Sukses

9 Cara Tidur Lebih Baik di Malam Lebaran dari Kepribadian Enneagram

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa hari terakhir ini, Anda mungkin lebih sering begadang untuk menyelesaikan banyak pekerjaan sebelum cuti Lebaran.

Nah, malam ini usahakan Anda tidur lebih cepat supaya esok pagi bangun lebih cepat untuk menunaikan salat Idul Fitri. Ada caranya agar tidur malam ini lebih baik berdasarkan tipe kepribadian Enneagram.

Enneagram merupakan sistem pemetaan kepribadian yang menggambarkan bagaimana orang menafsirkan dunia dan mengelola emosinya. Enneagram menggambarkan sembilan tipe kepribadian.

Steph Barron Hall, penulis The Enneagram in Love, menjelaskan bagaimana setiap jenis kepribadian dapat tidur dengan nyenyak dilansir Mind Body Green.

Tipe Satu: Singkirkan berita sebelum tidur

Menurut Hall, melihat peristiwa terkini yang menjengkelkan akan membuat orang tipe pertama ini ingin memperbaikinya atau melakukan sesuatu untuk itu. Dan jika orang dengan tipe ini tidak bisa melakukannya, mereka akan merasa frustrasi, yang dapat mencegah tidur yang nyenyak.

Seseorang sebaiknya membaca berita harian di siang hari dan, ketika tiba waktunya untuk tidur, pilihlah sesuatu yang sedikit lebih ringan atau bahkan lucu.

Tipe Dua: Berada dalam suasana hening

Hall bilang, tipe dua ini cenderung memikirkan kesejahteraan orang lain sebelum mereka sendiri. "Mungkin bagi orang dengan tipe dua ini tergoda untuk mengutamakan tidur orang lain. Tetapi alih-alih membuat orang lain nyaman, ada baiknya tipe dua ini dapat menggunakan waktu beberapa menit untuk diri mereka sendiri untuk agar merasa terpusat dan tenang.

Untuk ini, Hall merekomendasikan meditasi sebelum tidur. Tidak perlu panjang lebar, dan jika Anda baru dalam bermeditasi, ia menyarankan untuk mencoba beberapa meditasi terpandu atau berbasis aplikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Tidur Cepat Lainnya di Malam Lebaran

Tipe Tiga: Letakkan ponsel

Untuk tipe tiga, masalah terbesar mungkin adalah meletakkan telepon di penghujung malam.

"Orang tipe tiga ini selalu ingin ponsel mereka dalam jangkauan tangan," kata Hall.

Tetapi ini bukan orang yang memiliki pekerjaan di mana mereka benar-benar harus siap dihubungi, tentu Anda perlu dekat dengan ponsel.

"Jadi bagi mereka, memiliki jam alarm terpisah dan meninggalkan ponsel di luar kamar akan membantu mereka rileks lebih cepat," katanya.

Tipe Empat: Mengatur tone

Tipe empat ingin tenang dan nyaman. Tetapi orang tipe ini cenderung tidak menyukai rutinitas. Oleh sebab itu, Hall mengatakan tipe empat dapat mengatur lingkungan di sekitarnya sebelum menikmati tidur.

Baik melalui aroma yang menenangkan, pencahayaan, atau musik. Apa pun itu dengan menciptakan 'pengalaman sensorik yang mendalam' dapat membantu orang tipe empat tenang sangat.

 

3 dari 5 halaman

Tips Tidur Lainnya

Tipe Lima: Cobalah sesuatu yang berbasis bukti

Tipe lima memercayai bukti dan alat yang didukung sains --- baik itu suplemen tidur yang memiliki bahan-bahan dengan penelitian untuk mendukungnya, jendela makan yang dibatasi waktu, maupun kacamata yang memblokir cahaya biru.

Misalnya orang tipe lima ini merasa tidurnya lebih nyenyak jika tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

"Mereka perlu memperjelas pola tidur sehat mereka sendiri, mengenali apa yang paling berhasil bagi mereka di masa lalu, dan membuat strategi yang dapat mereka percayai dari sana," dia menjelaskan.

Tipe Enam: Buat struktur di malam hari dan sebelum tidur.

"Tipe enam bisa menjadi sangat cemas," kata Hall,

Dan, jika mereka membiarkan pikiran mereka mengembara di malam hari, (mereka bisa) terjebak pada apa yang bisa terjadi.

Untuk membantu mengatasi beberapa kegelisahan malam itu, orang tipe enam mengatakan rutinitas padat untuk membagi waktu kerja dan malam Anda, serta malam dan waktu tidur, akan membantu mengurangi kekhawatiran.

Jadi saat waktu tidur bergulir, pikiran Anda akan sudah mulai bersantai sejak hari itu.

 

4 dari 5 halaman

Beri Waktu Diri untuk Bersantai Sebelum Tidur

Tipe Tujuh: Beri diri Anda banyak waktu untuk bersantai

"Orang dengan tipe tujuh sering berpikir mereka dapat beralih dari hidup ke mati ke hidup lagi begitu saja. Tapi itu bukan yang paling mendukung untuk mendapatkan tidur yang nyenyak," Hall menjelaskan.

Jadi, dia menyarankan untuk memberikan waktu yang cukup untuk menenangkan diri dengan melakukan rutinitas yang disukainya, setidaknya satu jam sebelum tidur.

"Matikan lampu, baca buku, lakukan sesuatu yang menenangkan, agar pikiran mereka tahu bahwa kita sedang menuju tidur," katanya.

 

5 dari 5 halaman

Tipe yang Harus Olahraga Sebelum Tidur

Tipe Delapan: Membakar tenaga dengan olahraga

Untuk tipe delapan ini mirip tipe pertama. Hall merekomendasikan untuk menghindari menonton berita sebelum tidur tetapi untuk alasan yang berbeda.

"Setiap kali tipe delapan melihat ketidakadilan, mereka seperti menyalakan api di dalam dirinya. Mereka menjadi sangat bersemangat dan marah, yang merupakan hal yang luar biasa selama jam bangun. Tetapi kebanyakan dari kita tidak tidur nyenyak saat kita marah," katanya.

Dia merekomendasikan, berolahraga dapat mengeluarkan sebagian dari uap itu. Bahkan akan menjadi ide yang baik untuk tipe delapan agar berolahraga langsung setelah menonton berita di hari sebelumnya.

Tipe Sembilan: Kembali ke basic

Hall mencatat kebanyakan tipe sembilan cukup mudah tidur karena itu adalah keadaan ketika mereka merasa sedikit kewalahan.

"Tetapi mereka masih dapat mengalami malam yang gelisah seperti orang lain, jadi penting bagi mereka untuk memperhatikan kebutuhan mereka sendiri. Seperti tipe kedua," katanya.

Orang tipe sembilan ini bisa begitu fokus pada kebutuhan orang lain sehingga melupakan apa yang penting untuk kesejahteraan mereka sendiri.

Berfokus pada hal-hal penting seperti olahraga harian, atau bahkan latihan pernapasan sebelum tidur, akan membantu orang dengan tipe sembilan merasa lebih tenang dan memperhatikan apa yang mereka butuhkan sehingga mereka bisa tidur nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.