Sukses

Muhadjir Effendy: Kalau Mudik Sukses, Kita Percaya Diri Menuju Endemi

Harapan agar mudik Lebaran 2022 sukses demi menuju endemi COVID-19.

Liputan6.com, Depok Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengungkapkan, kesuksesan mudik Lebaran 2022 dapat menjadi kepercayaan diri Indonesia menuju endemi COVID-19. Saat ini, Indonesia pun tengah berupaya dalam fase transisi endemi.

“Kalau mudik ini nanti sukses. Dalam arti, perjalanannya tidak banyak kendala apalagi COVID-19 tidak meningkat, maka kita punya rasa kepercayaan diri untuk menuju endemi," ungkap Muhadjir saat melepas bus program Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2022 di Terminal Jatijajar Depok, Jawa Barat pada Kamis, 28 April 2022.

"Marilah, kita support (dukung) ramai-ramai mudik tahun ini sebagai momentum untuk Indonesia bangkit menuju masa endemi."

Pada kesempatan yang sama, Muhadjir mengapresiasi pogram mudik gratis oleh Kementerian Perhubungan. Mudik gratis Lebaran 2022 dapat dimanfaatkan sebagai momentum berharga setelah hampir dua tahun tidak ada kebijakan mudik.

“Terima kasih Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) yang sudah memberikan pelayanan luar biasa kepada warga. Saya selaku Pemerintah merasa bersyukur mendapatkan support untuk mengajak seluruh masyarakat menikmati Lebaran ini, dengan pelayanan dari Kemenhub dan lembaga terkait di Indonesia termasuk TNI Polri,” imbuhnya.

“Semoga nanti perjalanannya (mudik Lebaran) aman dan sehat. Aman sampai perjalanan dengan gembira. Sehat, artinya tidak membawa COVID-19 ke kampung halaman."

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik Gratis ke 22 Kota di Pulau Jawa

Guna menunjang program mudik gratis untuk masyarakat, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh kementerian/lembaga, baik badan yang ada di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan organisasi masyarakat (ormas) agar dapat memberikan tambahan fasilitas bus gratis.

“Kami mohon kepada kementerian/lembaga, kalau tidak bisa memberikan 10 bus, minimal 2 bus aja untuk menambah angkutan mudik gratis. Karena kementerian/lembaga itu ada hampir 100 lebih bus,” ujar Budi Karya melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Saat ini, daya beli masyarakat belum maksimal, sehingga ketersediaan bus gratis sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, pihaknya berencana akan mengirim surat bersama Polri untuk meminta bus tambahan kepada kementerian/lembaga.

“Saya berharap tambahan bus mudik ini bisa dilaksanakan. Karena permintaannya masih banyak, namun suplainya tidak ada. Bahkan tadinya diharapkan bus yang dari daerah bisa balik lagi ke Jakarta untuk mengambil penumpang,” jelas Budi Karya.

Untuk mudik gratis Lebaran 2022, sebanyak 686 bus angkutan Llebaran dan 64 truk yang mengangkut 2000 kendaraan bermotor telah diberangkatkan.

“Untuk tahun 2022, bus hanya diberangkatkan ke 22 kota yang tersebar di Jawa tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Karena terkendala anggaran 2022, jadi kami tidak menyelenggarakan mudik ke arah Sumatera,” tutup Menhub.

3 dari 4 halaman

Prasarana Mudik di Merak dan Tol Jakarta - Cikampek

Demi memastikan mudik Lebaran 2022 aman, Muhadjir Effendy meninjau persiapan mudik lebaran di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek pada Selasa, 26 April 2022.

Bersama dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Muhadjir meninjau berbagai kesiapan di beberapa titik arus mudik. Mulai dari moda transportasi di pelabuhan, serta berbagai posko dan fasilitas yang disediakan.

“Secara umum, saya lihat sudah sangat bagus persiapan di Merak dan rest area KM 57 Tol Jakarta - Cikampek ini dalam mengantisiapsi arus mudik dan arus balik. Saya sangat mengapresiasi kesiapan para petugas dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik libur Lebaran 2022,” terang Muhadjir.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengimbau masyarakat untuk mudik sebelum tanggal prediksi puncak arus mudik, yakni 28 April 2022 untuk menghindari kemacetan arus mudik.

“Sebagaimana arahan Presiden, pelaksanaan mudik diharapkan dapat dilaksanakan lebih cepat lebih baik. Agar di H-4 bisa kita antisipasi kemacetan yang tinggi,” ungkap Muhadjir.

4 dari 4 halaman

Rekayasa Kurangi Kemacetan Mudik

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jend. Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sebanyak empat proses rekayasa akan dilaksanakan untuk mengurangi kemacetan arus mudik.

Di antaranya ganjil genap, pengaturan contra flow dan one way, serta pengalihan jalur di H-4 Lebaran yang akan dilaksanakan mulai dari pukul 17.00 WIB hingga 00.00 WIB untuk arah menuju ke timur.

“Tentunya, akan disesuaikan dengan rekayasa yang bisa mendukung kegiatan tersebut. Ini diharapkan bisa membantu memepercepat proses agar arus mudik bisa berjalan dengan baik,” kata Listyo Sigit.

Kapolri juga mengimbau masyarakat untuk menghindari prediksi puncak mudik yang ada. Bagi masyarakat yang sudah libur diharapkan dapat mudik lebih cepat agar bisa menghindari puncak arus mudik.

“Kami sudah mempersiapkan rekayasa untuk mengantisipasi arus puncak mudik dan menyediakan posko-posko untuk masyarakat. Posko ini menyediakan berbagai macam fasilitas agar masyarakat bisa istirahat sebentar, hal ini juga untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.