Sukses

Hari Kartini, Ini 10 Kutipan RA Kartini yang Inspiratif dan Menggugah Hati

Hari Kartini jatuh setiap 21 April, hari ini diperingati untuk mengenang jasa pahlawan nasional perempuan Indonesia Raden Ajeng Kartini.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kartini jatuh setiap 21 April, hari ini diperingati untuk mengenang jasa pahlawan nasional perempuan Indonesia Raden Ajeng Kartini.

RA Kartini dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan hak-hak perempuan serta pelopor emansipasi wanita. Tokoh yang lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah, dibesarkan oleh keluarga bangsawan Jawa.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa ia mendapat gelar RA yang merupakan singkatan dari Raden Ajeng.

Gagasan dan pemikiran RA Kartini banyak mengubah pola pikir masyarakat Belanda terhadap wanita pribumi. Beliau juga mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaumnya dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu.

Bahkan, tulisan-tulisannya juga menjadi inspirasi tokoh-tokoh Indonesia seperti W.R Soepratman yang menciptakan lagu dengan judul “Ibu Kita Kartini.”

Berikut beberapa quotes atau kata-kata bijak RA Kartini yang dilansir dari berbagai sumber.

-“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.”

-“Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu.”

-“Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.”

-“Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang,” tulis Kartini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Quote Lainnya

Quote RA Kartini yang sangat populer adalah “Habis gelap terbitlah terang,” dan berikut qoute-quote lainnya:

-“Dengan menolong diri sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna.”

-“Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya.”

-“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.”

-“Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita, semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.”

-“Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.”

-“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

3 dari 4 halaman

Penetapan 21 April

Tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada 2 Mei 1964.

Ditetapkannya RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional mengingat jasa-jasanya dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Dia bertekad ingin memajukan pola pikir dan kesetaraan dalam hal mengenyam pendidikan bagi kaum wanita.

Kartini merupakan anak kelima dari 11 saudara. Dia lahir di Mayong, Jepara dan merupakan cucu Pangeran Ario Tjondronegoro, Bupati Demak. Ario adalah bupati yang mendidik anak-anaknya, baik laki-laki maupun perempuan dengan pelajaran Barat.

Beberapa tahun sebelum meninggal, Ario berpesan pada anak-anaknya, "Anak-anakku, jika tidak dapat mendapat pengajaran, engkau tiada akan mendapat kesenangan, keturunan kita akan mundur, ingatlah."

Dan anak-anak itu membenarkan apa yang diwasiatkan ayahandanya. Sifat ini juga dimiliki oleh Kartini serta seluruh saudaranya, mulai putra sulung hingga R.M. Sosroningkat, Pangeran A. Sosrobusono, yang menjadi Bupati di Ngawi. Hal ini dikutip dari buku Habis Gelap Terbitlah Terang karya Kartini, yang diterjemahkan oleh Armijn Pane.

4 dari 4 halaman

Link Twibbon dan Cara Menggunakannya

Jasa RA Kartini sudah sepatutnya dikenang oleh masyarakat. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah melanjutkan perjuangan mempermudah akses pendidikan bagi perempuan, memenuhi hak-hak perempuan, berjuang menggapai cita-cita, rajin belajar dan terus mengharumkan nama Indonesia.

Selain cara-cara tersebut, untuk memperingati Hari Kartini tahun ini, masyarakat juga bisa menyematkan foto masing-masing di twibbon yang beragam, Twibbon kemudian dapat diunggah di status Whatsapp, Instagram, Twitter atau sosial media lainnya.

Berikut 15 link twibbon yang dapat digunakan sesuai selera dan cara menggunakannya:

https://www.twibbonize.com/selamatharikartini21april

https://www.twibbonize.com/kartini2022

https://www.twibbonize.com/kartinitahun2022

https://www.twibbonize.com/ibukitakartini2022

https://www.twibbonize.com/kartini2022desain1

https://www.twibbonize.com/selamatharikartini21042022

https://www.twibbonize.com/selamatharikartinitahun2022

https://www.twibbonize.com/kartinihari2022

https://www.twibbonize.com/kartiniday2022

https://www.twibbonize.com/harikartinihmd

https://www.twibbonize.com/kartini2022hari

https://www.twibbonize.com/kartinisday4

https://www.twibbonize.com/kartini21april

https://www.twibbonize.com/harikartini2021platae

https://www.twibbonize.com/harikartinihmd

Cara menggunakannya yakni:

1. Pilih salah satu link dari Twibbon yang diinginkan dengan mengklik link yang tersedia

2. Pilih potret favorit  yang ingin dibingkai dengan twibbon, foto bisa dipilih dari galeri ponsel atau bisa juga mengambil foto secara mendadak

3. Klik Unduh dan twibbon Hari Kartini akan tersimpan di ponsel Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.