya, Anak: Mama Itu Ibu yang Luar Biasa dan Tidak Mau Menyusahkan

Oleh Benedikta Desideria pada 04 Mei 2022, 11:07 WIB
Diperbarui 04 Mei 2022, 11:07 WIB
Mieke Wijaya
Perbesar
Mieke Wijaya, aktris senior yang meninggal dunia pada 3 Mei 2022. Di mata anak-anak, Mieke sosok ibu yang baik hati dan tidak mau menyusahkan. 

Liputan6.com, Jakarta Di mata publik Mieke Wijaya dikenal sebagai aktris senior yang berdedikasi tinggi di dunia perfilman Indonesia. Sementara itu, di mata anak-anaknya Mieke Wijaya adalah sosok ibu yang luar biasa baik dan tidak menyusahkan keluarga.

Nia Zulkarnaen, salah satu anak Mieke Wijaya, mengungkapkan sebelum meninggal dunia sang mama masuk rumah sakit di awal bulan puasa tahun ini. Pada saat itu anak-anak Mieke baru mengetahui kalau sang mama mengidap kanker. 

"Mama itu awalnya dari diabetes. Ya, akhirnya (diketahui) ada kanker. Dan memang kita tidak tahu ya. Memang mama itu ibu yang tidak pernah marah jadi sakit itu diam saja jadi kita semua enggak tahu," cerita Nia didampingi sang suami Ari Sihasale.

Kembali menceritakan sang mama, Nia mengenang bahwa Mieke adalah sosok yang memiliki kemurahan hati luar biasa dan tidak mau menyusahkan anak-anak meski sakit.

"Ibu yang sangat luar biasa, sangat baik. Tidak mau menyusahkan," kenang Nia kepada wartawan pada Rabu (3/5/2022) malam.

Produser film ini juga menceritakan bahwa Mieke ingin ber-Lebaran di rumah. Maka dari itu pada Rabu pekan lalu sudah berada di rumah. Satu hari sebelum Lebaran, tepat di malam takbiran kondisi kesehatan pemain film Tiga Dara itu terus menurun.

Meski kondisi kesehatan menurun, pada hari Lebaran masih bisa berkumpul bersama keluarga. Nia dan anak-anak Mieke masih sempat mencium tangan sebelum aktris kawakan itu pergi untuk selama-lamanya.

"Ya alhamdulillah kami masih bisa cium tangan mama ber-Lebaran," kenang Nia.

Mieke Wijaya
Perbesar
Mieke Wijaya dan Nia Zulkarnaen

Sebelum Meninggal Tersenyum

Mieke Wijaya
Perbesar
Mieke Wijaya Meninggal Dunia  

Kepergian Mieke Wijaya untuk selama-lamannya begitu tenang. Nia menceritakan bahwa sesaat sebelum meninggal sempat tersenyum.

"Lepasnya bagus sekali, tidak susah. Tenang sekali dan tersenyum," ungkap Nia mengutip video di akun YouTube KH Entertainment.

Setelah disemayamkan di rumah duka yang terletak di Ampera Raya, Kemang, Jakarta Selatan, rencananya, jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu, 4 Mei 2022 siang.

"Rencana Pemakaman: Rabu, 4 Mei 2022, TPU Tanah Kusir ba'da Dzuhur," tulis Nia Zulkarnaen mengumumkan.

"Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekhilafan Almarhumah semasa hidupnya. Semoga Almarhumah Husnul Khatimah," lanjutnya menutup. (Baca: Jenazah Aktris Mieke Wijaya Rencananya Dimakamkan Rabu Siang di TPU Tanah Kusir)

 


Mieke Wijaya dalam Dunia Perfilman Indonesia

[Bintang] Mieke Wijaya
Perbesar
Mieke Wijaya dalam film Tiga Dara

Nia juga berharap meski sang mama sudah meninggal dunia tapi sosok dan karya-karya Mieke Wijaya tetap dikenang. 

"Mudah-mudahan karyanya dikenang selalu sebagai salah satu legendan perfilman," kata Nia.

"Jiwa dan hatinya memang untuk film Indonesia," tutur Nia.

Memang selama hidup, Mieke begitu aktif di dunia film. Di dunia hiburan, Mieke Wijaya sudah berakting sejak usianya masih 15. Diketahui, film pertama wanita yang lahir pada 17 Maret 1940 ini berjudul Gagal, yang rilis pada tahun 1955 silam.

Setelah itu, Mieke Wijaya seolah tak pernah absen berakting hingga enam dekade. Pada dekade 1960-an hingga 1980-an, ada saja belasan hingga puluhan film yang dimainkannya.

Nama Mieke melambung bersama Chitra Dewi dan Indriati Iskak. Mieke menjadi satu dari tiga tokoh utama di film Tiga Dara garapan sutradara Usmar Ismail pada 1956.

Wanita kelahiran Bandung ini seolah tak pernah absen berakting hingga enam dekade. Pada dekade 1960-an hingga 1980-an, ada saja belasan hingga puluhan film yang dimainkannya.

Mieke Wijaya juga terlibat dalam serial televisi Losmen yang mengudara di TVRI sejak tahun 1986 hingga 1989. Perannya kala itu sebagai tokoh utama bernama Bu Broto yang ikonis. Peran tersebut didaur ulang dalam film Losmen Bu Broto yang rilis pada 2021 lalu.

Mieke juga sempat beberapa kali aktif di dunia sinetron pada era 1990-an. 

Infografis Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia
Perbesar
Infografis Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya